Info Sehat

Cara Membuat Deodoran Alami, Mudah dan Praktis!

June 7, 2021 | Muhammad Hanif S.
feature image

Deodoran bisa menjadi penyelamat untuk mencegah keluarnya keringat dan bau tak sedap dari ketiak. Namun, belakangan ini, deodoran dari bahan alami mulai diminati sebagian orang karena dinilai lebih aman. Cara membuat deodoran alami juga tak terlalu sulit.

Lantas, bagaimana cara membuat deodoran alami yang mudah dan praktis? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Ketiak berkeringat, apa penyebabnya?

Dibandingkan bagian tubuh lain, area lipatan seperti ketiak biasanya menghasilkan keringat yang lebih banyak. Keringat adalah salah satu kontrol alami tubuh saat temperatur badan mulai naik. Dengan melepaskan banyak keringat, suhu tubuh bisa tetap stabil.

Selain faktor suhu, keringat juga bisa keluar karena aktivitas yang berat, baik itu rutinitas kerja atau olahraga. Setidaknya ada dua kelenjar utama yang ikut andil dalam menghasilkan keringat, yaitu:

  • Kelenjar ektrin: Menghasilkan sebagian besar keringat yang mengandung sedikit garam, protein, urea, dan amonia. Meski ada di seluruh tubuh, kelenjar ini ditemukan lebih banyak di ketiak, dahi, dan telapak tangan.
  • Kelenjar apoktrin besar: Sebagian besar kelenjar ini ada di ketiak, selangkangan, dan sekitar payudara. Bau keringat yang dihasilkan lebih tajam dan tidak sedap, karena berada di dekat folikel rambut.

Sebenarnya, keringat tidak mempunyai bau. Aroma tak sedap dihasilkan oleh bakteri yang muncul dari kelenjar apoktrin. Nah, untuk menutupi bau menyengat itu, produk deodoran mulai diperkenalkan.

Baca juga: 7 Penyebab Bau Badan pada Anak & Cara Mengatasinya, Moms Harus Tahu!

Plus minus deodoran

Bagi sebagian orang, deodoran menjadi salah satu barang yang harus dimiliki. Selain bisa menutupi aroma tak sedap, deodoran bisa menahan jumlah keringat yang keluar dari ketiak.

Deodoran memiliki banyak jenis. Deodoran antiperspiran misalnya, menggunakan agen antimikroba atau etanol untuk membunuh bakteri agar tak menimbulkan bau tak sedap. Selain itu, ada juga deodoran berbahan garam dan aluminium untuk menyumbat kelenjar keringat di ketiak.

Namun, meski bisa membantumu dalam mengatasi bau tak sedap dari keringat di ketiak, deodoran berbahan kimiawi dapat memberi dampak buruk pada kulit. Menggunakan deodoran antiperspiran bisa memicu pertumbuhan bakteri baru yang mungkin lebih berbau.

Bukan cuma itu, penggunaan deodoran yang terlalu sering juga dikhawatirkan dapat mengganggu keseimbangan pH kulit ketiak. Dikutip dari Verywell Health, ketika keseimbangan pH kulit terganggu, ada dua hal yang bisa terjadi.

Jika terlalu asam, maka kulit bisa mengalami peradangan seperti eksim. Sebaliknya, jika pH kulit terlalu basa, ini dapat memicu kulit menjadi bersisik dan kemerahan.

Menggunakan deodoran berbahan alami

Alih-alih menggunakan deodoran berbahan dasar zat kimia, kamu dapat memakai atau membuatnya sendiri dari unsur-unsur alami yang tentunya lebih aman. Ada tiga bahan yang perlu diperhatikan saat kamu membeli atau membuat deodoran alami, yaitu:

  • Bahan yang bersifat disinfektan atau antibakteri, seperti minyak kelapa atau minyak pohon teh (tree tea oil)
  • Minyak esensial seperti lavender untuk memberi aroma yang wangi dan menyegarkan
  • Bahan alami yang bisa menyerap keringat seperti soda kue (baking powder)dantepung maizena

Ada baiknya kamu tidak langsung beralih ke deodoran berbahan alami, karena bisa merusak kondisi kulit yang sudah terbiasa diberi deodoran berbahan kimia. Solusinya, kurangi pemakaian deodoran kimiawi secara perlahan sebelum benar-benar beralih ke bahan alami.

Cara membuat deodoran alami

Seperti yang telah disebutkan, deodoran berbahan alami cukup aman dari berbagai efek samping. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk membuatnya secara mandiri. Berikut cara membuat deodoran alami yang bisa kamu terapkan:

Bahan-bahan:

  • 1/3 cangkir minyak kelapa
  • 1/4 cangkir soda kue
  • 1/4 cangkir tepung garut (arrowroot starch)
  • 6 hingga 10 tetes minyak esensial, jika diperlukan

Langkah-langkah:

  1. Campur soda kue dan tepung garut
  2. Masukkan minyak kelapa dan aduk sampai rata
  3. Tambahkan minyak esensial yang telah disiapkan
  4. Tempatkan campuran tersebut ke dalam wadah atau botol kaca kosong
  5. Untuk menggunakannya, ambil dan pilin-pilin di antara beberapa jari hingga bertekstur lebih cair, lalu oleskan ke kulit ketiak

Nah, itulah beberapa langkah cara membuat deodoran alami yang bisa kamu terapkan di rumah. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr