Kesehatan Seksual

Ketahui Waktu Tepat Melakukan Hubungan Seksual Setelah Melahirkan Caesar

December 30, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Banyak pertanyaan yang muncul tentang berapa lama waktu yang diperlukan untuk Moms dapat melakukan hubungan seksual setelah melahirkan dengan C – Section atau caesar

Meskipun tidak berhubungan langsung dengan vagina, melahirkan dengan operasi caesar memiliki beberapa dampak yang mengharuskan Moms dan pasangan berpikir kembali untuk langsung melakukan hubungan seksual pasca melahirkan.

Berapa lama harus menunggu?

Setelah melakukan operasi caesar, umumnya Moms akan tetap berada di rumah sakit selama 2 – 4 hari untuk perawatan dan memastikan bekas sayatan terjahit dengan baik.

Butuh waktu yang berbeda untuk masa pemulihan pada setiap orang, tergantung dari cara merawat diri secara fisik dan mental pasca operasi.

Tidak ada jangka waktu pasti kapan Moms dapat melakukan hubungan seksual pasca melahirkan caesar. Namun, dilansir dari Medical News Today, rata-rata wanita perlu menunggu sampai 6 minggu untuk dapat kembali melakukan hubungan seksual.

Keputusan tersebut juga harus berdasarkan pantauan dari dokter kandungan. Di samping itu, ada hal lain yang perlu diperhatikan, yakni kesiapan Moms secara fisik maupun mental untuk kembali berhubungan seks.

Berikut adalah kondisi yang perlu Moms pertimbangkan sebelum kembali melakukan hubungan seksual:

Nyeri dan perdarahan pada rahim

Pada kebanyakan kasus, setelah persalinan caesar wanita akan merasakan sakit di area jahitan. Rasa sakit ini bisa menyebar dan diiringi dengan kesemutan hingga mati rasa yang tidak nyaman karena luka akibat operasi.

Selain rasa sakit tersebut, wanita yang melahirkan normalnya akan mengalami perdarahan pada rahim, ini berlaku baik pada persalinan normal ataupun caesar. Meskipun pada saat operasi caesar, rahim umumnya telah dibersihkan sehingga perdarahan yang terjadi tidak terlalu banyak.

Namun pada persalinan caesar, butuh waktu lebih lama untuk proses pemulihan. Selain menunggu sampai rahim kembali ke ukuran dan bentuk normal, rasa sakit akibat luka jahitan pun butuh waktu untuk sembuh sehingga Moms dapat berhubungan seksual dengan nyaman.

Baca juga: Bekas Jahitan Caesar Mengeras, Bagaimana Cara Penanganan yang Tepat?

Vagina kering pasca melahirkan

Kebanyakan Moms akan mendapati kondisi vagina yang kering setelah melahirkan, hal ini normal karena kadar hormon estrogen akan menurun drastis pada saat-saat tersebut sehingga menyebabkan hubungan seks tidak nyaman untuk dilakukan.

Kondisi ini dapat diatasi dengan melakukan pemanasan atau foreplay sebelum melakukan hubungan seksual, tentu saja harus dapat persetujuan dari dokter kandungan sebelumnya mengingat kondisi tubuh yang berbeda sebelum operasi caesar.

Depresi pada ibu pasca melahirkan

Setidaknya 8 dari 10 wanita dalam satu tahun akan mengalami perasaan depresi setelah melahirkan. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang begitu cepat dan memengaruhi kondisi otak sehingga perasaan dan suasana hati menjadi kacau.

Kondisi tersebut biasa disebut sebagai Baby Blues. Depresi ini dapat berupa perasaan gagal sebagai seorang ibu atau ketakutan akan kembali hamil dalam waktu dekat.

Gejala baby blues pun beragam. Mulai dari perasaan sedih yang terus menerus, sulit tidur, hilang nafsu makan, emosional, kurangnya minat pada bayi, hingga keinginan untuk menyakiti diri sendiri atau bayi yang baru lahir.

Ketika merasakan gejala depresi atau baby blues ini, hal yang perlu Moms lakukan adalah bicara dengan pasangan atau orang terdekat tentang kekhawatiran yang dirasakan. Konsultasi dengan dokter pun perlu dilakukan agar dapat ditangani secara profesional. 

Tips melakukan hubungan seksual pasca melahirkan caesar

Setelah melahirkan, kondisi Moms tidak akan sama seperti sebelum melahirkan. Terlebih ada jeda waktu yang cukup lama untuk kembali berhubungan seksual dengan pasangan. Hal ini mungkin akan membuat hubungan menjadi terasa canggung.

Untuk mengatasinya, berikut tips yang dapat dilakukan Moms dan pasangan ketika memutuskan akan melakukan hubungan seksual setelah melahirkan caesar:

  • Menjaga kedekatan diri dengan pasangan agar keintiman di luar berhubungan seks tetap terjaga dan suasana hati selalu dalam keadaan baik. Lakukan hal romantis dan sentuhan-sentuhan kecil setiap saat. Memberi dan menerima pijatan dalam konteks non seksual juga dapat membantu Moms agar tetap rileks pasca melahirkan.
  • Moms mungkin akan merasa tidak lagi seprima pada waktu belum melahirkan, tapi Moms perlu meningkatkan rasa kepercayaan diri dengan keadaan tubuh yang baru. Hal ini juga perlu dikomunikasikan dengan pasangan. 
  • Pilih posisi seks yang nyaman dan hindari sentuhan atau gesekkan yang menyebabkan rasa sakit pada luka bekas jahitan jika belum benar-benar pulih. 
  • Gunakan pelumas apabila vagina dirasa terlalu kering bahkan setelah melakukan pemanasan sebelum berhubungan seksual.
  • Gunakan kontrasepsi untuk menghindari kehamilan terlalu cepat yang umumnya menjadi penyebab Moms mengalami baby blues.

Butuh waktu yang tidak sebentar untuk kembali berhubungan seks setelah melahirkan. Pasalnya kondisi tubuh akan mengalami beberapa perubahan. Mulai dari kondisi vagina, pemulihan luka dan jahitan, hingga kondisi mental.

Apapun perubahan yang dialami selama proses pemulihan setelah melahirkan dengan operasi caesar harus diperhatikan. Terutama bila ada perubahan ke arah yang lebih buruk. Misalnya rasa sakit yang parah.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr