Puasa

Ini Lho Sejuta Manfaat Kurma bagi Kesehatan Selama Puasa

May 1, 2020 | Husni Efendi | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Kurma adalah kudapan yang sering dijumpai pada saat bulan suci Ramadan. Selain sebagai kudapan, manfaat kurma untuk buka puasa juga perlu kamu ketahui agar kondisi kesehatan kamu tetap fit selama puasa.

Kurma adalah menu populer di seluruh dunia yang banyak digunakan sebagai pemanis alami dalam smoothie, jus, hingga produk panggang seperti kue dan muffin. Ingin tahu manfaat kurma lainnya? Yuk, simak artikel di bawah ini.

Sekilas tentang kurma

Kurma mengandung gula alami yang tinggi, sehingga banyak orang mengira kurma tidak baik dikonsumsi. Namun, buah-buahan manis ini dikemas dengan banyak nutrisi, menjadikannya camilan yang sangat baik dalam jumlah sedang.

Kurma tumbuh di pohon kurma dalam kelompok kecil. Istilah kurma berasal dari kata Yunani daktulos yang artinya jari.

Para petani memanen kurma di musim gugur dan awal musim dingin, jadi kurma biasanya terasa paling segar di sepanjang tahun ini. Namun, banyak orang makan kurma kering, yang bisa bertahan lama dalam wadah tertutup.

Setiap kurma mengandung sekitar 60 hingga 70 persen gula serta memiliki jumlah serat dan zat besi yang tinggi sehingga ampuh melawan anemia.

Varietas

Buah kurma telah ada sejak zaman prasejarah dan diyakini telah dibudidayakan sejak 8.000 tahun yang lalu. Berasal dari Timur Tengah, saat ini ada lebih dari 100 varietas pohon kurma yang berbeda.

Kurma tergantung dalam kelompok besar di atas pohon palem yang menjulang tinggi dan teksturnya bervariasi dari varietas yang keras dan kering hingga jenis yang agak kering seperti kurma Deglet Noor, dan kurma besar dan lunak, seperti kurma Medjool (alias “ratu kurma”).

Kurma Medjool adalah varietas yang umum di toko kelontong dan rata-rata berukuran jauh lebih besar daripada varietas lain.

Meskipun kurma tampak kering, sebenarnya kurma adalah buah segar. Kurma utuh hanya mengandung 30 persen kelembapan, menjadikannya salah satu “buah kering” alami. Untuk memperpanjang umur simpan, banyak kurma yang dibiarkan di pohon palem hingga benar-benar matang.

Meskipun agak kering sebelum dipanen, kurma ini — yang tersedia di banyak toko bahan makanan khusus — masih dianggap segar.

Kandungan nutrisi kurma

Kurma memang manis, tetapi sebagai buah, kurma juga menyediakan zat gizi mikro yang bermanfaat dan serat. Dilansir dari Very Well Fit, berikut adalah kandungan nutrisi satu buah kurma seberat sekitar 7 gram.

  1. Kalori: 20 g
  2. Lemak: 0 g
  3. Natrium: 0,14 mg
  4. Karbohidrat: 5,3 g
  5. Serat: 0.6 g
  6. Gula: 4 g
  7. Protein: 0,2 g

Karbohidrat

Satu buah kurma mengandung lebih dari 5 gram karbohidrat, yang sebagian besar berasal dari gula. Selain itu, kurma memiliki rasa yang sangat manis karena memiliki kandungan fruktosa yang tinggi, yaitu dua kali lebih manis dari glukosa.

Serat

Ada sekitar setengah gram serat dalam kurma rata-rata. Kandungan gula meningkat dan serat berkurang saat buah matang.

Indeks glikemik kurma dapat berkisar antara 43 dan 55 tergantung pada varietas dan tingkat kematangannya. Meskipun manis, kurma ternyata merupakan makanan rendah glisemik

Lemak

Kurma bukanlah sumber lemak yang signifikan.

Protein

Kurma memasok sedikit protein. Sertakan sumber protein lain, seperti daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan, untuk memenuhi kebutuhan harian kamu.

