Puasa

Kreasi Menu Sahur dan Buka Puasa Kaya Gizi untuk Anak

April 22, 2020 | Dani Kosasih
no-image

Menu sahur dan buka puasa yang kaya akan gizi tentu menjadi tantangan bagi para Moms. Terlebih jika anak-anak sudah mulai belajar puasa.

Kecemasan akan tidak terpenuhinya kebutuhan nutrisi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan membuat banyak Moms memutar otak dalam menyiapkan menu sahur dan buka puasa.

Memilih menu sahur dan buka berdasarkan Indeks Glikemik

Mengutip dari kompas.com, dokter spesialis anak dari Rumah Sakit MRCCC dr. Dina Garniasih Sp.A(K) Onk, mengatakan bahwa kunci dalam mengatur keseimbangan nutrisi anak saat puasa terletak pada pemilihan menu yang kaya gizi saat sahur dan buka puasa.

Dina mengatakan, untuk menu sahur, anak disarankan mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah. Sedangkan untuk buka puasa, anak disarankan mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi.

Indeks Glikemik sendiri adalah indikator untuk menggambarkan seberapa cepat atau lambatnya makanan dalam meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Beberapa contohnya seperti, nasi merah, anggur, pisang, jeruk, ubi jalar, kacang hijau, apel, roti, donat, sereal, wafel, dan kentang.

Kreasi menu sahur dan buka puasa nan bergizi

Kini Moms tidak perlu memutar otak terlalu keras karena jika merujuk pada Indeks Glikemik, ada beberapa kreasi menu sahur dan buka puasa yang kaya akan gizi yang bisa Moms sajikan untuk buah hati.

Menu sahur

  • Nasi goreng merah

Nasi goreng merah, warnanya yang mencolok akan membantu meningkatkan selera makan pada anak. Terlebih jika Moms menambahkan beberapa toping seperti telur mata sapi, daging kornet atau chicken nugget dengan bentuk yang menarik.

Tapi ingat, jangan sajikan makanan yang pedas untuk anak ya!

  • Sushi nasi merah

Anak Moms suka sushi? Jika iya, Moms bisa mengganti isi di dalam sushi menjadi nasi merah dan menambahkan beberapa isian yang anak Moms suka. Seperti timun, alpukat, ayam, atau mungkin ikan.

Selain kaya akan gizi, menu sahur ini juga akan membuat anak-anak lebih bersemangat karena tidak bosan dengan variasi menu sahur yang Moms sajikan.

Moms tentu mengetahui kalau kandungan nasi merah jauh lebih baik dibandingkan nasi putih. Pada 100 gram beras merah terdapat 7.5 gr protein, 0.9 gr lemak, 77.6 gr karbohidrat, 0.3 gr zat besi, dan 0.21 gr vitamin B1.

Salah satu keunggulan paling menonjol terletak pada kandungan serat yang lebih tinggi. Sehingga nasi merah dianggap lebih efektif dalam menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

Dengan semua kelebihannya, nasi merah bisa menjadi pilihan bahan dasar untuk Moms membuat kreasi olahan yang lezat sebagai hidangan sahur untuk anak.

Menu buka puasa

  • Kentang panggang

Setelah menjalankan puasa satu hari lamanya, kini saatnya Moms menyajikan menu buka puasa yang sehat dan kaya akan gizi untuk buah hati. Kentang panggang bisa menjadi pilihan menu yang Moms pertimbangkan.

Kentang adalah sumber vitamin C, vitamin B-6 dan potasium yang baik. Dibandingkan dengan menyajikan makanan yang digoreng, Moms bisa mulai melakukan kreasi dengan olahan kentang yang dipanggang.

Seperti, kentang panggang udang, kentang panggang dengan taburan seledri atau apapun yang bisa Moms kreasikan.

  • Donat

Dibanding menyajikan camilan yang digoreng, Moms bisa menggantinya dengan olahan donat panggang. Olahan donat yang dipanggang akan mengurangi penggunaan dan penyerapan minyak pada donat.

Selain itu, donat juga salah satu jenis camilan yang masuk dalam indeks glikemik tinggi, yaitu jenis makanan yang bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh secara cepat.

Agar buah hati berselera, Moms bisa mengkreasikan donat dengan beberapa toping pilihan seperti kacang, buah atau bubuk kayu manis.

Hindari memilih toping yang terbuat dari gula atau cokelat manis ya Moms, agar gizi pada donat tetap terjaga.

Selain asupan makanan, menu sahur dan buka puasa yang juga penting adalah asupan cairan dalam tubuh. Dibanding orang dewasa, anak-anak memiliki risiko dehidrasi yang cukup tinggi saat puasa.

Moms juga harus memperhatikan kecukupan cadangan cairan tubuh anak pada waktu antara sahur hingga buka puasa yang bisa diperoleh dari air putih, susu, sup, buah, atau jus buah dan sayur

Itulah beberapa pilihan kreasi menu sahur dan buka puasa kaya gizi untuk anak yang bisa Moms sajikan.  Selamat berkreasi!

Jika kamu memiliki pertanyaan terkait gizi untuk anak, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kami. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

1. Kompas (2013) diakses 21 April 2020. “Agar Gizi Anak Tercukupi Selama Puasa”, https://lifestyle.kompas.com/read/2013/07/11/1148006/Agar.Gizi.Anak.Tercukupi.Selama.Puasa.

2. Jurnal Pangan dan Gizi (2013) diakses 21 April 2020. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPDG/article/view/1165/1219

    Berita Terkait
    register-docotr