Kesehatan Mental

Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Liburan Natal dan Tahun Baru

December 18, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Setelah menjalani kehidupan baru akibat dampak dari COVID-19, musim liburan mungkin saja mendatangkan masalah baru termasuk stres dan depresi. Kekhawatiran ini seringkali dialami oleh beberapa orang, terutama jika memiliki riwayat penyakit tertentu.

Salah satu faktor yang bisa menjadi penyebab stres, sedih, atau cemas adalah karena gagalnya rencana liburan akibat pandemi. Nah, untuk mengetahui cara menjaga kesehatan mental selama liburan natal dan tahun baru, yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: Benarkah Pakai Mouthwash Bisa Cegah COVID-19? Berikut Fakta Medisnya!

Apa saja tips menjaga kesehatan mental selama liburan?

Dilansir dari Medical News Today, stres atau depresi merupakan perasaan alami karena tidak mampu mengatasi suatu hal. Namun, stres juga bisa menjadi kondisi kronis jika seseorang tidak mengambil langkah untuk mengelolanya.

Ketika stres atau depresi mencapai puncaknya, maka akan sulit untuk berhenti dan normal seperti awal. Karena itu, beberapa cara mencegah stres dan depresi sejak awal perlu diketahui yakni sebagai berikut:

Ketahui perasaan diri sendiri

Jika seseorang terdekat baru saja meninggal atau tidak bisa bersama orang yang dicintai selama liburan natal dan tahun baru maka sadarilah bahwa merasakan sedih merupakan hal wajar.

Tidak masalah bagi kamu meluangkan waktu untuk menangis atau mengungkapkan perasaan dan tidak bisa memaksakan diri bersenang-senang selama liburan.

Cari dukungan

Ketika kamu merasa kesepian, carilah dukungan dengan bergabung bersama suatu komunitas, acara keagamaan, atau acara sosial lainnya. Selama pandemi, banyak cara untuk bergabung dengan komunitas yakni melalui media sosial serta berpartisipasi dalam acara-acara virtual.

Rasa stres dan depresi juga dapat berkurang dengan mencari dukungan dari orang terdekat. Mungkin ada gunanya berbicara dengan teman atau anggota keluarga tentang kekhawatiran yang sedang dirasakan melalui panggilan telepon atau obrolan video.

Jadilah realistik

Liburan tidak harus sempurna seperti tahun sebelumnya, terutama di saat pandemi seperti ini. Saat keluarga tumbuh, maka tradisi dan ritual bisa berubah sehingga mencari cara baru untuk merayakannya perlu dilakukan.

Meskipun rencana liburan mungkin berbeda, kamu tetap bisa melakukan dengan cara lain seperti berbagi foto, pesan, atau video. Cara ini juga diketahui dapat membantu dalam mengurangi faktor penyebab stres dan depresi.

Jangan tinggalkan kebiasaan sehat

Terlalu memanjakan diri hanya menambah stres dan rasa bersalah terhadap diri sendiri. Karena itu, cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah stres selama liburan natal dan tahun baru adalah tidak meninggalkan kebiasaan sehat.

Beberapa saran yang bisa kamu ikuti, yakni miliki camilan sehat sebelum liburan, perbanyak tidur, sertakan selalu aktivitas fisik secara teratur, dan ubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Luangkan juga waktu untuk membaca berita atau melihat sosial media agar pikiran tidak terbebani yang biasanya memicu stres.

Habiskan waktu sendiri

Memanfaatkan waktu sendiri selama 15 menit mungkin dapat membantu menyegarkan tubuh dan pikiran. Temukan sesuatu untuk mengurangi stres dengan menjernihkan pikiran, memperlambat pernapasan melalui meditasi, dan memulihkan ketenangan batin.

Tips menghabiskan waktu sendiri seperti berjalan di malam hari sambil mengamati bintang, mendengarkan musik atau membaca buku dapat membantu kamu mengelola stres dan depresi dengan cepat dan mudah.

Cari bantuan profesional

Terlepas dari yang dilakukan sendiri, ada baiknya untuk mencari pertolongan dari profesional agar segera mendapatkan kesembuhan.

Hal ini dikarenakan, kamu mungkin akan merasa sedih atau cemas, diganggu oleh keluhan fisik, tidak dapat tidur, mudah tersinggung, putus asa, dan tidak mampu menghadapi pekerjaan.

Jika perasaan ini bertahan untuk waktu cukup lama dan mengganggu, segera bicarakan dengan dokter atau ahli kesehatan mental. Biasanya, dokter akan membantu menemukan cara tepat untuk mengatasi masalah stres dengan mencari tahu penyebab utamanya.

Baca juga: Penyebab Telinga Berair: Mulai dari Cedera Kepala hingga Infeksi

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Medical News Today (2020), diakses 17 Desember 2020. Why stress happens and how to manage it
  2. Cosmopolitan.com (2020), diakses 17 Desember 2020. How to Take Care of Your Mental Health When You’re Missing Everything *Normal* This Holiday Season
  3. Webmd (2020), diakses 17 Desember 2020. Stress, depression and the holidays: Tips for coping
    Berita Terkait
    register-docotr