Kesehatan Pria

Air Mani Keluar Sendiri Setelah Kencing? Ini Penyebabnya!

April 6, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Air mani yang keluar sendiri setelah kencing bisa terjadi pada setiap pria. Kondisi ini umumnya tidak membahayakan. Meskipun demikian, harus diperhatikan dengan saksama apakah yang keluar setelah kencing tersebut merupakan air mani.

Dalam beberapa kasus, cairan yang keluar bisa saja bukan air mani dan menjadi tanda bahwa kamu sedang mengalami infeksi menular seksual.

Kenapa air mani bisa keluar sendiri?

Air mani yang keluar sendiri biasanya merupakan kondisi normal, terutama jika kamu sedang melakukan aktivitas seksual.

Namun demikian, ada beberapa kondisi lain yang mendorong hal ini terjadi. Salah satu penyebab yang paling dikenal adalah mimpi basah.

Selain itu, air mani yang keluar sendiri bisa juga disebabkan oleh efek samping pengobatan yang kamu jalani, masalah di prostat, cedera saraf hingga ejakulasi mundur.

Mani yang bisa keluar sendiri ini bisa terjadi di kondisi tertentu, baik saat kamu tidur atau bahkan setelah kencing.

Apa penyebab air mani keluar sendiri setelah kencing?

Dikutip dari Healthline, air mani yang keluar sendiri setelah kencing adalah kondisi umum yang bisa menimpa setiap pria. Kondisi ini pun biasanya tidak membahayakan.

Ada beberapa penjelasan kenapa kondisi ini terjadi. Terkadang beberapa air mani bisa tetap tinggal di dalam uretra setelah kamu ejakulasi terakhir kali dan kencing menjadi satu pendorongnya untuk keluar melalui penis.

Berikut ini beberapa penyebab air mani keluar sendiri setelah kencing:

Ejakulasi mundur

Pada pria, urine dan air mani keluar melalui uretra. Terdapat satu otot di dekat leher buli-buli yang berperan dalam membedakan kedua cairan ini agar tidak tercampur saat salah satunya akan keluar.

Saat orgasme, otot ini akan berkontraksi untuk menahan air mani masuk ke buli-buli. Sehingga air mani akan mengalir melalui uretra dan keluar lewat kepala penis.

Nah, ketika kamu memiliki penyakit ejakulasi mundur, otot ini gagal berkontraksi. Akibatnya, air mani masuk ke buli-buli. Dalam kondisi ini, pria disebut mengalami orgasme kering. Karena walau sensasinya adalah ejakulasi, tapi hanya ada sedikit air mani yang keluar.

Efek lain dari penyakit ini adalah urine akan berwarna keruh setelah berhubungan seksual, atau bahkan air mani keluar sendiri. Kondisi ini merupakan salah satu penyebab infertilitas pada pria.

Apa saja pemicu ejakulasi mundur?

Ejakulasi mundur dipicu oleh setiap kondisi yang dapat mengganggu refleks otot bukaan buli-buli. 

Masalah yang dapat menyebabkan air mani keluar sendiri setelah kencing ini pun bisa timbul karena efek samping obat yang kamu konsumsi. Bisa dari obat untuk mengatasi pembesaran prostat, tekanan darah tinggi atau depresi.

Selain itu, kondisi ini pun bisa terjadi karena kerusakan saraf yang disebabkan beberapa kondisi berikut ini:

Inkontinensia kemih

Mani yang bocor setelah kencing bisa juga merupakan tanda kamu mengalami inkontinensia kemih. Ini merupakan kondisi ketika kamu tidak bisa menahan dorongan buang air kecil, sehingga air kencing atau mani bocor dengan sendirinya.

Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai faktor, mulai dari stres, batuk bahkan karena obesitas. Biasanya, peluang kondisi ini muncul akan semakin meningkat seiring pertambahan usia.

Untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa mengandalkan gerakan latihan otot dasar panggul, teknik melatih buli-buli hingga pengobatan menggunakan anticholinergic hingga estrogen topikal.

Hati-hati dengan penyakit menular seksual!

Adanya air mani yang keluar sehabis buang air kecil merupakan kondisi normal. Setiap pria bisa mengalami hal ini. Tapi, kamu harus hati-hati jika ternyata cairan yang keluar bukan mani, Karena bisa saja kamu mengalami penyakit menular seksual.

Jenis penyakit menular seksual yang paling umum menyebabkan keluarnya cairan dari penis adalah Gonore dan chlamydia. Oleh karena itu, segera periksakan kesehatan kamu ketika menemukan tanda-tanda penyakit ini, ya!

Demikianlah berbagai penjelasan mengenai air mani yang bisa keluar sendiri setelah kencing. Selalu jaga kesehatan organ reproduksi kamu, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 03 April 2021. Semen Leakage: Causes and Treatment
  2. Healthline, diakses 03 April 2021. Retrograde Ejaculation: Treatment, Symptoms, and More
  3. Healthline, diakses 03 April 2021. Male Discharge Not from an STD: UTI and Other Possible Causes
  4. MedicalNewsToday, diakses 03 April 2021. Semen leakage: Causes, treatment, and remedies
  5. MedicalNewsToday, diakses 03 April 2021. Urinary incontinence: Treatment, causes, types, and symptoms
    register-docotr