Kamus Obat

Wajib Tahu! Ini Sederet Obat yang Ampuh untuk Mengatasi Ambeien

November 21, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Wasir atau ambeien bikin gak nyaman? Kamu bisa simak rekomendasi obat wasir dan ambeien dari yang herbal sampai medis di ulasan ini!

Ambeien atau wasir merupakan peradangan atau pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar anus.

Hal ini pastinya membuat kamu merasa tidak nyaman dan ingin segera mengobatinya. Berikut deretan obat ambeien yang bisa kamu gunakan untuk atasi wasir!

Baca Juga: Benjolan di Leher, Yuk Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya

Obat ambeien di apotek

Ada beberapa cara untuk mengobati ambeien yang dapat kamu lakukan, berikut obat ambeien yang bisa kamu dapatkan di apotek.

1. Obat pereda nyeri

Inilah salah satu obat wasir yang tersedia di apotek yang berfungsi untuk meredakan nyeri. Beberapa obat pereda nyeri seperti paracetamol, ibuprofen, naproxen, dan aspirin.

Deretan obat tersebut bisa kamu andalkan untuk membantu meredakan rasa nyeri akibat penyakit ini. Obat ini bisa kamu dapatkan secara bebas di apotek tanpa memerlukan resep dokter.

Tetapi kamu harus perhatikan hal yang satu ini, sebaiknya hindari mengonsumsi obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) jika kamu mengalami pendarahan anus yang berlebihan. 

Hal ini dapat memperparah perdarahan kamu dan membuat kamu semakin tidak nyaman. Perhatikan aturan dan dosis obat secara teliti agar manfaat yang didapat sesuai dengan kondisi kamu sekarang ini.

2. Obat pencahar (laksatif)

Pastinya disaat sedang ambeien kamu mengalami kesulitan mengejan karena sembelit (konstipasi). Hal ini membuat ambeien kamu terasa semakin menyakitkan dan tidak nyaman. 

Kamu bisa mengonsumsi obat pencahar atau dikenal dengan laksatif yang dapat bekerja melancarkan gerakan usus dan mempercepat pengosongan usus.

Hal ini dapat membuat tekanan pada anus dapat berkurang dan mencegah gejala ambeien kambuh lagi.

3. Suplemen serat

Sebagaimana kamu ketahui, pencernaan kamu pasti membutuhkan makanan yang berserat untuk melancarkannya.

Kamu dapat mengonsumsi suplemen serat untuk membantu melunakkan feses dan mengurangi tekanan mengejan saat buang air besar.

Jenis suplemen serat yang bisa kamu dapatkan di apotek seperti psyllium dan methylcellulose.

4. Obat wasir oles atau salep

Tidak hanya obat minum saja yang dapat kamu gunakan, kamu juga bisa menggunakan produk obat oles atau salep ambeien yang dijual bebas di apotek. 

Tetapi kamu sebaiknnya membaca terlebih dahulu komposisi obat wasir terebut, kemungkinan efek samping dan cara penggunaannya sebelum menggunakannya.

Jenis obat ambeien salep

Berikut beberapa obat oles atau salep ambeien yang dapat kamu gunakan untuk meredakan penyakit ini.

1. Obat wasir mengandung steroid

Ini merupakan salah satu jenis obat salep ambeien yang tersedia di apotek. Biasanya dokter akan memberikan krim golongan steroid yang mengandung hidrokortison. Obat ini berfungsi untuk mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan rasa gatal.

Pada umumnya, saat menggunakan krim jenis ini untuk pertama kali, kamu akan merasakan sensasi rasa terbakar di kulit. Tetapi kamu tak perlu khawatir, rasa terbakar ini akan hilang dalam hitungan menit.

Sebaiknya kamu jangan menggunakan krim ini lebih dari seminggu karena dapat membuat kulit menipis. Jika keadaan tidak membaik dalam 7 hari, sebaiknya hentikan penggunaan dan periksakan ke dokter.

