Puasa

Panduan Menu Buka Puasa Sehat, Ini Makanan yang Boleh dan Perlu Dihindari

April 16, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Menu buka puasa sehat harus dipilih dengan tepat karena tubuh membutuhkan asupan yang untuk mengembalikan energi. Ketika salah memilih makanan untuk berbuka puasa, bisa saja menyebabkan sakit perut, tidak nyaman, bahkan lesu.

Tak hanya itu, mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh saat berbuka puasa juga diperlukan. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai menu buka puasa sehat yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: Puasa Ramadan: Amankah jika Penderita Diabetes Mengonsumsi Kurma?

Apa saja menu buka puasa sehat yang bisa diikuti?

Ketika berpuasa, dehidrasi dan lapar akan terjadi karena tubuh memperlambat metabolismenya sehingga kamu perlu menggunakan energi seefisien mungkin. Untuk mengisi energi kembali setelah seharian berpuasa, menu buka puasa sehat harus dipilih dengan tepat.

Pola makan selama bulan puasa juga perlu diatur agar tidak salah dalam mengonsumsi makanan yang justru dapat mengakibatkan penambahan berat badan. Beberapa menu buka puasa sehat yang bisa diikuti, antara lain sebagai berikut:

Minuman dengan gula alami

Dilansir dari Livestrong.com ketika pertama kali berbuka puasa, disarankan untuk mengonsumsi banyak cairan. Cairan atau air putih dapat memberikan hidrasi tanpa kalori atau gula tambahan.

Minuman berbahan dasar susu dan buah-buahan juga memberikan nutrisi alami sehingga baik untuk berbuka puasa.

Perlu diketahui, jus buah atau minuman campuran, seperti smoothie dapat memberi tubuh nutrisi karena mengandung tembaga, mangan, kalium, dan serat tanpa membebani proses pencernaan secara berlebihan.

Buah-buahan kering

Menu buka puasa yang sudah dianjurkan sejak dahulu adalah buah kering, seperti kurma. Hal ini dikarenakan buah kurma menyediakan gula alami untuk energi, memberikan mineral seperti kalium, tembaga dan mangan, serta merupakan sumber serat. 

Selain kurma, kamu juga bisa mencoba buah-buahan kering lainnya seperti aprikot, buah ara, kismis atau plum karena menyediakan serat dan nutrisi yang bagus untuk tubuh. Beberapa buah-buahan ini dapat membantu kamu merasa kenyang selama berjam-jam sepanjang hari.

Menu buka puasa sehat, salah satunya sup

Selain buah kering, menu buka puasa lainnya yang cukup ringan dan mudah adalah sup tradisional. Sup ini biasanya terbuat dari kaldu daging dan seringkali mengandung kacang-kacangan atau lentil.

Mengonsumsi sup untuk berbuka puasa setelah seharian menahan lapar bisa membantu menggantikan cairan dan mengembalikan energi dalam tubuh. Karena itu, pastikan memasukkan sup ke dalam menu buka puasa sehat harian kamu, ya!

Adakah menu buka puasa yang harus dihindari?

Setelah berbuka puasa, penting untuk memastikan makanan yang dikonsumsi memberikan keseimbangan. Karena itu, terdapat beberapa makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa yakni berupa:

Minuman bersoda

Banyak jenis gula, termasuk fruktosa yang digunakan sebagai pemanis dalam jus atau minuman bersoda. Hal ini dikarenakan minuman bersoda dapat menyebabkan gas sehingga memicu munculnya rasa tidak nyaman terutama seusai berbuka puasa.

Makanan berlemak

Menu buka puasa yang harus dihindari adalah makanan berlemak, seperti gorengan. Mengonsumsi makanan berlemak untuk buka puasa secara berlebihan dapat mempersulit tubuh untuk mencerna sehingga bisa menyebabkan masalah kesehatan lain.

Tips yang perlu dilakukan ketika berbuka puasa

Ketika mengonsumsi menu buka puasa sehat, kamu juga perlu mengetahui tips yang tepat agar perut tetap terasa nyaman. Beberapa tips berbuka puasa yang bisa kamu terapkan, seperti berikut ini:

Makan secara perlahan

Untuk berbuka puasa, mulailah dengan mengonsumsi makanan yang lembut dan dilakukan secara perlahan. Konsumsi juga makanan dalam porsi kecil agar mudah dicerna dan tidak membebani pencernaan.

Tidak makan berlebihan

Makan berlebihan di antara periode puasa sangat mudah dilakukan. Puasa tidak dirancang untuk menjadi alasan mengonsumsi makanan tidak sehat. Untuk itu, pastikan untuk tidak makan secara berlebihan karena bisa menghilangkan manfaat puasa yang sebenarnya.

Baca juga: Mau Buka Puasa Bersama? Ini Protokol Kesehatan yang Wajib Kamu Lakukan!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline (2019), diakses 15 April 2021. What Breaks a Fast? Foods, Drinks, and Supplements
  2. Herbalife Nutrition, diakses 15 April 2021. What to Eat and What to Avoid During Ramadan
  3. Livestrong.com (2020), diakses 15 April 2021. What Are the Best Foods to Eat After Breaking a Fast?
  4. British Nutrition Foundation, diakses 15 April 2021. A healthy Ramadan
    register-docotr