Puasa

Manfaat pH Tubuh Seimbang saat Berpuasa, Apa Saja?

May 1, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ketika bulan Ramadan tiba, puasa adalah ritual ibadah yang dilakukan oleh setiap umat muslim di seluruh dunia. Tidak makan dan minum seharian tentu sedikit banyak akan berpengaruh terhadap keseimbangan pH tubuh.

Tapi jangan cemas, ketahui seluk beluk tentang keseimbangan pH tubuh di bawah agar persiapan puasamu menjadi semakin optimal.

Baca juga: Air Kangen Water, Air Alkali dengan Berbagai Manfaat Kesehatan

Apa itu keseimbangan pH tubuh?

Dilansir Healthline, keseimbangan pH tubuh adalah kondisi di mana tingkat asam dan basa dalam darah di tubuh berfungsi dengan baik.

Tubuh manusia dibangun secara alami untuk menjaga keseimbangan keasaman dan basanya dengan sehat. Paru-paru dan ginjal memainkan peran kunci dalam proses ini.

Tingkat pH darah normal adalah 7,40 pada skala 0 sampai 14, di mana 0 adalah yang paling asam dan 14 adalah yang paling basa. Nilai ini dapat sedikit berbeda di kedua arah.

Jika paru-paru atau ginjal tidak berfungsi, tingkat pH darah bisa menjadi tidak seimbang. Ini dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan yang memerlukan perubahan pola makan sampai bantuan medis.

Studi tentang puasa dan pH tubuh

Puasa yang dikombinasikan dengan olahraga telah disarankan untuk menurunkan berat badan. Namun, kedua prosedur tersebut mungkin memengaruhi keseimbangan pH tubuh secara negatif.

Studi NCBI berupaya melibatkan 80 subjek yang kelebihan berat badan berusia sekitar 45 sampai 53 tahun. Secara acak mereka diberikan suplemen alkali atau plasebo dua kali sehari dan diminta melakukan program latihan ketahanan sebanyak 3-4 kali/pekan selama 12 pekan.

Hasilnya diketahui ada pengaruh yang signifikan terhadap penurunan berat badan, kehilangan lemak tubuh, kehilangan lemak viseral dan peningkatan kinerja lari pada semua kelompok.

Penurunan berat badan lebih signifikan terjadi ketika peserta diberikan suplementasi alkali. Kesimpulannya, puasa dikombinasikan olah raga dan suplementasi basa merupakan strategi yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Mengapa pH tubuh seimbang penting saat berpuasa?

Gangguan keseimbangan pH dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan dengan skala ringan sampai berat seperti:

  1. Kelelahan
  2. Sakit kepala
  3. Rasa ngantuk yang teramat sangat
  4. Gangguan sistem pernapasan seperti asma, sampai pneumonia

Hal-hal tersebut tentu akan sangat mengganggu kelancaran ibadah puasa kamu. Oleh karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan pH tubuh selama puasa, agar kamu tetap bisa beraktivitas dengan lancar.

Baca juga: Sedang Program Menggemukkan Badan tapi Harus Puasa, Ini 4 Tipsnya

Manfaat pH tubuh seimbang saat berpuasa

Pada dasarnya tubuh secara alami berada dalam keadaan basa. Namun, banyak faktor lingkungan saat ini berkontribusi dalam menciptakan lingkungan tubuh yang terlalu asam.

Faktor-faktor ini di antaranya adalah banyaknya makanan olahan, penggunaan antibiotik yang berlebihan, proses penuaan alami, dan bahkan stres.

Adapun manfaat utama pH tubuh seimbang saat puasa adalah mencegah kamu terkena penyakit ketika sedang berpuasa. Dilansir The Vincera Institute, sebagian besar penyakit dan bakteri jahat berkembang biak di lingkungan yang terlalu asam.

Hal ini menyebabkan tubuh ‘meminjam’ mineral penting dari organ, tulang, dan jaringan untuk mencoba menetralkan asam dan mengeluarkannya dari tubuh.

Keasaman berlebih melemahkan semua sistem dan dapat dilihat pada gejala akut seperti kelelahan kronis, batu ginjal, diabetes, nyeri sendi, dan pembentukan asam laktat.

Menjaga keseimbangan pH tubuh saat berpuasa

Kamu bisa mulai menjaga keseimbangan pH tubuh saat berpuasa dengan memilih makanan yang tepat. Jika kamu ragu tentang asam basa atau sifat basa dari makanan, ingatlah bahwa sebagian besar sayuran, buah-buahan, dan herba bersifat basa.

Makanan yang paling asam (dan sebaiknya dihindari) adalah tepung dan gula olahan, kebanyakan produk susu, soda, gula, kopi, alkohol dan racun eksternal yang berbahaya seperti tembakau dan obat-obatan dan obat bebas.

Selain itu menjaga tubuh terhidrasi juga bisa mendukung upayamu dalam menjaga keseimbangan pH tubuh selama berpuasa.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthline, diakses pada 30 April 2021

Vincera Institute, diakses pada 30 April 2021

NCBI, diakses pada 30 April 2021

Healthline, diakses pada 30 April 2021

    register-docotr