Diet dan Nutrisi

Manfaat Buah Lontar: Pemanis bagi Penderita Diabetes hingga Cegah Dehidrasi!

April 1, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Manfaat buah lontar bagi kesehatan tubuh cukup banyak karena kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Perlu diketahui, tak hanya buahnya yang bisa dikonsumsi namun hampir setiap bagian dari pohonnya bermanfaat bagi manusia.

Sudah sejak dahulu, bagian dari pohon lontar yakni daunnya dimanfaatkan sebagai pengganti kertas. Nah, untuk mengetahui manfaat buah lontar lainnya yuk simak penjelasan lebih lengkap berikut.

Baca juga: Gigi Berlubang Saat Hamil Bisa Memicu Keguguran? Ini Faktanya!

Apa saja manfaat buah lontar?

Dilansir NCBI, lontar yang memiliki nama latin Palmyra palm disebut sebagai ‘pohon kehidupan’ karena memiliki berbagai kegunaan. Manfaat yang bisa didapatkan dari pohon lontar antara lain untuk makanan, minuman, hingga obat. 

Buah palmyra berasal dari pohon bertangkai tunggal yang tinggi dan dapat tumbuh sekitar 20 hingga 30 meter. Batangnya kuat, silindris, berwarna hitam, dan memiliki kelilingi sekitar 1,5 sampai 2,5 meter pada bagian pangkal dan kurang lebih 1 meter pada bagian tengah. 

Biasanya, satu pohon akan menghasilkan antara 50 hingga 300 buah. Ukuran buahnya berdiameter sekitar 4 hingga 8 inci, berwarna hitam atau putih kehijauan saat masak. Bagian atas buah harus dipotong untuk memperlihatkan soket biji jeli manis.

Kandungan dalam buah lontar kaya akan mineral dan vitamin sehingga menjadi pilihan tepat untuk seseorang yang diet atau menderita diabetes.

Selain itu, buah ini juga menjadi sumber vitamin B dan C, zat besi, zinc, kalium, kalsium, fosfor, tiamin, dan riboflavin. Beberapa manfaat buah lontar yang bisa diperoleh, antara lain:

Pemanis alami bagi penderita diabetes

Lontar merupakan tumbuhan obat yang memiliki peran sangat penting bagi kesehatan manusia. Secara tradisional, berbagai bagian tanaman, seperti akar, daun, buah, dan bijinya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan.

Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa tanaman ini memiliki efek analgesik dan antipiretik, aktivitas antiinflamasi, hematologi, dan parameter biokimia.

Daging buah tanaman lontar telah digunakan dalam masakan tradisional dan getahnya dimanfaatkan sebagai pemanis bagi penderita diabetes. Penggunaan untuk diabetes ini sudah menarik beberapa peneliti untuk membuktikannya secara ilmiah. 

Meringankan masalah pencernaan

Manfaat buah lontar salah satunya adalah sebagai obat alami untuk beberapa penyakit perut dan masalah pencernaan.

Hal ini dikarenakan buah lontar dapat membantu dalam meredakan sembelit dan meningkatkan pergerakan usus yang normal. Tak hanya itu, buah lontar juga dapat membantu mencegah keasaman dan sakit maag. 

Meringankan masalah yang berhubungan dengan kulit

Buah lontar telah menjadi obat yang sangat baik untuk beberapa masalah kulit umum, seperti ruam panas dan biang keringat. Daging buah dapat diterapkan pada area yang memiliki masalah karena memberikan efek menenangkan dan kelegaan.

Sifat antiinflamasi dalam buah lontar dapat mengobati kemerahan pada kulit karena panas yang menyengat. Tapal yang terbuat dari buah lontar terbukti efektif dalam mengobati dermatitis dan biasanya aman digunakan juga pada bayi.

Baik untuk ibu hamil dan menyusui

Mual dan muntah merupakan gejala kehamilan yang umum, terutama pada trimester pertama. Mengonsumsi buah lontar pun dapat meredakan gejala-gejala tersebut, karena bertindak sebagai suplemen dan pengatur energi secara alami.

Manfaat buah lontar lainnya yakni bisa meningkatkan kualitas ASI pada ibu menyusui. Kandungan dalam buah ini dapat menambah nilai gizi yang diterima bayi dari ASI.

Mencegah dehidrasi

Dehidrasi dapat terjadi jika tubuh kurang mendapatkan asupan air putih. Karena itu, biasanya salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memperbanyak konsumsi air mineral yakni sekitar 2 liter dalam sehari.

