Kulit & Perawatan Tubuh

Penting, Ini Beragam Vitamin untuk Kuku yang Kamu Butuhkan!

May 13, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Vitamin untuk kuku bisa didapat secara alami dari makanan yang kamu konsumsi. Meskipun demikian, ada juga suplemen yang bisa kamu andalkan untuk membuat kuku menjadi sehat dan tumbuh dengan baik.

Kuku memang pelindung ujung jari, baik di kaki dan tangan. Meskipun demikian, penampilan kuku bisa menunjukkan seberapa sehat kamu saat ini. Pasalnya, perubahan tekstur,, tampilan dan bentuk kuku bisa mengindikasikan kamu sedang kekurangan nutrisi.

Baca juga: Punya Kuku Rapuh dan Mudah Patah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Lalu seperti apa vitamin untuk kuku yang tepat?

Makanan dan nutrisi yang seimbang yang mengandung vitamin dan mineral bisa membantu tubuh tetap sehat, termasuk kuku.

Untuk itu, kamu harus pilih vitamin yang tepat untuk kuku sebagai berikut:

Suplemen biotin

Biotin merupakan vitamin B-complex atau dikenal juga sebagai vitamin B7, coenzyme R dan vitamin H. vitamin ini mampu mendorong pertumbuhan sel sehat dan juga asam dalam metabolisme dari protein menjadi asam amino yang dibutuhkan untuk pertumbuhan kuku.

Biotin sendiri merupakan vitamin yang secara alami ada di dalam makanan seperti legume, salmon dan juga telur. Mengonsumsi makanan dan suplemen yang kaya akan biotin dapat memperkuat kuku yang rapuh.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cutis membuktikan manfaat biotin ini. Penelitian tersebut melibatkan 35 orang dengan kuku yang rapuh dan merasakan peningkatan setelah mengonsumsi 2,5 mg biotin per hari selama 6 minggu sampai 7 bulan.

Sangat jarang ada kasus orang yang kekurangan biotin ini. Meskipun tidak ada rekomendasi angka kecukupan gizi untuk vitamin ini, tapi setidaknya orang dewasa memerlukan 30 mikrogram biotin per hari.

Vitamin B lainnya untuk kuku

Vitamin B lain juga penting untuk kesehatan kuku. Misalnya vitamin B12 yang mampu menyerap zat besi dan juga penting untuk pembentukan sel darah merah. Baik zat besi dan vitamin B12 sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan kuku.

Kekurangan vitamin B12 dapat membuat kuku menjadi biru, biru kehitaman dan kuku yang bergelombang.

Selain itu, kamu pun memerlukan vitamin B9 atau folat yang juga penting untuk kesehatan dan pertumbuhan kuku. Vitamin ini berkontribusi dalam formasi sel darah merah dan pembentukan sel-sel baru.

Setidaknya orang dewasa membutuhkan 2,4 mikrogram vitamin B12 dan 400 mikrogram folat per hari. Kebutuhan akan kedua vitamin ini menjadi lebih besar pada ibu hamil.

Zat besi untuk kuku

Zat besi merupakan inti dari sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh organ dan setiap sel dalam tubuh, termasuk ke kuku.

Tanpa zat besi, oksigen tidak terbawa dengan baik ke setiap sel kamu. Nah, oksigen ini sangat penting untuk kesehatan kuku. 

Kekurangan zat besi dapat membuat anemia yang salah satu gejalanya adalah bentuk kuku yang bergelombang secara vertikal sehingga nampak cekung.

Rekomendasi asupan zat besi pada tiap orang berbeda-beda, tergantung dari usia dan jenis kelamin. Pada pria, setidaknya dibutuhkan 8 mg zat besi perhari sementara wanita berusia 19-50 tahun butuh 18 mg zat besi per hari.

Magnesium 

Magnesium merupakan mineral yang terlibat di lebih dari 300 reaksi yang terjadi di dalam tubuh, termasuk sintesis protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan kuku. Gelombang vertikal di kuku bisa juga merupakan tanda kamu kekurangan magnesium. 

Pria setidaknya membutuhkan 400-420 mg magnesium per harinya, sementara wanita membutuhkan 310-320 mg magnesium per hari.

Vitamin C untuk kuku

Vitamin C sangat penting dalam proses produksi kolagen, sebuah protein yang memberikan bentuk, kekuatan dan ketahanan dari banyak jaringan tubuh, termasuk kuku rambut dan gigi.

Kekurangan vitamin C bisa berdampak ke kuku, lho! Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Drugs in Dermatology menyebut kekurangan vitamin C menyebabkan kuku rapuh dan pertumbuhannya lambat.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang tips memilih vitamin yang tepat untuk kuku. Selalu penuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 07 Mei 2021. Top 8 Vitamins and Nutrients for Healthy, Strong Nails
  2. MedicalNewsToday, diakses 07 Mei 2021. How to strengthen nails: 13 tips and tricks
  3. National Library of Medicine, diakses 07 Mei 2021. Brittle nails: response to daily biotin supplementation
  4. National Library of Medicine, diakses 07 Mei 2021. Vitamins and minerals: their role in nail health and disease
    register-docotr