Puasa

Jangan Takut, Puasa Ternyata Punya Banyak Manfaat bagi Penderita Diabetes

May 1, 2020 | Anisya Fitrianti
no-image

Perubahan asupan dan pola makan selama menjalani puasa memberi pengaruh besar bagi kesehatan tubuh. Menariknya, pengaruh ini tidak hanya terjadi untuk orang yang memiliki tubuh sehat. Namun, puasa juga punya manfaat untuk para penderita diabetes. 

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia.

Diabetes tidak dapat disembuhkan tapi dapat dikontrol dengan mengatur pola makan dan diet yang disiplin. Meski banyak pola diet yang dapat diterapkan, puasa bisa menjadi salah satu pilihan yang efektif. 

Untuk kamu penderita diabetes, tidak perlu takut ikut melakukan ibadah puasa. Berbagai studi kesehatan membuktikan bahwa puasa justru memberikan manfaat yang baik untuk penderita diabetes.

Manfaat puasa untuk penderita diabetes 

1. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat utama puasa bagi penderita diabetes adalah turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini dipicu oleh berkurangnya asupan makanan yang mengandung glukosa karena tubuh sedang berpuasa. Sehingga kadar gula dalam tubuh tidak melonjak tinggi. 

Namun penurunan kadar gula darah ini juga harus diimbangi dengan pemilihan makanan yang tepat. 

2. Mendapatkan tekanan darah yang stabil 

Tekanan darah pada orang yang berpuasa dan tidak berpuasa ternyata memiliki perbedaan. Pada orang yang berpuasa, tekanan darah terbukti lebih stabil.

Sebuah studi yang dilakukan di Qatar menunjukkan bahwa tekanan darah rata-rata penderita diabetes secara signifikan menurun di bulan puasa. 

3. Glikemik yang stabil 

Dikutip dari p2ptm.kemkes.go.id, Indeks Glikemik (IG) merupakan indikator cepat atau lambatnya unsur karbohidrat dalam bahan pangan dalam meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. 

Kabar baiknya, puasa di bulan Ramadan tidak akan memperburuk batas glikemik pada tubuh. Hal ini juga berlaku pada penderita diabetes tipe 2. 

4. Menurunkan kolesterol pada tubuh

Sebuah penelitian di Qatar menunjukkan selama bulan Ramadan, penderita diabetes dapat menurunkan kadar kolesterolnya secara signifikan. Artinya kadar lemak jahat (LDL) dan trigliserida dalam tubuh bisa menurun setelah menjalani puasa.

Hal ini disebabkan oleh asupan makanan yang mengandung lemak jahat pun berkurang saat puasa. 

Hasil penelitian tersebut menunjukkan penurunan kolesterol ini terjadi pada semua penderita diabetes baik perempuan maupun laki-laki. Penurunan kolesterol ini sangat baik untuk kesehatan jantungmu. 

5. Memelihara kesehatan organ tubuh lain

Saat berpuasa, organ pencernaan juga mengalami perubahan jam kerja. Organ pencernaan mendapat waktu istirahat yang lebih banyak saat kita menjalani puasa karena jam makan yang teratur. Hal ini tentunya dapat memperbaiki kesehatan organ tubuh.

Tips bagi penderita diabetes sebelum berpuasa

Berikut ini adalah catatan penting untuk kamu penderita diabetes yang ingin mencoba berpuasa:

  • Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Namun bagi penderita diabetes tipe 1 dan punya masalah kesehatan lain atau  pernah mengalami hipoglikemia dokter tidak akan menyarankan kamu untuk berpuasa. 
  • Jika kamu diizinkan dokter berpuasa, pastikan jadwal pemeriksaan gula darahmu. Tanya pada dokter apakah pemeriksaan gula darah harus dilakukan lebih sering atau ada obat tambahan yang harus diminum.
  • Hentikan puasa jika kamu merasa gula darah pada tubuh terlalu rendah. Biasanya hal ini ditandai dengan gemetar, berkeringat, atau merasa pusing. Jika kamu merasakan gula darah menurun segera atasi dengan perawatan yang sudah dianjurkan dokter. 
  • Pilih makanan yang sehat dan seimbang untuk berbuka puasa. Pastikan kamu tidak terlalu banyak konsumsi karbohidrat setelah puasa sebab akan memicu lonjakan gula darah.
  • Hindari aktivitas atau olahraga berat saat kamu berpuasa. Olahraga berat dapat membuat gula darah pada tubuhmu menurun drastis.
  • Jagalah asupan cairan dalam tubuh. Pastikan kamu konsumsi banyak air sebelum puasa agar selama puasa tubuh tidak kekurangan cairan sebab penderita diabetes lebih berisiko terkena dehidrasi. 

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
    Berita Terkait
    register-docotr