2. Phenylephrine rectal

Salep ini dapat meredakan pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus dan juga dapat meredakan rasa gatal, perih, dan iritasi di anus. Sebaiknya sebelum menggunakannya, kamu bersihkan terlebih dahulu anus dengan kain bersih.

Setelah itu kamu dapat oleskan pada anus yang membengkak. Gunakan salep ini sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari, tetapi hindari menggunakananya selama lebih dari 7 hari.

Kamu harus segera hentikan penggunaan jika salep ini menimbulkan efek samping seperti iritasi berat, perdarahan di dubur, sakit kepala, hingga penglihatan kabur, dan telinga berdengung.

3. Lidocaine

Obat ini merupakan obat bius yang digunakan sebagai obat bius lokal. Obat yang mengandung lidocaine dapat berfungsi untuk menghentikan rasa gatal dan nyeri yang disebabkan oleh ambeien.

Namun kamu tetap harus konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakan obat ini, karena dapat memberikan efek samping yang berbahaya.

Apalagi jika kamu memiliki alergi obat, dapat mengakibatkan gangguan penyakit hati, atau sedang menjalani pengobatan untuk gangguan irama jantung (aritmia).

4. Hydrocortisone

Obat ini merupakan salah satu jenis kortikosteroid oles yang dapat ditemukan di apotek. Obat ini dapat mengurangi rasa nyeri, gatal, dan pembengkakan di area anus. 

Setelah menggunakan salep ini diusahakan kamu tidak buang air besar selama 1 hingga 3 jam agar obat ini bekerja dengan efektif dan memberikan manfaat maksimal.

Obat ambeien herbal alami

Secara umum, ambeien dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari hingga beberapa minggu. Tetapi pengobatan juga diperlukan untuk meredakan rasa sakitnya, berikut beberapa cara alami yang dapat kamu lakukan untuk atasi ambeien:

1. Lidah buaya

Obat ambeien dan wasir herbal alami yang pertama adalah lidah buaya. Sudah tak asing lagi bahwa bahan alami ini banyak memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, termasuk untuk ambeien.

Kandungan antiradang yang ada di lidah buaya dapat membantu meredakan rasa gatal dan pembengkakan akibat gejala wasir.

Kamu bisa menggunakan gel lidah buaya langsung dari tanamannya lalu dioleskan ke area anus. Selain itu kamu juga bisa menggunakan gel lidah buaya dengan kandungan lidah buaya yang tinggi pastinya.

Tetapi sebelum menggunakannya sebaiknya kamu harus mengetahui apakah kamu memiliki alergi terhadap gel lidah buaya ini atau tidak. 

2. Minyak kelapa

Selain baik untuk kesehatan kulit, minyak kelapa merupakan salah satu obat ambeien yang ampuh untuk mengatasi wasir.

Kamu dapat mengoleskannya ke area anus untuk mengurangi iritasi dan pembengkakan.

Selain itu, minyak kelapa dapat berfungsi sebagai pelembap yang dapat mengurangi keluhan gatal dan perih akibat iritasi kulit pada anus. 

3. Witch hazel

Tanaman herbal witch hazel ini juga dapat dipercaya dapat menjadi obat ambeien alami. Tanaman ini dapat berfungsi mengurangi rasa gatal, perih, dan nyeri akibat ambeien. 

Kandungan antioksidan, antiradang, dan tannin yang dapat membantu peradangan, iritasi, dan pembengkakan pada anus.

Obat ambeien alami dari ekstrak tanaman herbal witch hazel ini juga tersedia dalam bentuk salep ataupun krim dan sabun.

4. Es batu

Siapa sangka, es batu juga bisa kamu manfaatkan menjadi obat wasir dan ambeien alami lho.

Ini merupakan salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi rasa nyeri, peradangan, dan pembengkakan sementara.

Caranya mudah, kamu bungkus terlebih dahulu es dengan kain bersih lalu kompreslah bagian anus yang sakit selama 15 menit.