Selain dengan air putih, manfaat buah lontar jika dikonsumsi secara rutin juga bisa membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa buah palmyra atau lontar memiliki kandungan air yang banyak, sehingga dapat membantu mencegah dehidrasi. 

Mengurangi berat badan

Buah lontar memiliki kalori yang rendah sehingga bermanfaat jika ingin mencoba menurunkan berat badan. Buah ini kaya dengan kandungan air, sehingga dapat membantu membuat perut merasa kenyang dalam waktu yang lama.

Rasa lapar bisa ditunda dengan mengonsumsi buah dari tanaman lontar. Karena itu, pada gilirannya dapat membantu mencegah keinginan seringnya ngemil sehingga berat badan yang sehat bisa diperoleh.

Manfaat daun lontar dan bagian-bagian lainnya

Bukan cuma buahnya tapi ada juga manfaat daun lontar yang potensial mendukung kesehatan tubuh. Tak hanya manfaat daun lontar, tetapi bagian lain dari tanaman lontar juga sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional.

Beberapa di antaranya sudah dikembangkan melalui penelitian. Berikut beberapa manfaat tersebut. 

Manfaat daun lontar sebagai antioksidan

Ekstrak metanol daun lontar dapat menangkal radikal bebas. Kemampuan ini bergantung pada dosis yang digunakan. Manfaat ini sudah dituliskan dalam sebuah penelitian tentang penggunaan tumbuhan lontar untuk kesehatan. 

Kemampuan antioksidan ini juga dikaitkan dengan adanya antioksidan alami seperti senyawa fenolik. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut lagi untuk menunjang klaim tersebut. 

Potensial sebagai antiinflamasi

Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan adanya aktivitas antiinflamasi dari bunga tanaman lontar. Penelitian itu menggunakan ekstrak etanol dari bunga lontar yang digabungkan dengan natrium diklofenak. 

Potensial sebagai antibakteri

Jika bunganya memiliki aktivitas antiinflamasi, kini bagian kulit biji lontar yang memiliki aktivitas antibakteri.

Adanya ekstrak metanol dari kulit biji lontar berpotensi melawan bakteri Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis dan bakteri G ram-negatif, yaitu Klebsiella pneumonia dan Serratia marcescens.

Ekstrak metanol kulit biji secara konsisten menunjukkan aktivitas penghambatan yang signifikan pada berbagai spesies bakteri yang diuji.

Potensi sebagai analgesik

Uji coba pada hewan menunjukkan aktivitas analgesik dari ekstrak etanol dari bunga borassus flabellifer. Ditemukan adanya penghambatan nyeri tergantung dosis yang signifikan dari dua fase respons nyeri dari uji coba tersebut. 

Manfaat buah lontar yang berkaitan dengan kesehatan lainnya

Penggunaan ini hanya sebagai pengobatan tradisional, dan sebagian besarnya belum didukung oleh penelitian ilmiah.

Meredakan migrain

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika penggunaan tumbuhan lontar sebagai obat-obatan tradisional telah diyakini sejak lama. Salah satunya adalah penggunaan buahnya untuk meredakan migrain. Namun belum ada penelitian yang secara khusus membahas manfaat tersebut. 

Mengatasi penyakit pernapasan

Penggunaan tradisional lainnya dari tumbuhan lontar adalah mengatasi penyakit pernapasan tertentu.

Pengobatan tradisional meyakini jika akar lontar yang direbus dan diminum dapat mengatasi penyakit pernapasan. Selain itu dapat menyembuhkan masalah yang berhubungan dengan hidung. 

Mengatasi radang gusi dan seriawan

Dalam pengobatan ayurveda, berbagai bagian dari tanaman lontar dapat digunakan sebagai obat. Salah satunya kulit pohon lontar.

Kulit pohon lontar direbus dan ditambah sejumput garam dipercaya dapat mengobati radang gusi dan seriawan. Namun manfaat ini belum didukung oleh penelitian. 

Sumber vitamin B kompleks

Getah segar dari pohon lontar disebut sebagai sumber vitamin B kompleks yang baik. Karena itu getahnya banyak diolah, yang kemudian dikenal sebagai getah manis.