Vitamin dan mineral

Kurma adalah sumber potasium, magnesium, dan zat besi yang baik. Selain itu, kurma menyediakan enam vitamin B esensial, termasuk asam folat dan pantotenat.

Kurma juga memiliki konsentrasi polifenol yang tinggi, sejenis antioksidan yang melindungi dari kerusakan sel, bersama dengan fitoestrogen yang bermanfaat.

Manfaat buah kurma bagi kesehatan termasuk untuk buka puasa

Mikronutrien dan senyawa tanaman dalam kurma dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan yang menjanjikan, termasuk ketika kamu mengonsumsinya untuk buka puasa di bulan Ramadan.

1. Manfaat kurma untuk buka puasa, mempunyai nilai gizi tinggi

Mengonsumsi buah kurma sangat bagus untuk kamu saat berbuka puasa. Ini akan memberikan asupan gizi yang sehat dan seimbang, karena kurma kaya akan vitamin, mineral, dan serat.

Sebuah studi menyimpulkan bahwa kurma hampir merupakan makanan yang ideal karena mengandung berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan.

2. Manfaat kurma untuk buka puasa, pengisi kadar gula alami tubuh

Ibadah puasa akan membuat kadar gula darah menjadi rendah, dan ini biasanya kamu akan cenderung semakin lapar. Kondisi tersebut dapat memicu meningkatnya nafsu makan secara tak terkendali.

Untungnya, kurma mengandung nutrisi dan gula alami yang dapat mengisi kembali kadar gula darah sehingga kamu tak merasa lapar. Jadi, sangat direkomendasikan agar mengonsumsi kurma saat buka puasa dan sahur.

3. Meningkatkan energi

Kurma bisa menjadi alternatif makanan sumber energi. Kamu membutuhkannya saat beraktivitas karena kurma mengandung banyak gula alami seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa.

Kandungan tersebut dapat meningkatkan energi dalam tubuh, sehingga kamu tidak cepat merasa lemas.

4. Mengatur pergerakan usus

Kurma dikemas dengan kaya serat. Serat membantu metabolisme tubuh dalam memindahkan hasil makanan dalam perut, sehingga dapat membantu kerja usus untuk mencegah munculnya sembelit.

Selain itu, kurma juga dapat meningkatkan pergerakan usus yang sehat serta dapat dijadikan sebagai pencahar, yang dapat membantu meredakan gejala sembelit.

5. Kaya magnesium

Keunggulan kurma yang lain adalah kaya magnesium. Sementara kandungan magnesium sendiri telah banyak terbukti bisa untuk mengurangi peradangan, serta risiko penyakit lainya seperti penyakit kardiovaskular, dan radang sendi.

6. Memperkuat tulang

Kurma juga mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium. Semua mineral ini membantu kamu menjaga dan memelihara tulang yang sehat, sekaligus melindungi dari osteoporosis.

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Kurma juga kaya akan kalium, yang membantu dalam proses mengendalikan detak jantung dan tekanan darah. Ini penting untuk sistem tubuh yang vital seperti jantung, otak, dan ginjal agar berfungsi dengan baik.

Jika tekanan darah kamu bagus, tentu hal tersebut bisa mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung lainnya, sehingga makan kurma secara teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung kamu.

8. Meningkatkan kesehatan mata

Memakan satu buah kurma sehari, bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan mata dan melindungi dari rabun. Sebab, mengandung vitamin A, beta karoten, lutein, dan xanthin yang bermanfaat untuk penglihatan sehat dan dapat membantu mencegah degenerasi makula.

9. Mencegah beberapa bentuk kanker

Kurma menyediakan berbagai antioksidan yang menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko beberapa penyakit kanker. Antioksidan melindungi sel-sel dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil penyebab reaksi berbahaya di dalam tubuh dan menyebabkan penyakit.

