Kesehatan Mental

Begini Lho Cara Hilangkan Sindrom “I Hate Monday”

June 7, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Beberapa orang akan merasa gugup saat hari liburan berakhir. Hal ini dikarenakan, hari esok harus kembali bekerja atau melakukan aktivitas harian yang terkadang membuat pikiran terbebani.

Kondisi ini sangat umum terjadi namun terkadang membutuhkan penanganan sebelum memengaruhi pikiran lebih jauh. Nah, untuk mengetahui cara menghilangkan sindrom “I Hate Monday” yuk simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Bahaya Oversharing Kehidupan Pribadi Secara Online bagi Kesehatan Mental

Penyebab sindrom “I Hate Monday”

Dilansir dari Healthline, sindrom “I Hate Monday” atau Sunday Scaries adalah suatu bentuk kecemasan antisipatif atau ketakutan akan hari Minggu. Kondisi ini melibatkan kegugupan dan ketakutan tentang sesuatu yang belum terjadi.

Saat menit berlalu pada hari Minggu sore, maka kamu mungkin akan mengalami beberapa gejala kecemasan seperti masalah perut, kegelisahan, sifat lekas marah, dan perasaan tidak nyaman. Perlu diketahui, sindrom ini memiliki penyebab yang lebih kompleks.

Banyak orang dengan sindrom ini merasa bahwa hari-hari biasa akan semakin sibuk. Beberapa penyebab yang mungkin terlibat dari munculnya sindrom ini adalah rutinitas seperti bekerja atau sekolah, menjalankan tugas harian, hingga bersosialisasi

Bagaimana cara menghilangkan sindrom “I Hate Monday”?

Sindrom “I Hate Monday” atau Sunday Scaries bisa dihilangkan dengan menerapkan beberapa tips mudah. Cara tepat yang bisa kamu ikuti untuk menghilangkan sindrom ini, antara lain sebagai berikut:

Jadikan hari Minggu lebih seru

Meski terkadang hari Minggu akan membuat kamu takut, namun sindrom “I Hate Monday” bisa dihilangkan dengan melakukan hal-hal seru. Minggu malam yang menyenangkan dapat membantu kamu dalam meringankan gejala sindrom.

Pikiran untuk melakukan rutinitas keesokan harinya bisa dialihkan dengan menjadikan hari minggu lebih seru. Beberapa tips untuk membuat hari Minggu menjadi lebih tenang dan seru, yakni:

  • Jadikan hari menjadi eksklusif. Dedikasikan hari Minggu untuk kegiatan santai saja, seperti menghadiri kelas yoga, melakukan hobi, atau bepergian dengan kerabat.
  • Memperlakukan diri sendiri dengan baik. Rencanakan kegiatan khusus untuk diri sendiri di hari Minggu, seperti makan di restoran favorit atau berendam santai di bak mandi.
  • Abaikan sosial media. Mengabaikan teks atau pesan dari sosial media bisa membantu mendapatkan hari Minggu yang tenang dan lebih santai.

Dapatkan tidur yang cukup

Tidur sangat dibutuhkan oleh tubuh dan sangat bagus untuk kesehatan mental serta fisik. Banyak orang yang akan melewatkan waktu tidur selama minggu kerja dan mencoba mengejar ketinggalan di akhir pekan atau dikenal dengan istilah hutang tidur.

Mengejar waktu tidur selama akhir pekan mungkin akan membantu mengurangi kelelahan namun tetap kurang dan tidak efektif. Studi menemukan bahwa individu yang kurang tidur menunjukkan perbedaan dalam beberapa hal, seperti:

  • Asupan kalori cenderung berlebih setelah makan malam.
  • Terjadinya peningkatan berat badan,
  • Perubahan merugikan dalam cara tubuh menggunakan insulin.

Kurang tidur juga telah terbukti menyebabkan peningkatan depresi, kecemasan, dan perubahan suasana hati. Karena itu, pastikan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup di akhir pekan dan sertai dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat seperti rutin berolahraga.

Pertimbangkan untuk mengatur ulang jadwal

Alih-alih bersantai, kamu bisa mengatur ulang jadwal untuk membuat hari Senin menjadi tidak terlalu stres. Selain itu, mengatur ulang jadwal dengan baik juga bisa membantu kamu menjadi lebih percaya diri dan produktif. 

Daftar tugas yang lebih ringan akan membantu kamu kembali ke alur kerja dengan lebih mudah. Namun, kamu perlu menghindari penetapan tenggat waktu yang besar atau pertemuan yang menimbulkan kecemasan untuk hari Senin bila memungkinkan.

Bicaralah dengan terapis

Terkadang, Sunday Scaries bisa menjadi satu pertanda sesuatu lebih dalam yang perlu ditangani dengan dokter ahli atau seorang terapis. Terapis biasanya dapat membantu mengidentifikasi pemicu dasar yang berkontribusi terhadap stres dan kecemasan.

Mungkin kamu berpikir bahwa kecemasan atau depresi yang terjadi berhubungan dengan Sunday Scaries, namun padahal sebenarnya akibat gangguan kesehatan mental. Karena itu jika mengalami gejala kecemasan berlebih, maka pertimbangkan untuk segera mencari bantuan profesional.

Baca juga: Viral Publik Figur Dighosting Mantan, Ini Tips Mudah agar Tidak Trauma!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

register-docotr