Kesehatan Mental

Kapan Seseorang Membutuhkan Konsultasi Psikologi? Yuk Simak Penjelasan Berikut

January 3, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Konsultasi psikologi sangat dibutuhkan ketika seseorang mengalami periode stres, kesedihan, serta konflik dengan diri sendiri. Namun, terkadang banyak faktor yang menyebabkan rasa tidak ingin membicarakan masalah tersebut dengan ahli psikolog.

Padahal jika dibiarkan masalah bisa bertambah parah dan psikologis akan semakin buruk. Nah, untuk mengetahui kapan seseorang membutuhkan konsultasi psikologi, yuk simak penjelasan berikut. 

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Liburan Natal dan Tahun Baru

Kapan seseorang membutuhkan konsultasi psikologi?

Dilansir dari Psychology Today, kebanyakan orang bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari terapi psikologis.

Terapi biasanya tidak diperlukan untuk setiap masalah dalam hidup jika memiliki sistem dukungan yang kuat dari teman atau keluarga.

Seseorang mungkin membutuhkan konsultasi psikologi ketika mengalami beberapa masa sulit dalam hidup. Kondisi yang bisa memicu seseorang mengalami gangguan psikologis, antara lain sebagai berikut:

Kematian 

Kematian merupakan bagian hidup yang tidak bisa dihindari dan terkadang membuat masalah kesehatan terkait dengan psikologis. Setiap orang pasti akan mengalami fase ketika kehilangan orang tercinta atau bahkan hewan peliharaan.

Beberapa bisa menghadapinya dengan mudah, namun ada juga yang merasa kehilangan secara berlarut-larut sehingga mengakibatkan masalah psikologis. Karena itu, konsultasi psikologi dapat membantu menemukan cara tepat untuk menghadapi masalah kesehatan.

Stres dan kecemasan

Beberapa aspek kehidupan bisa membuat stres dan kecemasan. Jika dibiarkan tanpa penanganan, masalah dapat semakin parah, menyebabkan isolasi sosial, depresi, dan beberapa kondisi kesehatan lainnya. 

Masalah kesehatan yang disebabkan oleh stres dan kecemasan harus segera ditangani oleh ahlinya.

Untuk itu, memeriksakan diri ke psikolog merupakan salah satu cara paling tepat untuk mengelola stres dan kecemasan karena dokter ahli akan membantu menemukan sumber atau penyebab masalah.

Gangguan mental

Memiliki gangguan mental terkadang akan memunculkan beberapa gejala sehingga penanganan bisa dilakukan sejak dini. Gangguan mental dapat memanifestasikan dirinya dalam berbagai cara berbeda.

Beberapa gangguan jiwa muncul dengan gejala yang bervariasi, antara lain gangguan bipolar, gangguan depresi mayor, skizofrenia, dan gangguan stres pascatrauma. Untuk menghindari masalah kesehatan serius, maka konsultasi psikologi bersama ahlinya sangat diperlukan.

Kecanduan yang tidak sehat

Beberapa kebiasaan tidak sehat, seperti merokok, minum minuman keras, dan menggunakan narkoba bisa memengaruhi kesehatan fisik serta mental. Biasanya, kebiasaan ini dilakukan karena mencoba untuk menghindari masalah.

Untuk mengatasi kecanduan atau kebiasaan tidak sehat, perlu diawali dengan konsultasi psikologi. Selain itu, psikolog juga bisa membantu kamu menghadapi masalah seperti gangguan makan, manajemen stres, dan masalah tidur.

Apa tanda seseorang memerlukan konsultasi psikologi?

Konsultasi psikologi bisa dilakukan jika seseorang memiliki beberapa tanda atau gejala. Gejala yang menandakan seseorang membutuhkan konsultasi terhadap kesehatan psikologisnya, yakni sebagai berikut:

Merasa bukan menjadi diri sendiri

Kesedihan, kemarahan, atau keputusasaan yang tidak terkendali bisa menjadi tanda dari kesehatan mental. Beberapa orang akan merasa bukan menjadi dirinya sendiri sehingga perlu konsultasi lebih lanjut dengan dokter ahli.

Berbicara dengan seseorang sebelum masalah serius berkembang bisa memengaruhi kualitas hidup. Jika perasaan meningkat hingga mempertanyakan apakah hidup layak untuk dijalani dan memiliki pikiran bunuh diri, segera minta bantuan medis.

Memiliki trauma

Jika kamu memiliki riwayat pelecehan, penelantaran, atau trauma lainnya yang belum ditangani dengan penuh maka bisa memicu masalah kesehatan mental serta psikologis. Semakin awal kamu membicarakannya dengan dokter ahli, maka semakin cepat masalah kesehatan dapat teratasi.

Tidak bisa melakukan hal yang disuka

Banyak orang menemukan bahwa emosi dan pengalaman menyakitkan membuatnya menjadi sulit untuk melakukan hal yang disukai. Hal ini merupakan tanda bahaya bahwa ada sesuatu yang salah dalam hidup.

Baca juga: Penyebab Telinga Berair: Mulai dari Cedera Kepala hingga Infeksi

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline (2020), diakses 21 Desember 2020. When to Consult a Psychologist
  2. Huffpost.com (2017), diakses 21 Desember 2020. 8 Signs You Should See A Therapist
  3. Psychology Today (2013), diakses 21 Desember 2020. 5 Signs It’s Time to Seek Therapy
    register-docotr