Kesehatan Wanita

Tak Selalu Kanker, Ini 7 Penyebab Puting Payudara Sakit saat Disentuh

January 19, 2021 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Mungkin kamu pernah membaca kalau puting payudara yang terasa sakit saat disentuh adalah gejala kanker. Tetapi sebenarnya ada banyak lho penyebab timbul rasa sakit di puting payudara. 

Bila kamu saat ini sedang merasakan nyeri di puting payudara, jangan panik, di bawah ini ada ulasan beberapa penyebab puting terasa sakit.

Baca Juga: Moms, Begini Cara Membersihkan Puting Payudara secara Tepat

Penyebab puting sakit

1. Gesekan dengan pakaian

Sebagian baju atau bra dapat menggesek puting dan mengiritasi kulit di area tersebut. Terutama bila digunakan pada kegiatan lari jarak jauh, bra yang longgar akan mengiritasi puting. Bahkan bila gesekan terjadi terlalu banyak, puting berisiko mengalami luka atau perdarahan. 

2. Infeksi

Kalau kamu merasa sakit yang luar biasa di area puting, bisa jadi kamu sedang mengalami infeksi. Infeksi ini menyerang saluran susu dan umum terjadi pada ibu menyusui. Infeksi puting biasa disebut mastitis, dan bisa disertai gejala lain, seperti:

  • Demam
  • Kemerahan pada payudara
  • Rasa terbakar di payudara 
  • Payudara membengkak.

3. Alergi pada kulit

Puting payudara yang sakit juga bisa disebabkan oleh kondisi kulit tertentu seperti alergi atau dermatitis atopik. Terutama bila nyeri yang kamu rasakan disertai iritasi, kulit bersisik, berkerak, atau melepuh.

Kondisi alergi ini bisa dipicu oleh beberapa hal yang meliputi: 

  • Lotion 
  • Deterjen
  • Sabun mandi
  • Krim cukur
  • Pelembut kain
  • Parfum
  • Kain.

Sebagian kasus alergi juga ditandai dengan kulit merah atau pecah-pecah di sekitar puting dan areola, serta rasa gatal yang terus-menerus.

4. Kontak seksual

Aktivitas seksual yang kamu lakukan juga bisa menjadi penyebab puting payudara terasa sakit. Gesekan tubuh atau aktivitas seksual yang melibatkan puting dapat menyebabkan nyeri.

Nyeri ini biasanya bersifat sementara. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan pelindung puting atau pelembap. Dengan begitu, saat puting tergesek pakaian kamu tidak akan kesakitan.

5. Perubahan hormonal

Perubahan hormon dalam siklus menstruasi wanita juga dapat memicu nyeri pada puting maupun payudara. Gejala nyeri puting atau payudara ini bisa muncul beberapa hari sebelum menstruasi. 

Penyebabnya adalah tubuh sedang mengalami peningkatan kadar estrogen dan progesteron. Ketika hormon tersebut melonjak, jaringan payudara akan terasa membengkak menyebabkan.

Namun jangan terlalu khawatir, nyeri yang diakibatkan perubahan hormon ini akan berhenti setelah menstruasi dimulai. 

6. Kehamilan

Penyebab lain dari nyeri puting payudara adalah hamil. Di masa kehamilan payudara bisa menjadi lebih besar dan terasa sakit. Bagian puting dan areola juga biasanya akan menggelap, terasa sakit, dan muncul benjolan kecil di sekitarnya. 

7. Menyusui

Menyusui adalah penyebab paling umum dari sakit puting payudara. Nyeri puting saat menyusui bisa timbul akibat gesekan dengan mulut bayi. Terlebih bila bayi sudah mengalami pertumbuhan gigi. Puting cenderung lebih mudah luka. 

Di samping itu, alat pompa air susu juga bisa membuat puting terasa sakit. Penggunaan pompa ASI yang tidak tepat dapat melukai puting hingga terasa sakit. 

Baca juga: Bra Kawat vs Bra Biasa, Mana Sih yang Paling Sehat untuk Payudara? 

Cara mengatasi rasa sakit di puting payudara

Berikut adalah cara mengatasi sakit puting payudara sesuai dengan penyebabnya masing-masing: 

Sakit puting payudara akibat iritasi

Bila kamu mengalami iritasi, atasi dengan krim atau salep pelembap. Kamu juga bisa mencegah iritasi puting dengan mengenakan sport bra ketika berolahraga. Pilihlah bahan bra yang halus dan pas saat digunakan. Bila perlu, gunakan juga pelindung puting (nipple pad).

Sakit puting payudara akibat infeksi

Pada kasus puting yang nyeri akibat infeksi, biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik. Obat ini harus diminum dengan dosis yang sesuai anjuran dokter. 

Sakit puting payudara akibat perubahan hormon

Nyeri yang disebabkan oleh pengaruh hormon saat menstruasi atau kehamilan dapat diatasi dengan pereda nyeri. Misalnya obat ibuprofen (Advil) atau acetaminophen (Tylenol).

Sakit puting payudara akibat menyusui

Proses menyusui kadang bisa melukai puting. Atasi dengan mengoleskan beberapa tetes ASI sebelum menyusui atau pelembap. Pilih juga bra berbahan katun yang nyaman. Kamu juga perlu membiarkan puting mengering dengan sendirinya setelah selesai menyusui. 

Baca juga: Deteksi Dini Kanker Serviks: Prosedur Pap Smear yang Perlu Kamu Tahu 

Rasa sakit atau nyeri yang timbul di area puting payudara, biasanya adalah hal yang normal. Nyeri juga umumnya segera hilang setelah diobati. Namun bila kamu mengalami sakit puting payudara secara terus-menerus segeralah untuk memeriksakannya ke dokter. 

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr