Kesehatan Seksual

Mengenal Crystal X, ‘Tongkat Ajaib’ yang Konon Bisa Kencangkan Vagina

May 26, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Berbicara tentang vagina, ada begitu banyak mitos yang beredar di masyarakat. Beberapa orang misalnya, percaya bahwa vagina bisa kehilangan elastisitasnya dan longgar selamanya.

Hal ini mendorong mereka untuk melakukan perawatan khusus untuk mengencangkannya kembali. Salah satu yang sedang tren adalah menggunakan tongkat ajaib Crystal X.

Padahal secara alami, vagina tidak perlu waktu lama untuk mengembalikan kekecangannya ke bentuk semula. Jadi apa kamu benar-benar memerlukan alat semacam Crystal X ini?

Baca juga: Ladies, Ini 7 Cara Alami Merapatkan Vagina agar Hubungan Seksual Memuaskan

Beberapa hal yang membuat vagina ‘kendor’

Dilansir dari Healthline, ada dua hal yang dapat memengaruhi elastisitas vagina, yakni usia dan persalinan, sementara sering berhubungan seks, atau jarang melakukannya tidak berpengaruh pada elastisitas vagina.

1. Usia

Kadar estrogen akan mulai turun pada usia 40-an, atau tepatnya saat kamu memasuki tahap perimenopause. Hilangnya estrogen berarti jaringan vagina akan menjadi:

  • Lebih tipis
  • Kering
  • Kurang asam
  • Kurang fleksibel

Perubahan ini mungkin menjadi lebih terlihat setelah kamu mencapai menopause penuh.

2. Persalinan

Saat melahirkan melalui vagina, otot-ototnya telah meregang agar bayi dapat melewati jalan lahir dan keluar dengan selamat. Setelahnya, kamu mungkin akan menyadari bahwa vagina terasa sedikit lebih longgar dari biasanya.

Itu sangat normal. Vagina akan mulai pulih kembali beberapa hari setelah melahirkan, meskipun mungkin tidak kembali ke bentuk aslinya sepenuhnya.

Apa itu Crystal X?

Crystal X adalah semacam tongkat yang diklaim bisa mengembalikan kekecangan vagina. Dilansir dari Refinery, tongkat semacam itu sebenarnya sudah banyak diperjualbelikan di pasaran.

Umumnya ini berbentuk menyerupai tongkat dengan panjang sekitar 12 cm dan lebar 2,5 cm. Dilansir dari salah satu situs pembuat tongkat sejenis, ini dibuat 100 persen dari bahan-bahan alami yang baik untuk kesehatan vagina.

Sehingga pemakaian tongkat ini diklaim bisa membantu mengatasi keputihan, bau tidak sedap yang disebabkan infeksi, dan melonggarnya otot-otot vagina akibat pertambahan usia maupun proses persalinan.

Dari situs yang sama, cara pakai tongkat ini adalah dengan memasukannya ke dalam vagina dan didiamkan selama sekitar 30 detik. Waktu tersebut diklaim cukup untuk membuat bahan-bahan alami di dalamnya menstimulasi keseimbangan hormon dan menguatkan otot-otot vagina.

Baca juga: Ladies, Ini Trik Menjaga Kesehatan Vagina agar Makin Percaya Diri

Apakah menggunakan tongkat semacam Crystal X aman?

Meski tongkat ini diklaim ampuh dan telah digunakan secara turun temurun, namun ada baiknya kamu tidak serta merta menggunakannya sebelum mencari tahu informasi lebih dalam mengenai Crystal X dan tongkat sejenisnya.

Dilansir dari Refinery, Dr Jen Gunter, dokter spesialis kandungan, dan ahli kesehatan vagina, menyatakan bahwa wanita tidak boleh memasukkan benda-benda abrasif ke dalam vagina mereka dalam keadaan apa pun. Ini termasuk Crystal X, The Jamu Stick, dan sejenisnya.

Semua klaim mengenai kegunaan tongkat tersebut untuk ‘mencuci’ vagina adalah hal yang tidak tepat, karena vagina memiliki prosedur alami untuk membersihkan dirinya sendiri, di mana kulit di dalam vagina akan terlepas dengan sendirinya setiap 96 jam.

Lalu apakah tongkat semacam itu bisa mengencangkan otot vagina? Jawabannya adalah tidak. Jika kamu ingin mengencangkan vagina, diet sehat, olahraga, dan mungkin beberapa latihan dasar panggul sudah cukup untuk membuat itu terjadi.

Efek samping yang mungkin muncul

Sejauh ini produk-produk semacam itu tidak memiliki dasar penelitian ilmiah yang cukup. Jadi sebagaimana ditulis dalam NHS, apa yang diperlukan untuk menjaga kesehatan vagina, salah satunya adalah dengan tidak memasukkan benda keras ke dalamnya.

Jika dilakukan, benda asing semacam itu dapat menyebabkan infeksi vagina. Gejala paling umum dari infeksi vagina yang disebabkan oleh benda asing termasuk perubahan keputihan dan bau tak sedap.

Itulah beberapa informasi mengenai penggunaan Crystal X dan tongkat sejenisnya bagi vagina. Pastikan untuk selalu berkonsultasi kepada dokter sebelum memakai benda-benda seperti itu, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline diakses pada 25 Mei 2021

NHS diakses pada 25 Mei 2021

UOFM Health diakses pada 25 Mei 2021

Refinery diakses pada 25 Mei 2021

Jamu Stick diakses pada 25 Mei 2021

 

    register-docotr