Kesehatan Wanita

Bra Kawat vs Bra Biasa, Mana Sih yang Paling Sehat untuk Payudara?

November 4, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Beberapa wanita mungkin memilih menggunakan bra kawat karena kemampuannya menyangga payudara dan memberikan tampilan lebih indah. Namun tak sedikit pula yang lebih suka memakai bra biasa tanpa kawat karena alasan kenyamanan dan lebih enak saat dipakai.

Tapi sebenarnya antara bra kawat dan bra biasa tanpa kawat, jenis mana sih yang paling aman dan baik untuk kesehatan payudara? Berikut ulasannya!

Kelebihan dan kekurangan bra kawat

Underwire bra atau bra kawat dilengkapi dengan besi elastis yang terpasang melengkung di bagian bawah bra.

Kawat ini berperan untuk membentuk jaringan payudara sehingga terlihat membulat dan memisahkan payudara yang umumnya dianggap sebagai bentuk “ideal” dalam masyarakat saat ini.

Kelebihan bra kawat:

  • Salah satu manfaat utama underwire bra adalah penyangga, terutama jika kamu punya ukuran payudara yang lebih besar.
  • Dengan dukungan kawat, kamu dapat mengurangi rasa sakit atau ketegangan pada punggung yang biasanya dirasakan sepanjang hari.
  • Underwire bra memberikan pengangkatan, pemisahan, dan bentuk payudara yang lebih baik.
  • Cocok untuk pemilik ukuran payudara yang lebih besar.

Kekurangan bra kawat:

  • Terkadang kawat bisa keluar dan mengiritasi kulit
  • Seiring waktu, kawat bisa menjadi bengkok dan bergelombang. Saat hal tersebut terjadi, saatnya mengganti bra kamu
  • Terasa kurang nyaman dipakai seharian.

Baca Juga : Ladies! Ini 5 Kesalahan Memakai Bra yang Perlu Kamu Tahu

Kelebihan dan kekurangan bra biasa

Bra biasa atau juga sering disebut bra soft cup karena tidak mengandung bahan yang kaku atau keras. Melainkan terbuat dari kain, yang menurut sebagian besar wanita sangat nyaman. 

Jenis bra tanpa kawat biasanya lebih cocok untuk wanita dengan ukuran dada lebih kecil, karena tidak membutuhkan banyak penyangga. Namun, bukan berarti seseorang dengan dada besar tidak bisa memakai bra biasa. 

Bra busa tanpa kawat diklaim punya lebih banyak manfaat bagi payudara. Namun kembali lagi, setiap jenis bra pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan bra biasa:

  • Lebih nyaman dipakai sehari-hari
  • Cenderung tahan lebih lama daripada bra berkawat karena tidak ada besi yang bisa menembus kain atau menjadi bengkok.

Kekurangan bra biasa:

  • Efek yang ditimbulkan pada tampilan payudara tak sebaik saat menggunakan bra kawat.

Baca Juga : Benarkah Tidur Tanpa Bra Lebih Sehat? Yuk, Cek Fakta Lengkapnya!

Bra kawat vs bra biasa, mana yang terbaik?

Ternyata memakai bra tanpa kawat punya dampak lebih baik untuk kesehatan payudara. Jaringan payudara mengandung banyak jaringan limfatik, dan sistem getah bening yakni bagian dari tubuh kita yang bertanggung jawab untuk membuang racun. 

Saat jaringan tersebut bergerak, aktivitas ini membantu sistem getah bening bekerja mengeluarkan racun. Itulah sebabnya melompat di atas trampolin dapat membantu kelenjar getah bening memindahkan racun ke seluruh tubuh.

Jika kamu menggunakan bra kawat, gerakan ini akan terhenti. Artinya wanita berisiko menahan racun di tubuhnya. Namun sampai saat ini belum ada kaitan antara risiko kanker payudara dengan penggunaan bra kawat.

Baca Juga : Mengenal Seluk Beluk Implan Payudara, Apakah Aman?

Tips memilih bra yang tepat

Dalam memilih bra, kamu bukan hanya perlu mempertimbangkan soal kawat atau tanpa kawat. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan, di antaranya:

1. Pemilihan bahan bra

Pilihlah bahan bra yang nyaman di kulit, apalagi kalau kamu punya kulit yang sensitif. Coba cari bra dengan bahan seperti katun yang memungkinkan udara bersirkulasi dengan baik.

2. Jangan salah pilih ukuran

Saat akan membeli bra baru, jangan beli dengan ukuran yang sama seperti saat kamu berbelanja bra pada beberapa bulan ke belakang.

Sebab payudara kamu pasti sudah mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Kamu bisa memilih toko bra yang memiliki staf terlatih agar bisa membantu kamu menemukan bra dengan ukuran yang tepat.

Pastikan bra memiliki ukuran yang pas dengan tali yang tidak terlalu ketat atau longgar. Payudara tidak boleh menonjol dari atas atau samping dan bra juga tidak boleh terlihat berkerut.

3. Pilih bra sesuai jenis aktivitas

Bra untuk ke pesta tidak bisa dipakai untuk pergi ke gym, begitupun sebaliknya. Ada baiknya kamu memiliki beberapa jenis bra untuk tujuan aktivitas tertentu.

Mulai dari bra untuk sehari-hari, bra untuk olahraga, bra untuk pergi ke pesta, atau bahkan bra untuk pergi tidur sekalipun. Tak ada salahnya juga kamu beli bra berkawat untuk dipakai di acara spesial yang mengharuskan kamu tampil menawan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Clovia. Diakses pada 3 Oktober 2020. Non-Wired Vs Underwired Bra: Which is Better for You?

Vix. Diakses pada 3 Oktober 2020. Wireless Vs. Underwire: Which Bra Is Better For Your Health?

Leading Lady. Diakses pada 3 Oktober 2020. What You Should Know about Underwire Bras vs. Wireless Bras

    register-docotr