Diet dan Nutrisi

Manfaat Buah Kelengkeng: Jaga Kesehatan Jantung hingga Cerahkan Kulit

January 3, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini: kelengkeng. Buah ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Ternyata manfaat buah kelengkeng sangat berlimpah lho, mau tahu apa saja? Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Baca juga: Sparkling Water Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Tapi Perhatikan Juga Efek Sampingnya

Sebelum mengetahui manfaat buah kelengkeng, ketahui dulu kandungan nutrisinya

Kelengkeng memiliki nama latin Dimocarpus longan Lour. Buah ini memiliki kemiripan bentuk seperti leci, yakni bulat serta berukuran kecil.

Selain sangat populer di Asia, buah tropis ini banyak ditanam secara luas di Vietnam, Thailand, Tiongkok, ataupun Indonesia. Tak hanya nikmat untuk dikonsumsi saja, buah kelengkeng juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh lho!

Melansir dari Webmd, satu porsi buah kelengkeng segar mengandung:

  • Kalori: 38
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 10 gram
  • Serat: 0 gram
  • Gula: 0 gram

Tak ketinggalan, buah kelengkeng juga mengandung vitamin C,  kalium, serta vitamin B2 (riboflavin).

Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan

Untuk memndapatkan manfaat buah kelengkeng, kamu dapat mengonsumsi buahnya secara langsung, mengolahnya sebagai smoothie atau puding, serta menambahkannya pada salad maupun hidangan lainnya.

Nah, berikut ini adalah berbagai manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan yang wajib kamu tahu.

1. Sumber vitamin C yang baik

Jeruk terkenal akan sumber vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak kalah dari jeruk, buah kelengkeng juga mengandung vitamin C lho. Bahkan, satu ons buah kelengkeng segar menyediakan hampir 40 persen dari nilai harian vitamin  C yang direkomendasikan.

Perlu kamu tahu bahwa vitamin C sangat penting bagi kesehatan tulang, pembuluh darah, serta kesehatan kulit.

2. Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan jantung

Karena vitamin C merupakan antioksidan, buah kelengkeng memiliki kontribusi terhadap kesehatan jantung. Antioksidan sendiri dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel serta suatu penyakit.

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah kelengkeng dapat mengurangi pengerasan arteri, yang merupakan ciri dari penyakit kardiovaskular. Mendapatkan manfaat vitamin C dari sumber nabati merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung.

Di sisi lain, penelitian juga menunjukkan bahwa mendapatkan antioksidan dari buah dan sayuran segar, bukan suplemen memiliki manfaat kesehatan paling besar.

3. Menjaga kesehatan jaringan tubuh

Manfaat buah kelengkeng yang satu ini juga tidak lepas dari kandungan vitamin C yang dimilikinya. Vitamin C memiliki peranan yang penting untuk kesehatan jaringan serta proses penyembuhan luka. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Baca juga: Manfaat Buah Lontar, sebagai Pemanis bagi Penderita Diabetes hingga Cegah Dehidrasi!

4. Mengontrol tekanan darah

Buah kelengkeng mengandung sejumlah kalium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Banyak ahli gizi yang menganggap kalium sebagai nutrisi yang jarang diperoleh.

Karena tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko dari stroke, mereka yang mencukupi asupan kalium memiliki risiko stroke yang lebih rendah.

5. Memiliki efek antikanker

Kelengkeng memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Polifenol berperan sebagai antioksidan, yang dapat membantu melawan radikal bebas penyebab stres. Baik buah, bunga, serta biji dari kelengkeng merupakan antioksidan yang kuat.

Mengonsumsi buah atau ekstrak biji buah kelengkeng dapat menghambat sel kanker payudara, kolorektal, hati, paru-paru, atau bahkan leher rahim.

6. Membantu menangani anemia dan kekurangan zat besi

Melansir dari laman Style Craze, ekstrak buah kelengkeng telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk menyembuhkan anemia, trombositopenia, maupun gangguan terkait darah lainnya yang sulit ditangani.

Perlu diketahui, buah kelengkeng yang dikeringkan per onsnya mengandung sekitar 1,5 mg zat besi. Ini dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besimu.

Mengonsumsi buah kelengkeng, baik itu yang diolah dalam puding maupun salad dapat meningkatkan jumlah trombosit serta konsentrasi hemoglobin, terutama bagi wanita yang tengah mengalami menstruasi atau wanita hamil.

7.  Membantu mengobati insomnia

Jika kamu tengah mengalami kesulitan untuk tidur, tak ada salahnya lho mengonsumsi buah kelengkeng. Sebab, manfaat buah kelengkeng lainnya adalah dapat membantu mengurangi stres dan mengatasi insomnia.

Baik daun maupun daging buah kelengkeng memiliki kandungan senyawa bioaktif yang dapat menekan kadar neurotransmitter penyebab kecemasan, stres, atau bahkan insomnia.

Sebuah penelitian pada 2014 mengklaim bahwa buah kelengkeng yang dikombinasikan dengan tanaman hipnotik lainnya, dapat meningkatkan kecepatan ataupun durasi untuk tidur.

8.  Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan kulit

Senyawa fenolik seperti corilagin, asam galat, serta ellagic acid dalam buah kelengkeng kering memiliki efek untuk menangani radikal bebas dengan sangat baik. Buah kelengkeng juga memiliki aktivitas antitirosinase, sehingga dapat membantu mencegah timbulnya kanker.

Mengonsumsi buah kelengkeng juga bisa membuat kulit menjadi bersih dan cerah, serta dapat mengurangi risiko kanker kulit. Hal ini tidak lepas dari kandungan antioksidan kuat dalam buah kelengkeng.

Nah, itulah berbagai manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan, banyak sekali bukan? Bagaimana, tertarik untuk menjadikan kelengkeng sebagai buah favoritmu?

Punya pertanyaan seputar diet dan nutrisi? Silakan chat kami melalui Aplikasi Good Doctor. Mitra dokter kami siap membantumu dengan akses layanan 24/7. Jangan ragu untuk berkonsultasi, ya!

Reference

Healthline (2017). Diakses pada 20 Desember 2020. Longan Fruit vs. Lychee: Health Benefits, Nutrition Information, and Uses 

NIH (2013). Diakses pada 20 Desember 2020. Antioxidants: In Depth 

Style Craze (2019). Diakses pada 20 Desember 2020. Longan Fruit: Health Benefits,Nutrition Profile & Side Effects 

Webmd (2020). Diakses pada 20 Desember 2020. Health Benefits of Longan 

Shi, Yuan, Jing-Wen Dong (2014). Herbal Insomnia Medications that Target GABAergic Systems: A Review of the Psychopharmacological Evidence. NCBI (diakses pada 20 Desember 2020)

    Berita Terkait
    register-docotr