Olahraga

Ingin Payudara Besar dan Kencang? Ini 4 Rekomendasi Olahraga yang Bisa Dicoba

December 3, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Payudara yang kencang dan besar seringkali diidamkan oleh banyak wanita. Untuk mendapatkan hal tersebut, tidak jarang wanita memilih untuk melakukan operasi payudara. 

Sebenarnya ada beberapa cara alami untuk memperbesar dan mengencangkan payudara. Salah satunya adalah dengan berolahraga.

Nah, untuk kamu yang ingin memiliki dan merawat payudara agar lebih kencang dan besar, berikut ini ada 4 rekomendasi olahraga yang bisa kamu coba. 

Baca juga: Bra Kawat vs Bra Biasa, Mana Sih yang Paling Sehat untuk Payudara?

Olahraga untuk memperbesar dan mengencangkan payudara

Ukuran payudara yang dimiliki setiap wanita tentunya tidak sama karena ukuran payudara dipengaruhi oleh banyak hal. Mulai dari kombinasi genetika, gaya hidup, hingga berat badan. Semuanya memberi pengaruh pada ukuran payudara.

Namun dengan rutin berolahraga, kamu bisa memiliki bentuk payudara yang lebih baik. Gerakan latihan yang berfokus pada otot dada, punggung, dan bahu dapat membantu melatih dan mengencangkan otot dada di belakang jaringan payudara dan memperbaiki postur tubuh. 

Lakukanlah olahraga berikut dan pastikan kamu menggunakan teknik yang tepat untuk mendapatkan hasil terbaik dan menghindari cedera.

1. Wall presses

Wall presses merupakan olahraga yang melibatkan otot dada, punggung serta bahu. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:

  1. Berdirilah di depan dinding 
  2. Tempelkan telapak tangan dengan posisi telapak tangan setara dada
  3. Perlahan-lahan majulah sampai kepalamu hampir menyentuh dinding
  4. Kembali ke posisi semula
  5. Ulangi 10 hingga 15 kali

2. Arm circles

Arm circles juga melibatkan latihan pada otot bahu sehingga baik untuk membantu mengencangkan payudara. Berikut langkah untuk melakukan arm circles:

  1. Rentangkan tangan ke arah samping sejajar dengan bahu
  2. Putarkanlah kedua lengan ke arah belakang membentuk lingkaran kecil selama satu menit
  3. Putarkan juga kedua lengan ke arah depan selama satu menit
  4. Kemudian gerakkan lengan ke atas dan ke bawah sambil menggunakan gerakan memutar selama satu menit
  5. Ulangi gerakan selama beberapa kali
  6. Kamu juga bisa menambahkan beban kecil selama melakukan olahraga ini. Misalnya dengan menggunakan dumbbell. 

3. Arm presses

Arm presses merupakan latihan yang melibatkan otot dada serta bahu. Berikut langkah untuk melakukannya:

  1. Ulurkan tangan ke depan dada dengan kedua telapak tangan menyatu. Kamu bisa melakukannya sambil duduk ataupun berdiri
  2. Buka lengan sampai berada di belakang punggung dan tekuk punggung
  3. Satukan kembali lengan di depan dada
  4. Lakukan ini selama satu menit
  5. Kamu juga bisa menambahkan beban kecil selama melakukan olahraga ini. Misalnya dengan menggunakan pemberat atau resistance band supaya olahraga lebih menantang

4. Prayer pose

Prayer pose baik untuk mengencangkan payudara karena olahraga ini melatih otot bahu. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:

  1. Ulurkan kedua tangan ke depan, pastikan kedua telapak tangan bertemu 
  2. Tahan posisi ini hingga 30 detik
  3. Tekuk siku hingga membentuk sudut 90 derajat sambil tekan kedua telapak tangan hingga bagian dada terasa meregang
  4. Ulangi hingga 15 kali

Baca juga: Mudah Dilakukan, Ini Lho 7 Cara Merawat Payudara Agar Tetap Sehat!   

Hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan olahraga untuk mengencangkan payudara 

Olahraga di atas perlu dilakukan secara rutin, setidaknya dua kali dalam seminggu. Dengan begitu kamu dapat melihat perbedaan yang terjadi pada tubuhmu.

Saat melakukannya di rumah, kamu bisa menambahkan dumbbell, kaleng makanan, atau botol air berisi pasir atau batu sehingga latihan terasa lebih berat. 

Di samping melakukan gerakan dengan tepat, kamu juga perlu menaruh fokus untuk menghubungkan otot serta pikiran. Cara ini juga penting saat melatih otot dada. 

Jangan lupa juga untuk mengenakan bra olahraga yang sesuai untuk mengurangi risko nyeri payudara setelah olahraga. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu juga perlu makan makanan seimbang. Olahraga tanpa diimbangi makanan sehat tidak akan memberikan hasil yang memuaskan.

Pilihlah kombinasi makanan sehat untuk menjaga lemak tubuh pada tingkat yang sehat. Terutama makanan yang kaya estrogen seperti produk susu, jeruk, apel, dan sebagainya. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kondisi payudara? Yuk chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    Berita Terkait
    register-docotr