Beberapa manfaat lain yang dipercaya untuk pengobatan tradisional, yaitu:

  • Getah manis yang dijadikan gula dapat melawan keracunan
  • Manisan buah lontar digunakan sebagai obat batuk
  • Buah lontar yang digiling dan dijadikan masker dapat meredakan biang keringat 
  • Getah dari tangkai dapat digunakan sebagai pencahar
  • Abu pembakaran bunga digunakan untuk meredakan mulas dan pembesaran limpa
  • Arang dari kulit kayu berfungsi sebagai pasta gigi
  • Tangkai, kubis dan bunga jantan kering memiliki aktivitas diuretik
  • Akar yang ditumbuk dipercaya mengobati diare
  • Buah untuk mengatasi dermatitis
  • Batang dan akar muda dapat mengatasi masalah dengan lambung
  • Getah manis yang telah difermentasi dapat mengempiskan bisul
  • Tumbuhan muda dapat membantu masalah empedu, disentri, dan kencing nanah
  • Buah dapat dihaluskan dan digunakan untuk mencegah kulit kemerahan akibat terpapar sinar matahari
  • Buah yang dihaluskan mencegah bisul
  • Kandungan antioksidan dipercaya mampu memperlambat proses penuaan
  • Kandungan antioksidannya juga diyakini bisa menurunkan risiko berbagai masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung dan kanker

Mengonsumsi buah lontar dipercaya dapat mendinginkan tubuh, menjaga tubuh tetap sejuk selama musim panas. Ini juga diyakini dapat membantu mencegah masalah yang timbul selama musim panas, seperti biang keringat, dehidrasi, kulit kering dan rambut rontok.

Kandungan obat pada tumbuhan lontar

Meski belum banyak penelitian yang mendukung klaim penggunaan tumbuhan lontar sebagai obat, tetapi beberapa informasi menunjukkan kandungan-kandungan tertentu yang membuat tumbuhan ini berkhasiat sebagai obat. 

Misalnya saja manfaat daun lontar, kulit kayu dan akarnya yang baik untuk kesehatan, itu karena adanya beberapa zat seperti fitokimia, polifenol, vitamin, mineral, protein dan kandungan lainnya. 

Atau pada bagian bunga dengan etanolnya yang bersifat antiinflamasi. Serta akarnya yang menunjukkan adanya kandungan protein, karbohidrat, serat kasar dan sedikit lemak. 

Penggunaan lain tanaman lontar

Selain untuk kesehatan, ada banyak produk yang bisa dibuat, salah satu yang terkenal adalah gula dari getah manis. Di Sri Lanka gula ini disebut Jaggery. Jaggery memiliki nilai gizi yang baik. 

Dalam 100 gram Jaggery mengandung:

  • 1,04 persen protein
  • 0,19 persen lemak
  • 1,66 persen glukosa
  • 3,15 persen total mineral
  • 0,861 persen kalsium
  • 0,052 fosfor
  • 11,01 miligram zat besi
  • 0,767 miligram tembaga

Selain menjadi gula, getah manis juga bisa difermentasi dan dijadikan minuman beralkohol. Sementara beberapa bagian seperti buah, pucuk tunasnya bisa dikonsumsi.

Biasanya dijadikan masakan rumahan. Batang lembut dapat dijadikan sumber makanan, jika kesulitan mendapat bahan pangan.

Karena banyaknya penggunaan lontar untuk kesehatan ataupun konsumsi sehari-hari, penelitian tentang buah lontar juga semakin banyak. Mulai dari meneliti pucuk Borassus flabellifer, akar, bijinya hingga mencari tahu racun yang mungkin terdapat dalam tumbuhan ini. 

Karena masih terbatasnya penelitian, jika kamu ingin mengonsumsi buah lontar atau bagian lain dari tumbuhan ini dengan tujuan pengobatan, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu kepada dokter.

Ini dilakukan untuk mencegah efek yang tidak diinginkan, mengingat penggunaan tumbuhan lontar, sebagian besar hanya dilakukan sebagai pengobatan tradisional. 

Baca juga: Pilihan Terapi untuk Mengatasi Saraf Kejepit, Apa Saja?

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jangan ragu untuk konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. NCBI (2011), diakses 2 Desember 2020. Value addition of Palmyra palm and studies on the storage life
  2. National Library of Medicine (2016), diakses 2 Desember 2020. Palmyra palm (Borassus aethiopum Mart.) fruits: novel raw materials for the pectin industry
  3. International Journal of Current Pharmaceutical Research (2016), diakses 2 Desember 2020. A REVIEW ON PALMYRA PALM (BORASSUS FLABELLIFER)
  4. Firstcry.com (2018), diakses 2 Desember 2020. Ice Apple During Pregnancy – Benefits & How to Include It in Your Diet
  5. Healthbenefitstimes.com, diakses 2 Desember 2020. Health benefits of Palmyra Fruit
    register-docotr