Info Sehat

Mengenal Yarsagumba: Obat Kuat Asal Himalaya yang Harganya Lebih Mahal dari Emas

September 12, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Pastikan untuk mengecek kesehatanmu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Periksa kesehatan kulit dan kelamin dengan mitra dokter spesialis kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik di sini! ya!

Yarsagumba merupakan tanaman obat yang amat populer dari pegunungan Himalaya. Sejak lama,tanaman ini dipercaya memiliki banyak manfaat dalam pengobatan tradisional Cina. Terutama sebagai obat kuat. 

Dilansir dari The Conversation, satu kilogram yarsagumba dapat dijual seharga 100 ribu dolar AS atau sekitar Rp1,4 miliar. Hmm, sebenarnya apa ya manfaat dari tanaman ini dan mengapa harganya bisa sangat mahal? Cari tahu jawabannya dalam ulasan berikut ini. 

Baca juga: 7 Obat Kuat Alami Ini Ampuh untuk Kesehatan Seksual Pria!

Apa itu yarsagumba?

Yarsagumba sebenarnya adalah jamur parasit yang berwarna kuning kecoklatan berukuran 4-12cm. Jamur ini terdiri atas dua bagian. Pada bagian atas adalah jamur, sedangkan pada bagian bawah adalah tubuh larva yang sudah mati.

Bagaimana yarsagumba tumbuh?

Bagian jamur dan larva dari yarsagumba. (Sumber:Journal of Fungi)

Berbeda dari tanaman-tanaman lainnya, yarsagumba bukan tumbuh dari bibit yang sengaja ditanam. Yarsagumba tumbuh dengan cara yang unik. 

Tanaman ini akan terbentuk ketika larva serangga yang hidup di dalam tanah diserang oleh jamur parasit yang biasa disebut Cordyceps.

Ketika sudah berhasil menyerang larva, jamur parasit tadi akan mengganti jaringan di dalam tubuh larva sekaligus menumbuhkan batang panjang dari mulut ke arah luar tubuh larva.  

Biasanya yarsagumba akan diburu ketika musim panas. Namun, menemukan yarsagumba tidak akan mudah karena ia tumbuh di ketinggian 4.000 sampai 5.000 meter di atas permukaan laut. Tepatnya di dataran tinggi Tibet dan sepanjang pegunungan Himalaya.

Tidak heran, harganya bisa sangat mahal. 

Baca juga: Hal-hal Perlu Kamu Tahu Tentang Obat Kuat Disfungsi Ereksi

Manfaat yarsagumba berdasarkan penelitian

Meski populer sebagai obat kuat, nyatanya beberapa penelitian berhasil menemukan manfaat lain dari yarsagumba. Jadi, apa saja manfaat yarsagumba untuk kesehatan? Berikut informasi selengkapnya. 

Bekerja sebagai obat kuat

Dalam pengobatan tradisional Cina, yarsagumba telah lama dipercaya bekerja sebagai afrodisiak. Tanaman ini kerap digunakan untuk mengatasi masalah seks. Seperti menyembuhkan disfungsi ereksi bagi pria, meningkatkan kekuatan, gairah seks, hingga menjaga pola tidur. 

Penelitian juga menunjukkan hal serupa. Yarsagumba diketahui membantu meningkatkan fungsi seksual. Namun penelitian tersebut dilakukan pada tikus, sehingga belum terbukti pada manusia. 

Memiliki sifat anti-penuaan

Melalui penelitian, yarsagumba diketahui memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk melawan penuaan serta beberapa penyakit. Antioksidan ini akan bekerja melawan kerusakan sel dengan menetralkan radikal bebas. 

Memelihara organ hati 

Melalui International Journal of Herbal Medicine, diketahui bahwa yarsagumba juga baik untuk memelihara kesehatan organ hati. Tanaman unik yang satu ini dapat bekerja untuk meningkatkan fungsi hati, mengurangi peradangan hati, dan melawan fibrosis hati.

Mengobati diabetes tipe 2 

Yarsagumba ternyata mengandung jenis gula khusus yang dapat membantu mengobati diabetes. Sehingga tanaman ini diperkirakan dapat menjaga kadar gula darah dalam batas normal.

Yarsagumba dapat meningkat kan sel beta dalam pankreas yang berfungsi untuk menghasilkan insulin dan yarsagumba juga dapat menjaga fungsi ginjal.

Yarsagumba semakin langka 

Akibat permintaan di pasar yang cukup tinggi, yarsagumba mulai diburu banyak orang. Ketersediaan tanaman ini juga semakin menurun setiap tahunnya. Kondisi ini juga diperburuk oleh perubahan iklim yang sulit dihentikan. 

Persaingan memiliki Yarsagumba juga sangatlah sengit. Tanaman ini dikabarkan telah menjadi penyebab beberapa nyawa melayang akibat menerima serangan saat berusaha memetiknya. 

Meski menawarkan banyak potensi bagi kesehatan, penelitian mengenai tanaman ini masih sangat sedikit. Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian sebelum para ahli dapat membuat rekomendasi terkait konsumsi yarsagumba.

Namun, bila kamu memilih untuk mengonsumsi suplemen yarsagumba, pastikan kualitasnya terjamin. 

Pastikan untuk mengecek kesehatanmu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Periksa kesehatan kulit dan kelamin dengan mitra dokter spesialis kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik di sini! ya!

Reference
    register-docotr