Kamus Penyakit

3 Tanaman Herbal untuk Wasir, Apakah Efektif?

April 16, 2020 | Santi Andriani | dr. Dwi Widyani Rosnia S
feature image

Ditulis oleh: dr. Dwi Widyani Rosnia S.

Kamu tahu tidak, beberapa tanaman yang umum kamu  jumpai di pekarangan rumah ternyata memiliki kegunaan untuk mengatasi penyakit tertentu. Salah satunya bisa jadi tanaman herbal untuk wasir.

Wasir atau hemoroid, suatu kondisi di mana terdapat benjolan yang muncul dari dalam lubang anus karena proses pelebaran pembuluh darah. Wasir adalah salah satu penyakit yang telah diteliti bisa diatasi atau dikurangi gejalanya dengan pemanfaatan beberapa tanaman.

Wasir masih dianggap sebagai penyakit yang memalukan oleh penderita dan banyak yang takut harus melalui proses pembedahan sehingga penderita telat mencari bantuan. Kabar baiknya ada sejumlah herbal untuk wasir.

Baca Juga: Saat Asma Menyerang, Gunakan Obat Asma Alami yang Mudah Ditemukan di Rumah

Apa saja herbal untuk wasir?

Berikut tanaman-tanaman tersebut yang telah diteliti oleh International journal of Advanced Biological and Biomedical Research dan The U.S. Department of Agriculture.

1. Fenugreek 

Fenugreek untuk mengatasi wasir. Sumber foto:https://www.thailandmedical.news/

Atau dikenal dengan nama latinnya Trigonela Foenum Graceum atau dimasyarakat dikenal dengan nama Klabet.  

Cara menanam fenugreek sangat mudah dan merawatnya pun tidak sulit. Cara pemakaian untuk wasir adalah dengan mengkompres daun Klabet pada benjolan wasir untuk mengurangi nyeri.  

2. Alfafa (medicago sativa) 

Tanaman alfafa mengandung vitamin K untuk mengobati wasir. Sumber Foto: https://chambua.co.ke/

Mengandung vitamin K yang dapat membantu menghentikan perdarahan pada wasir. Blender daunnya sebanyak 50g per hari dan minum 2 kali sehari sebagai jus yang segar.

3. Plantain (plantago major) 

Tanaman plantago major, herbal untuk wasir. Sumber Foto:https://medium.com/

Merupakan salah satu tanaman terbaik yang membantu perbaikan luka sekitar anus karena mengandung Tannin atau Allantolin.

Tannin berfungsi sebagai hemostatik (menghentikan perdarahan) yang disebabkan oleh   ruptur atau robeknya pembuluh darah wasir. Selain itu, ia dapat mengurangi iritasi daerah sekitar anus dengan efek anti inflamasinya.  Rebus dan keringkan air rebusannya, minum 1 cangkir ukuran sedang tiga kali sehari. 

Mencegah wasir

Sementara untuk mencegah wasir, hindari duduk terlalu lama, perbanyak makan-makanan berserat misal sayur-sayuran hijau  dan tidak menahan rasa buang air besar. Jika kamu menjumpai adanya wasir, maka pastikan ukurannya dan apakah ia menimbulkan banyak perdarahan.

Benjolan wasir berukuran kecil, tidak berdarah atau hanya sedikit berdarah, dan masih dapat dimasukkan kembali ke dalam lubang anus dapat diatasi dengan berendam dalam air hangat,  penggunaan tanaman herbal di atas.

Baca Juga: Yuk Mulai Terapkan Pola Makan untuk Mencegah Batu Empedu

Penyembuhan dengan obat kimia

Selain herbal untuk wasir, ada sejumlah obat-obatan yang bisa dikonsumsi mereka yang menderita wasir. Misalnya dengan mengonsumsi obat yang mengandung Ardium , Borraginol, Lignocaine dan Zinc. 

Analgetik atau antinyeri dapat diberikan bila terasa sangat nyeri contohnya Ibuprofen, Asam mefenamat , dan Parasetamol. Namun pemberian obat-obatan di atas sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. 

Nah, terapi di atas dapat dicoba di rumah namun tidak perlu malu  jika membutuhkan konsultasi atau terapi lanjut dari dokter, segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat ya! 

Konsultasikan kondisi kesehatan Anda di Good Doctor. Yuk, lakukan konsultasi online dengan dokter terpercaya!

Reference

Mohammad Mehdizadeh; Zoleikha Mehdizadeh; Zahra Baghaeifar. “Efficacy of Herbal Plants for Hemorrhoid”. International Journal of Advanced Biological and Biomedical Research, 8, Issue 1, pp. 1-90., 2020, 1-8. doi: 10.33945/SAMI/IJABBR.2020.1.1. 2018

    register-docotr