Info Sehat

Deretan Obat Pegal Linu Alami yang Aman dan Ampuh untuk Digunakan

June 7, 2021 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ketika melakukan berbagai kegiatan rutinitas tanpa henti atau berolahraga, umumnya tubuh akan merasakan pegal linu di sekujur tubuh. Tak melulu dengan obat-obatan, berikut ini beberapa obat pegal linu alami yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan rasa sakitnya. 

Obat pegal linu alami 

Melansir penjelasan dari laman Medical News Today, berikut ini beberapa obat pegal linu alami yang bisa digunakan: 

Kunyit

Kunyit ini mengandung senyawa kurkumin, antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari molekul radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan.

Selain bisa menjadi obat pegal linu alami, kunyit juga dapat digunakan untuk pengobatan berbagai kondisi, seperti: 

  • Gangguan pencernaan.
  • Borok.
  • Sakit perut.
  • Psoriasis.
  • Kanker

Curcuma adalah bahan aktif dalam bumbu kunyit yang memiliki kualitas penghilang rasa sakit.

Sebuah studi tahun 2014 yang dilansir dari Medical News Today, ditemukan bahwa ekstrak temulawak sama efektifnya dengan ibuprofen untuk mengatasi nyeri dalam pengobatan osteoartritis lutut ketika seseorang meminumnya selama 4 minggu.

Kunyit juga merupakan obat herbal umum untuk mengurangi peradangan. Untuk memasukkan kunyit dalam bentuk alaminya ke dalam makanan, cobalah menambahkannya ke dalam olahan seperti kari, smoothie, atau jus.

Jahe

Jahe atau disebut juga sebagai zingiber officinale adalah akar yang dapat digunakan sebagai pereda nyeri alami.

Ketika kamu menelan 2 gram jahe per hari secara sederhana hal itu akan membantu mengurangi nyeri otot akibat latihan ketahanan dan berlari, setidaknya konsumsi jahe selama 5 hari.

Para peneliti juga menyarankan bahwa jahe dapat mempercepat pemulihan dan mengurangi peradangan yang berhubungan dengan olahraga. Cobalah memasukkan jahe ke dalam makanan atau kamu juga bisa mencoba dengan menambahkan jahe mentah ke dalam smoothie atau teh. 

Banyak minum air putih 

Tetap terhidrasi dengan cara minum banyak air putih adalah salah satu obat pegal linu alami. Tetap terhidrasi adalah aspek penting dari pemulihan otot.

Air membuat cairan bergerak melalui sistem jaringan tubuh, yang dapat membantu meredakan peradangan, membuang produk limbah, dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan otot.

Masalahnya adalah, sulit untuk mengetahui apakah dan kapan mengalami dehidrasi, karena kemungkinan kamu akan mencapai dehidrasi sebelum rasa haus benar-benar menyerang.

Warna urin memberikan indikasi yang baik sebagai tolok ukur, jika kuning sedang atau gelap menandakan dehidrasi, sedangkan kuning pucat berarti telah terhidrasi.

Akupuntur 

Akupunktur adalah terapi alternatif yang diyakini dapat membantu mengurangi rasa sakit. Penelitian terbaru mendukung keyakinan tersebut.

Dilansir dari laman Medical News Today, The National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH) menyatakan bahwa akupuntur dapat membantu dengan jenis rasa sakit tertentu, seperti:

  • Nyeri punggung bawah.
  • Sakit leher.
  • Osteoartritis atau nyeri lutut.

Ini juga dapat mengurangi seberapa sering orang mengalami sakit kepala tegang dan dapat membantu mencegah sakit kepala migrain. Akupunktur adalah cara yang efektif untuk mengelola nyeri kronis. 

Bawang putih

Umumnya bawang putih digunakan sebagai bumbu masakan, namun ternyata juga bisa menjadi obat yang ampuh untuk atasi pegal linu. Kandungan allicin dalam bawang putih yang bisa mengurangi peradangan. 

Cara mengonsumsinya kamu bisa mencampurkan ke dalam makanan, jika tidak terbiasa untuk memakannya secara mentah. 

Kayu manis

Kandungan pada kayu manis memiliki manfaat analgesik pada otot yang sedang nyeri atau mengalami peradangan.

Agar bekerja dengan efektif sebagai obat kamu bisa konsumsi satu sendok teh kayu manis saat mengalami pegal linu, entah itu dengan mencampurkannya di minuman favorit atau makanan. 

Baca juga: Apa Itu Fisioterapi? Bukan Cuma Hilangkan Pegal-pegal

Minyak esensial kayu putih

Minyak kayu putih ini masuk ke dalam daftar cara alami untuk menghilangkan rasa sakit. Obat herbal dari tanaman Eucalyptus ini dapat membantu mengurangi rasa sakit, bengkak, dan peradangan pada tubuh.

Perlu kamu ketahui bahwa menghirup minyak kayu putih dapat menghilangkan rasa sakit dibandingkan dengan minyak almond. Saat menghirup minyak kayu putih selama 30 menit per hari selama 3 hari. Mereka semua pulih dari operasi penggantian lutut.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medicalnewstoday.com (2019) diakses pada 7 Juni 2021. 12 natural ways to relieve pain
  2. Healthline.com (2017) diakses pada 7 Juni 2021. 5 Surprising Natural Painkillers
  3. Everydayhealth.com (2019) diakses pada 7 Juni 2021. Quick Fixes for Sore Muscles

 

    register-docotr