Diet dan Nutrisi

Konsumsi Air Lemon Bisa Bikin Tubuh Langsing, Mitos atau Fakta?

December 30, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Salah satu bahan paling populer dalam infused water adalah lemon. Banyak orang yang percaya bahwa meminum air lemon dapat membuat tubuh menjadi langsing. Namun, apakah hal tersebut memang benar atau mitos belaka?

Baca juga: Berbagai Manfaat Lemon: dari Kecantikan Kulit hingga Kesehatan Jantung!

Benarkah minum air lemon bisa membuat tubuh menjadi langsing?

Beberapa penelitian pada hewan memang menunjukkan bahwa senyawa pada lemon dapat membantu menurunkan berat badan. Akan tetapi, masih banyak penelitian mengenai pengaruh air lemon terhadap manusia dan berat badan yang dibutuhkan untuk memastikan kemanjurannya.

Perlu kamu tahu, bahwa salah satu kandungan yang terdapat pada lemon adalah pektin, yakni serat yang dapat memberikan rasa kenyang sama halnya seperti serat yang terkandung dalam apel.

Sebagian orang percaya bahwa jus lemon dapat membuat kenyang, yang pada gilirannya dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, sari buah lemon utuh hanya mengandung kurang dari 1 gram serat.

Jika kamu memeras lemon dan mencampurkannya dengan air untuk dijadikan sebagai minuman, hanya ada sedikit serat yang tersisa.

Di sisi lain, belum ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa air lemon memiliki manfaat lebih untuk menurunkan berat badan dibandingkan dengan air putih.

Apa kata ahli?

Melansir dari laman Women’s Health, Alissa Rumsey, seorang ahli diet terdaftar mengatakan bahwa campuran air hangat dan lemon tidak menyebabkan penurunan berat badan yang sebenarnya.

Meskipun demikian, jika minuman tersebut dikonsumsi untuk menggantikan minuman yang memiliki kandungan kalori lebih tinggi layaknya kopi susu dengan gula, ini dapat menghasilkan defisit kalori, yang mana dapat membantu menurunkan berat badan.

Jason Ewoldt, R.D.N., L.D, seorang ahli diet kesehatan di Mayo Clinic Healthly Living Program mengatakan bahwa lemon rendah kalori dapat membantu mengontrol atau membatasi asupan kalori secara keseluruhan.

Air lemon memang serta-merta tidak dapat langsung membuat tubuh menjadi langsing. Untuk menurunkan berat badan kamu harus mengadopsi pola makan sehat, menjalani gaya hidup sehat, serta menjadi lebih aktif.

Lemon untuk perut kembung

Dalam jangka pendek, mengonsumsi air lemon dapat mengurangi perut kembung. Sebab, ini bertindak sebagai diuretik alami.

Meskipun demikian, jika perut kembung berlangsung lebih lama, akan lebih baik jika kamu mencari tahu mengenai penyebabnya. Di sisi lain, menghentikan kebiasaan yang bisa menyebabkan perut kembung juga penting.

Misalnya saja seperti makan terlalu cepat, mengonsumsi minuman berkarbonasi, mengonsumsi terlalu banyak garam, hingga mengonsumsi makanan dengan tambahan gula, yang mana ini merupakan penyebab umum.

Baca juga: Minuman Bersoda Bisa Tingkatkan Infeksi Saluran Kemih, Benar atau Tidak?

Mitos lainnya mengenai air lemon yang perlu kamu tahu

Ada banyak klaim mengenai air lemon yang beredar di masyarakat. Akan tetapi, untuk melihat khasiat dari air lemon sebenarnya harus memiliki bukti ilmiah yang mendukungnya. Nah, berikut ini adalah beberapa mitos mengenai air lemon yang perlu kamu tahu.

Air lemon dapat mendetoksifikasi tubuh

Salah satu anggapan paling populer dari air lemon selain untuk menurunkan berat badan adalah dapat mendetoksifikasi tubuh.

Air dapat membantu menghilangkan limbah dari dalam tubuh. Meskipun demikian, belum ada banyak cukup bukti yang kuat untuk menunjukkan bahwa air lemon memiliki khasiat yang lebih baik dibandingkan air putih biasa.

Air lemon dapat meningkatkan IQ

Mengonsumsi air putih, baik itu dengan tambahan lemon maupun tidak memang dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi, bukan meningkatkan kecerdasan.

Air lemon dapat melawan kanker

Klaim lain dari air lemon adalah dapat membantu dalam mencegah kanker. Ini didasarkan pada teori bahwa sel kanker tertentu tidak dapat berkembang di dalam lingkungan alkali.

Melansir Medical News Today, American Institute for Cancer Research menyatakan bahwa klain ini tidak benar. Sebab, makanan yang dikonsumsi seseorang tidak memengaruhi keasaman darah atau sel tubuhnya.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai lemon untuk menurunkan berat badan serta mitos lainnya. Konsumsi air lemon memang dapat menyegarkan tubuh. Namun, sebaiknya setelah meminum air lemon jangan lupa untuk membilas mulut dengan air biasa, ya.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Silakan chat kami melalui Aplikasi Good Doctor. Mitra dokter kami siap membantumu dengan akses layanan 24/7. Jangan ragu untuk berkonsultasi, ya!

Reference

Medical News Today (2020). Diakses pada 28 Desember 2020. Benefits of drinking lemon water 

Prevention (2019). Diakses pada 28 Desember 2020. Drinking Lemon Water for Weight Loss? Here’s What You Should Know, According to Dietitians 

Women’s Health (2019). Diakses pada 28 Desember 2020. You Asked: ‘Can Lemon Water Really Help You Lose Weight?’ 

Fukuchi, Yoshiko, Masanori Hiramitsu (2008). Lemon Polyphenols Suppress Diet-induced Obesity by Up-Regulation of mRNA Levels of the Enzymes Involved in beta-Oxidation in Mouse White Adipose Tissue. NIH (diakses pada 28 Desember 2020)

    Berita Terkait
    register-docotr