Kamus Penyakit

7 Penyakit Akibat Kesehatan Gigi dan Mulut yang Buruk, Salah Satunya Penyakit Jantung!

September 12, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kesehatan gigi dan mulut sangat penting karena menjadi jalan masuk utama ke dalam tubuh. Nah, gigi sakit, gusi berdarah, dan nafas berbau tidak sedap menjadi beberapa indikator dari kesehatan mulut yang buruk.

Perlu diketahui, bakteri dari mulut dapat dengan mudah masuk ke aliran darah dan menyebabkan infeksi hingga menyebabkan peradangan. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk, simak berikut ini beberapa penyakit yang mungkin timbul karena kesehatan gigi dan mulut yang buruk.

Baca juga: Alergi Buah: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya yang Tepat

Penyakit akibat buruknya kesehatan gigi dan mulut

Rongga mulut umumnya bisa dengan mudah mengumpulkan semua jenis bakteri, virus, dan jamur. Dilansir dari Healthline, terdapat berbagai faktor penyebab buruknya kesehatan mulut dan gigi, yakni merokok, genetik, kebiasaan sikat gigi yang buruk, dan infeksi tertentu.

Penting untuk mempraktikkan kebersihan mulut yang baik dan menemui dokter gigi secara teratur agar terhindar dari risiko serius bagi tubuh secara keseluruhan. Beberapa penyakit yang bisa diderita akibat memiliki kesehatan mulut dan gigi yang buruk, antara lain:

Penyakit kardiovaskular

Memiliki kesehatan mulut yang buruk bisa membuat seseorang berisiko terkena penyakit jantung. Saat gusi meradang, bakteri bisa masuk ke aliran darah sehingga membuat pembuluh darah arteri tersumbat lalu mengeras.

Pengerasan arteri ini disebut juga dengan aterosklerosis dan merupakan kondisi yang serius karena bisa menyebabkan penyumbatan sehingga berisiko terkena serangan jantung.

Dampak lain dari rusaknya arteri dan pembuluh darah adalah penyakit hipertensi dan meningkatkan risiko stroke. 

Endokarditis juga bisa berkembang dimana merupakan kondisi fatal yang terjadi ketika lapisan jantung terinfeksi. Nah, untungnya kamu bisa mencegah penyakit gusi ini dengan membersihkan gigi secara rutin dan konsisten dalam menjaga kebersihan mulut.

Demensia

Kesehatan mulut yang buruk bisa memengaruhi otak, termasuk penyakit demensia. Zat yang dikeluarkan dari gusi yang meradang akibat infeksi ternyata dapat membunuh sel-sel otak sehingga menyebabkan hilangnya ingatan.

Selain demensia, penyakit Alzheimer mungkin bisa juga terjadi akibat radang pada gusi. Perlu dipahami, ketika bakteri di mulut bisa menyebar dan masuk lebih jauh ke saluran saraf atau memasuki aliran darah.

Infeksi saluran pernapasan

Sistem pernapasan bisa terganggu akibat kesehatan mulut dan gigi yang buruk. Bakteri di dalam mulut dari gigi yang terinfeksi dan pembengkakan pada gusi bisa dihirup ke paru-paru atau melalui aliran darah. 

Jika bakteri sudah masuk ke dalam tubuh, maka bisa meningkatkan risiko menderita infeksi saluran pernapasan, pneumonia, bronkitis akut, hingga PPOK.

Karena itu, untuk menghindari risiko menderita infeksi saluran pernapasan parah maka perhatikan kesehatan mulut dan gigi dengan rutin membersihkannya.

Penyakit diabetes

Tak hanya infeksi saluran pernapasan, kesehatan mulut dan gigi yang buruk juga bisa mengakibatkan munculnya penyakit diabetes. Penyakit periodontal dapat membuat diabetes lebih sulit untuk dikendalikan.

Gejalanya bisa memburuk karena kadar gula darah tidak stabil karena penyakit gusi. Karena itu, sangat penting bagi penderita diabetes untuk menjaga kesehatan mulut dengan baik untuk mencegah komplikasi penyakit.

Komplikasi kehamilan

Sangat penting bagi ibu hamil untuk mempraktikkan kebersihan mulut yang baik. Perubahan hormonal dalam tubuh selama kehamilan dapat menyebabkan wanita lebih mudah mengalami infeksi mulut.

Setiap infeksi di tubuh wanita dapat meningkatkan risiko mengalami komplikasi kehamilan.

Masalah kesehatan mulut pada ibu, seperti periodontitis dan gingivitis diketahui bisa mengakibatkan kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah bayi. Penyakit gusi juga dapat menyebabkan ibu dan bayi berisiko mengalami masalah kesehatan lainnya yang lebih serius.

Kanker

Kesehatan mulut yang buruk termasuk akibat kebiasan, seperti merokok dapat menyebabkan kanker mulut, tenggorokan, serta jenis kanker lain yang dikaitkan dengan penyakit gusi.

Selain itu, risiko kanker ginjal, kanker pankreas, dan kanker darah jauh lebih tinggi terjadi pada orang dengan kesehatan mulut yang buruk.

Penyakit ginjal kronis

Selain kanker, penyakit ginjal kronis merupakan masalah kesehatan serius yang terjadi akibat kesehatan mulut dan gigi yang buruk. Penyakit ginjal biasanya dapat memengaruhi jantung, tulang, dan tekanan darah. 

Orang dengan kesehatan gusi yang buruk umumnya memiliki sistem kekebalan lebih lemah dan mungkin terinfeksi penyakit ginjal kronis. Penyakit ginjal bisa berakibat fatal jika mengarah ke gagal ginjal atau penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Sering Sulit BAB? Ini 5 Jenis Obat Pencahar yang Tersedia di Apotek

Konsultasi kesehatan bisa ditanyakan pada dokter ahli di Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline (2019), diakses 10 September 2020. Everything You Need to Know About Dental and Oral Health
  2. Absolutedental.com (2020), diakses 10 September 2020. 10 Health Issues Caused by Bad Oral Health
    register-docotr