Obat ambeien untuk ibu menyusui

Wasir sering terjadi akibat peningkatan tekanan perut selama kehamilan atau pasca melahirkan. Ibu menyusui yang sedang mengalami wasir memang harus lebih seksama dalam memilih obat ambeien.

Sebab dikhawatirkan ada zat dari obat yang bisa mengalir melalui ASI dan bahaya untuk bayi. Lalu apa saja sih obat ambeien atau wasir yang aman dikonsumsi oleh ibu menyusui? 

1. Obat wasir oles

Krim, salep, dan supositoria tidak menyembuhkan wasir, tetapi membantu meredakan gejala nyeri dan iritasi. Mereka sering mengandung anestesi lokal yang membatasi penggunaan hingga tujuh hari setelah waktu itu peningkatan kepekaan dari bahan dapat terjadi.

Krim dan suppositoria yang diresepkan mungkin termasuk kortikosteroid untuk mengurangi peradangan. Penyerapan bahan obat dari rektum tidak akan terbawa ke dalam ASI dalam jumlah yang signifikan dan tidak membahayakan bayi.

2. Kompres es

Kompres es atau penggunaan ice pack, juga dapat membantu meredakan pembengkakan wasir pada ibu menyusui. Jangan lupa untuk membungkus es dengan handuk atau kain dan hindari menempelkannya langsung ke kulit.

3. Obat analgesik

Obat penghilang rasa sakit (analgesik) mungkin diperlukan dalam kasus ambeien yang menyebabkan nyeri parah. Namun Moms ada baiknya menghindari produk yang mengandung kodein.

Sebab bahan ini dapat menyebabkan konstipasi yang menyebabkan ketegangan tambahan dan iritasi lebih lanjut pada wasir. Parasetamol adalah pilihan ideal yang diminum secara teratur dengan dosis normal.

Cara mengatasi ambeien yang gatal

Cara mengatasi ambeien yang gatal cukup sederhana, kamu bisa menggunakan air hangat.

Air hangat dapat membantu kamu meredakan berbagai keluhan akibat ambeien seperti gatal, iritasi, dan nyeri pada anus. Caranya mudah kok, kamu cukup duduk di bak mandi yang berisikan air hangat selama 20 menit.

Setelah itu keringkan anus dengan handuk bersih dan lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali setelah selesai buang air besar. 

Cara mengobati ambeien dengan tindakan medis

obat ambeien
Pemeriksaan ambeien. Foto: shutterstock.com

Jika ambeien tidak sembuh dengan menggunakan obat-obatan kimiawi maupun alami, kamu harus melakukan beberapa tindakan medis seperti halnya:

1. Operasi ambeien (hemoroidektomi)

Cara mengobati ambeien yang pertama adalah dengan operasi pengangkatan wasir atau (hemoroidektomi).

Hemoroidektomi adalah operasi pengangkatan hemoroid besar yang menyebabkan gejala ambeien. Pembedahan ini dapat dilakukan dengan anestesi lokal dengan anestasi umum.

Cara yang satu ini merupakan cara yang paling ampuh untuk mengangkat jaringan hemoroid.

2. Penyuntikan obat ambeien sebagai pengecil wasir (skleroterapi)

Proses tindakan medis ini dilakukan dengan menyuntikkan larutan kimia khusus ke dalam jaringan ambeien untuk mengecilkannya. Suntikkan ini akan menghilangkan rasa sakit dengan membuat ujung saraf di kulit yang disuntikkan menjadi mati rasa. 

3. Ligasi pita karet

Tindakan ini dilakukan dengan mengikat wasir menggunakan satu atau dua pita karet kecil di area sekitar wasir internal.

Ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengobati ambeien tanpa harus memerlukan proses pembiusan.

4. Prosedur Koagulasi

Cara mengobati ambeien yang berikutnya adalah dengan metode koagulasi.

Proses ini dilakukan dengan menggunakan sinar laser atau inframerah yang berfungsi untuk membakar jaringan ambeien.

