Puasa

Berapa Jumlah Kalori yang Terbakar saat Puasa? Ini Penjelasannya!

April 30, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Puasa bukan hanya sekadar kewajiban umat muslim kala bulan Ramadan. Saat ini berbagai metode puasa juga sudah dibentuk sebagai bagian dari pola diet dan upaya mengurangi berat badan.

Puasa diklaim bisa menurunkan berat badan sebenarnya dipengaruhi oleh pola makan dan saat tidak makan. Saat puasa, asupan kalori kamu akan teratur sehingga tidak banyak kelebihan sumber tenaga yang kamu simpan menjadi lemak.

Baca juga: Tak Cuma Lapar dan Haus, Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Berpuasa

Lalu berapa jumlah kalori yang terbakar ketika puasa?

Tidak ada perbedaan antara jumlah kalori yang terbakar ketika puasa dengan saat tidak berpuasa. Yang membedakan adalah asupan kalori yang kamu perbolehkan masuk saat berpuasa bisa lebih kecil dibandingkan dengan saat tidak berpuasa.

Untuk itu, jika kamu hendak menjadikan puasa sebagai momen untuk menurunkan berat badan, maka hal ini sangat memungkinkan.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Berapa Kebutuhan Kalori per Hari yang Diperlukan Tubuh

Kalori per hari pada perempuan

Rata-rata perempuan setengah aktif di usia 26-50 tahun membutuhkan asupan 2.000 kalori per hari untuk menjaga berat badan.

Di sisi lain, 1.500 kalori per hari diperlukan untuk mengurangi 0,45 kg berat badan per minggu.

Pada perempuan yang aktif dan berjalan lebih dari 4,8 km per hari akan membutuhkan konsumsi 2.200 kalori atau lebih per hari untuk menjaga berat badan mereka. Di sisi lain, 1.700 kalori per hari untuk mengurangi 0,45 Kg berat badan per minggu.

Perempuan dengan usia di awal 20 tahun membutuhkan kalori lebih banyak. Setidaknya dibutuhkan 2.200 kalori per hari agar mereka bisa menjaga berat badan mereka.

Kalori per hari pada laki-laki

Secara rata-rata, laki-laki yang setengah aktif di usia 26-45 tahun membutuhkan 2.600 kalori per hari untuk mempertahankan berat badannya. Sedangkan diperlukan 2.100 kalori per hari untuk mengurangi 0,45 kg berat badan per minggu.

Sementara laki-laki aktif yang berjalan lebih dari 4,8 km per hari membutuhkan 2.800-3.000 kalori per hari untuk menjaga berat badannya. Di sisi lain, diperlukan 2.300-2.500 kalori per hari jika ingin mengurangi 0,45 kg berat badan per minggu.

Pada laki-laki muda berusia 19-25 tahun, kebutuhan kalorinya lebih tinggi. Dibutuhkan sekitar 2.800 kalori per hari untuk menjaga berat badan dan bisa mencapai 3.000 kalori jika memang sangat aktif.

Untuk mengurangi 0,45 kg berat badan per minggu, laki-laki usia muda yang setengah aktif setidaknya membutuhkan 2.300-2.500 kalori per hari.

Bagaimana dengan puasa?

Puasa dapat menjadi momen untuk menurunkan berat badan karena kamu bisa mengurangi asupan kalori yang masuk ke tubuh. Pasalnya, kamu tidak perlu sarapan atau makan siang saat puasa.

Ketika asupan kalori berkurang, maka untuk memenuhi kalori yang dibutuhkan seperti biasa tubuh akan membakar simpanan dalam bentuk lemak di lever. Proses ini terjadi setelah 8 jam kamu menjalani puasa.

Jika kamu berhasil tidak makan terlalu banyak di jam berbuka hingga sahur, maka kamu akan memasukkan lebih sedikit kalori ke dalam tubuh sehingga defisitnya akan digantikan oleh cadangan lemak dalam tubuh.

Berapa asupan kalori untuk turun berat badan saat berpuasa?

Jika kamu ingin menjadikan puasa ini sebagai momen untuk menurunkan berat badan, maka kamu harus membatasi asupan kalori menjadi 500 saja per hari. 

Meskipun demikian, kamu harus ingat kalau terlalu sedikit kalori yang masuk ke tubuh bisa menyebabkan sakit atau pingsan. Untuk itu, pilihlah beberapa makanan yang tepat dan imbangi dengan aktivitas yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Jika kamu gemar berolahraga juga saat berpuasa, maka kalori yang kamu butuhkan dapat mencapai 3.000 kalori dan kamu bisa konsumsi 2.000-2.500 kalori seperti biasanya dan tubuh akan menutupi defisitnya dari cadangan lemak.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang jumlah kalori yang dibakar saat berpuasa. Selalu jaga kesehatan selama bulan Ramadan, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 30 April 2021. How Intermittent Fasting Can Help You Lose Weight
  2. Healthline, diakses 30 April 2021. How Many Calories Should You Eat per Day to Lose Weight?
  3. Healthline, diakses 30 April 2021. 16/8 Intermittent Fasting: A Beginner’s Guide
  4. MedicalNewsToday, diakses 30 April 2021. What happens if you don’t eat for a day? Timeline and effects
  5. EverydayHealth, diakses 30 April 2021. Intermittent Fasting Helped Me Lose 48 Pounds: Here’s What I Ate and When

 

    register-docotr