Dibandingkan dengan jenis buah serupa, seperti buah ara dan plum kering, kurma tampaknya memiliki kandungan antioksidan tertinggi. Berikut rangkuman dari tiga antioksidan paling ampuh dalam kurma:

  • Flavonoid: adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan telah dipelajari potensinya untuk mengurangi risiko diabetes, penyakit Alzheimer, dan jenis kanker tertentu
  • Karotenoid: terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat mengurangi risiko gangguan terkait mata, seperti degenerasi makula
  • Asam fenolat: dikenal karena sifat anti-inflamasi, asam fenolat dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung

Setelah kamu tahu manfaat kurma untuk buka puasa, tidak ada salahnya kamu juga mengonsumsi kurma selain di waktu tersebut, seperti saat sahur misalnya. Mengonsumsi kurma, untuk menjadi alternatif makanan sehat juga layak untuk kamu masukkan dalam daftar belanja.

10. Mengobati anemia

Zat besi adalah komponen hemoglobin dalam sel darah merah dan menentukan berapa banyak oksigen yang ada dalam darah.

Karena kurma mengandung zat besi dalam jumlah tinggi, maka makanan ini bisa mengobati kekurangan zat besi secara alami seperti anemia.

Risiko dan pertimbangan saat mengonsumsi kurma ketika puasa

Dilansir dari Medical News Today, kurma memiliki kandungan gula yang sangat tinggi dibandingkan dengan nilai gizinya yang lain. Orang yang sedang berusaha untuk mengatur gula darahnya, seperti penderita diabetes, harus memperhatikan asupan gula totalnya saat mengonsumsi kurma.

Makan kurma dalam jumlah sedang tidak terlalu berisiko meningkatkan gula darah seseorang secara berlebihan, bahkan jika mereka menderita diabetes.

Menurut sebuah penelitian, kurma adalah makanan indeks glikemik rendah yang tidak menghasilkan peningkatan gula darah yang signifikan pada orang dengan atau tanpa diabetes.

Meskipun para peneliti hanya memiliki ukuran sampel yang kecil, temuan mereka menunjukkan bahwa makan kurma dalam jumlah sedang seharusnya tidak berdampak secara dramatis terhadap gula darah seseorang.

Alergi

Reaksi alergi terhadap kurma tidak umum dan biasanya terbatas pada gatal dan peradangan di dalam dan sekitar mulut.

Jamur atau sulfit yang terkadang ditambahkan ke buah kering seperti kurma sebagai pengawet, umumnya menjadi pemicu gejala alergi kurma. Gejala sering menyerupai asma dan dapat berkisar dari mengi ringan hingga reaksi anafilaksis yang mengancam jiwa, yang membutuhkan perhatian medis segera.

Banyak orang dengan alergi buah juga sensitif terhadap lateks atau serbuk sari. Jika kamu terindikasi alergi pada kurma, hindari memakannya dan bicarakan dengan dokter untuk menentukan sumber masalahnya.

Cara makan kurma

Kurma bisa dimakan segar atau dikeringkan, seperti kismis. Orang juga bisa menambahkannya ke berbagai hidangan manis atau gurih. Beberapa contoh hidangan yang menggunakan kurma meliputi:

  • Kurma isian: Kamu bisa memasukkan kurma dengan almond, pecan, krim keju, atau pistachio untuk camilan atau makanan kecil.
  • Salad: Kurma utuh yang dipotong, diiris, atau diadu adalah tambahan yang bagus untuk salad.
  • Smoothie: Mencampurkan kurma menjadi smoothie pisang menambah rasa manis alami dan nilai gizi ekstra.
  • Rebusan: Kurma terasa enak dalam semur Maroko atau hidangan tagine.
  • Energy balls: Kamu juga dapat mencampurkan kurma dengan kacang, cranberry, gandum, serpihan kelapa, atau berbagai bahan lainnya untuk membuat “bola energi” tanpa kue.

Memilih kurma

Saat berbelanja kurma, usahakan untuk mencari kurma yang berkilau dan tidak retak-retak. Kamu dapat menyimpan kurma segar dalam wadah kedap udara di lemari es selama berbulan-bulan dan bahkan lebih lama di dalam freezer.

Jika didinginkan, kurma kering akan bertahan sekitar 1 tahun dalam wadah kedap udara dan bertahun-tahun jika dibekukan.

Kamu tidak boleh makan kurma yang memiliki bau asam, sangat keras, atau memiliki gula kristal di permukaannya. Tanda-tanda ini bisa menunjukkan bahwa kondisinya sudah buruk.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr