Kulit & Perawatan Tubuh

Tren ‘Foxy Eyes’ ala Bella Hadid, Bagaimana Prosedurnya dan Amankah ?

June 23, 2022 | Muhammad | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Tren foxy eyes mulai digandrungi banyak kaum hawa setelah model Bella Hadid memilikinya. Secara tampilan, foxy eyes memang bisa membuat area mata terlihat lebih tegas dan memanjang.

Pertanyaannya, bagaimana cara untuk mendapatkan foxy eyes? Apakah prosedurnya aman dilakukan? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut!

Apa itu foxy eyes?

Foxy eyes adalah teknik yang membuat alias dan sudut mata lebih naik, sehingga menciptakan visual seperti mata rubah. Teknik ini bisa dilakukan melalui operasi plastik, di mana kulit sekitar area pelipis mata ditarik hingga ke dekat garis rambut.

Tren tersebut tercipta pertama kali dari sebuah klinik bernama MCR Aesthetics di Manchester, Inggris, yang menawarkan perawatan untuk memberi kesan wajah lebih muda, kencang, dan segar.

Sebenarnya, teknik tersebut umum dilakukan oleh orang yang sudah memasuki usia lanjut karena kulit area mata mulai mengendur. Hanya saja, setelah beberapa selebritis mencobanya, tren foxy eyes mulai diminati oleh kaum muda, salah satunya untuk mengencangkan area sekitar mata.

Baca juga: Jenis-Jenis Operasi Plastik Wajah dan Tips Aman Melakukannya!

Manfaat foxy eyes pada visual mata

Prosedur operasi seperti tanam benang untuk menghasilkan foxy eyes bisa memberi banyak keunggulan pada visual mata, di antaranya adalah:

  • Mengurangi kerutan yang ada di sekitar mata
  • Memberi bentuk yang lebih panjang pada mata
  • Mata terlihat lebih sipit
  • Mengurangi tanda-tanda kelelahan yang tampak di mata
  • Meremajakan penampilan wajah secara umum
  • Mempertegas fitur wajah, terutama di area mata
  • Membantu merangsang produksi kolagen untuk meningkatkan elastisitas kulit sekitar mata.

Prosedur operasi

Prosedur dilakukan dengan menggunakan metode mirip tanam benang. Benang biodegradable dimasukkan ke dalam kulit ujung alis dan area pelipis, lalu ditarik ke atas hingga menciptakan visual seperti mata rubah.

Selama prosedur dilakukan, tidak ada anestesi total, melainkan bius lokal yang ditempatkan di area sekitar mata. Dibandingkan dengan bedah kosmetik pada umumnya, prosedur ini merupakan jenis bedah kurang invasif yang dilakukan selama kurang lebih 45 menit.

Prosedur ini juga umumnya tak membutuhkan rawat inap, pasien bisa kembali beraktivitas secara normal 24 hingga 48 jam setelahnya. Meski, mungkin ada pembengkakan kecil di area bekas operasi.

Hasil dari prosedur operasi bisa bertahan cukup lama meski tidak permanen, yaitu sekitar enam hingga 12 bulan.

Bagaimana dengan keamanannya?

Dikutip dari Reflection Center, prosedur untuk menghasilkan foxy eyes cukup aman karena menggunakan benang yang bisa menyatu dengan kulit, bahkan bagian atau lapisan terdalam dari kulit itu sendiri.

Benang-benang itu tidak akan terlihat dari luar, bahkan ketika wajah sedang membuat suatu ekspresi.  

Efek samping yang mungkin terjadi

Meski relatif aman, risiko efek samping atau komplikasi bisa tetap terjadi pada 15 hingga 20 persen operasi. Efek samping dan komplikasi yang dimaksud adalah:

  • Jahitan yang terlihat pada orang dengan kulit tipis
  • Rasa nyeri dan memar ringan
  • Infeksi dan peradangan
  • Benang yang rusak.

Tips aman prosedur foxy eyes

Jika tertarik untuk mencoba prosedur foxy eyes, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, di antaranya:

  • Hindari konsumsi alkohol dan merokok setidaknya lima hari sebelum operasi dilakukan untuk meminimalkan risiko perdarahan atau memar. Merokok dan konsumsi alkohol bisa bikin kulit dehidrasi.
  • Hindari konsumsi minyak ikan, vitamin E, bawang putih, krill, dan suplemen serupa setidaknya dua hari sebelum operasi.
  • Tidak mengonsumsi obat-obatan seperti ibuprofen dan naproxen sebelum prosedur operasi dimulai.
  • Tidak melakukan olahraga berintensitas tinggi sebelum operasi.

Jika kamu berencana melakukan prosedur operasi foxy eyes, dokter akan menyarankan atau memberi panduan lebih lanjut berdasarkan kondisi masing-masing orang untuk meminimalkan risiko komplikasi.

Bisakah tanpa operasi?

Bisa. Kamu bisa membuat matamu terlihat seperti foxy eyes dengan sentuhan make up. Cara ini juga terbilang lebih aman karena tidak membutuhkan prosedur medis. Untuk membuat tampak lebih panjang dan lancip, kamu hanya membutuhkan eyeliner.

Kamu bisa mengaplikasikan eyeliner pada garis tepi bagian atas mata menjadi lebih panjang, bersayap tipis, dan tinggi.

Nah, itulah ulasan tentang foxy eyes yang sedang menjadi tren setelah Bella Hadid melakukannya. Jadi, apakah kamu juga tertarik untuk mencobanya?

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Sudah punya asuransi kesehatan dari perusahaan tempatmu bekerja? Ayo, manfaatkan layanannya dengan menghubungkan benefit asuransi milikmu ke aplikasi Good Doctor! Klik link ini, ya.

Reference
  1. Derma Clinic Spain, diakses 22 December 2021, Foxy Eyes: the trend without surgery.
  2. Reflection Center, diakses 22 Desember 2021, WHAT YOU NEED TO KNOW ABOUT THE FOX EYE TREND.
  3. Cloud Hospital, diakses 22 Desember 2021, Everything you need to know about Foxy Eyes Procedure.
  4. Lifestyle Asia, diakses 22 Desember 2021, 6 tutorials on how to achieve the trendy foxy eye makeup.
    register-docotr