Hal ini berfungsi untuk memotong aliran darah pada pembuluh vena agar tidak semakin besar.

Tetapi sayangnya prosedur ini berisiko membuat ambeien menjadi kambuh lagi.

5. Operasi wasir emorrhoidopexy

Cara mengobati ambeien yang berikutnya adalah operasi wasir bernama emorrhoidopexy.

Prosedur ini merupakan tindakan medis dengan menjepit ambeien yang keluar dari dinding rektur (dubur) ke anus.

Waktu pemulihan operasi ambeien yang satu ini lebih cepat dibandingkan hemoroidektomi dan prosesnya tidak terlalu menyakitkan.

Baca Juga: Diare Saat Puasa? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara mencegah ambeien

Pasti setiap orang tidak ingin mengalami penyakit yang membuat tidak nyaman ini. Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara mencegah agar kamu tidak terkena ambeien, berikut ulasannya:

1. Perbanyak minum air putih

Sebagaimana kita ketahui, jika tubuh kita sangat membutuhkan cairan untuk agar terpenuhi kebutuhan cairan dan tidak dehidrasi. Sebaiknya minumlah air putih sebanyak 6-8 gelas per hari agar pencernaan kamu lancar dan terhindar dari ambeien.

2. Konsumsi makanan berserat

Makanan yang mengandung serat tinggi berfungsi untuk melancarkan pencernaan dengan melunakkan feses sehingga kamu tidak harus mengejan terlalu keras. Konsumsi makanan berserat tinggi seperti sayur dan buah sangat baik untuk pencernaan kamu.

3. Rajin olahraga

Tidak hanya untuk mencegah ambeien saja, olahraga sangat penting untuk tubuh kita di segala aspek. Dengan berolahraga kamu tidak hanya menjaga berat badan, tetapi juga berfungsi untuk mencegah sembelit.

Hal ini tentunya dapat mengurangi tekanan pada pembuluh darah akibat terlalu lama berdiri atau duduk. 

4. Jangan menunda BAB

Sebaiknya kamu jangan menunda buang air besar karena sedang melakukan aktivitas. Hal ini ternyata dapat memicu kamu terkena ambeien loh. Usahakan buang air besar jika sudah terasa sakit perut dan jangan ditunda lagi ya.

5. Jangan duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama dapat menjadi penyebab ambeien karena tekanan yang ditimbulkan ke pembuluh darah sekitar dubur menjadi besar. Kamu bisa selingi dengan cara berjalan-jalan agar ada pergerakan usus.

6. Jangan mengejan terlalu keras

Kamu sebaiknya jangan mengejan terlalu keras ketika buang air besar, karena hal ini dapat memperbesar risiko ambeien. Tekanan yang ditimbulkan terjadi di pembuluh darah rectum dan kemudian dapat terjadi pendarahan.

7. Menjaga kebersihan anus

Anus merupakan area yang sangat vital sehingga perlu dijaga kebersihannya. Ini bisa menjadi pemicu timbulnya ambeien, karena adanya bakteri dan virus yang mudah meyerang dan mengakibatkan infeksi.
Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan apa saja obat yang ampuh untuk mengatasi penyakit ambeien ini? Sebaiknya kamu mencegah penyakit ini dibandingkan harus mengobati ya!

Tetaplah hidup kesehatan dengan menjaga pola hidup sehat ya, semoga kamu dalam keadaan sehat selalu.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. mayoclinic.org (2019) diakses 12 Mei 2020. Hemorroids. 12 Mei 2020 pukul 19.45.
  2. healthline.com (2017) diakses 12 Mei 2020. 8 Home Remedies for Hemorrhoids. 12 Mei 2020 pukul 20.00.
  3. onhealth.com (2019) diakses 12 Mei 2020. How to Get Rid of Hemorrhoids: Types, Causes and Treatments. 12 Mei 2020 pukul 20.15.
  4. breastfeedingnetwork diakses 21 November 2020. Haemorrhoid (piles) and anal fissure treatment in Breastfeeding Mothers
    register-docotr