Kulit & Perawatan Tubuh

Berminat Suntik DNA Salmon? Ini Dia Manfaat dan Kisaran Biayanya

June 13, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Suntik DNA salmon sudah banyak dilakukan oleh wanita maupun pria yang memimpikan kulit tampak selalu awet muda. Perlu diketahui, seiring berjalannya waktu kulit manusia akan kehilangan vitalitas dan elastisitasnya akibat faktor lingkungan serta penuaan.

Karena itu, dilakukan berbagai cara untuk memperbaiki kulit termasuk dengan mengencangkannya kembali melalui suntikan DNA. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai suntik DNA salmon yuk simak begini penjelasan lengkapnya.

Baca juga: Bingung Pilih Pelembap untuk Kulit Berminyak? Yuk, Simak Tips Cari yang Tepat!

Apa itu suntik DNA salmon?

Dilansir dari Handeulusal.com, suntik DNA salmon merupakan salah satu metode peremajaan kulit di mana asam hialuronat murni dan molekul DNA dari sperma salmon digunakan. DNA ini memiliki manfaat yang bagus, yakni dapat memperbarui sel di kulit wajah.

Perlu dipahami, tidak cukupnya zat dalam struktur kulit terutama asam hialuronat yang membantu regenerasi kulit akan membuat wajah tampak menua. Karena itu, dibutuhkan banyak aplikasi kulit untuk merevitalisasi kulit mati dan mendukung produksi sel.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Cosmetic Science, para peneliti menemukan bahwa DNA dari sperma salmon dapat membuat kulit menjadi lebih tinggi kandungan airnya, terjadi peningkatan elastisitas kulit, dan tingkat kolagen lebih kuat.

Aplikasi sperma salmon ini juga mampu membantu meningkatkan kemampuan kulit untuk memproduksi asam hialuronat. Dengan kemampuannya ini, sperma salmon akhirnya dimasukkan ke dalam perawatan suntik yang disebut dengan Rejuran.

Manfaat yang mungkin bisa didapatkan

Bahan utama Rejuran adalah PDRN, yang diekstrak dari DNA sperma ikan salmon. PDRN secara alami terjadi pada jaringan yang baru terbentuk sebagai agen pelindung dan penyembuhan terhadap kerusakan.

DNA sperma salmon dapat merangsang pertumbuhan fibroblas di kulit, yaitu sel-sel di kulit yang bertanggung jawab untuk menghasilkan kolagen dan elastin.

Direktur medis Radium Medical Aesthetics, Dr. Siew Tuck Wah menjelaskan bahwa suntikan dapat membangunkan sel-sel yang lelah dan tua.

Pada dasarnya, sperma salmon melepaskan sel-sel kulit yang lebih tua dan rusak untuk mengungkapkan sel-sel baru yang lebih segar. Kapasitas regeneratif dikatakan dapat memudarkan hiperpigmentasi, memudarkan bekas luka, dan secara keseluruhan menghasilkan kulit lebih cerah alami.

Dua penelitian independen pada 2016 dan 2018 menyimpulkan bahwa DNA sperma salmon memiliki kemampuan penyembuhan luka yang kuat. Salah satu alasan kuat adalah karena DNA sperma salmon mendukung pertumbuhan pembuluh darah. 

Rejuran memiliki kemampuan untuk membalikkan kerusakan akibat sinar UV. Pendiri La Clinic, Dr. Rachel Ho mengatakan jika Rejuran dapat meningkatkan perbaikan DNA dan berfungsi sebagai pembersih produk sampingan beracun dari sel yang rusak akibat sinar UV.

Faktanya, hasil dari penelitian laboratorium menunjukkan bahwa sperma salmon efektif memblokir 90 persen sinar UVB dan hingga 20 persen sinar UVA. Para ilmuwan juga menemukan bahwa semakin kuat sinar UVA/UVB, maka semakin protektif dan kuat DNA sperma salmon.

Efek samping akibat suntik DNA salmon

Tepat setelah prosedur, kamu mungkin akan memiliki kulit yang merah dan meradang. Tak hanya itu, kemungkinan benjolan seperti bilur sementara di wajah akan terlihat selama dua hingga empat hari. 

Perlu diketahui, sperma salmon umumnya kompatibel dengan kulit manusia namun terkadang reaksi alergi dalam bentuk ruam dapat terjadi.

Dilaporkan juga bahwa Rejuran bereaksi dengan beberapa jenis pengisi asam hyaluronic cross-linked tertentu sehingga menyebabkan benjolan nodular. 

Tidak semua dokter yakin akan manfaat bahan dalam suntikan DNA ini karena hanya sedikit penelitian yang menunjukkan keefektifannya. Namun, penelitian lebih lanjut telah dilakukan untuk memvalidasi hasil positif jangka panjang pada kulit manusia.

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk suntik DNA salmon?

Biaya yang diperlukan untuk satu kali perawatan injeksi DNA salmon diketahui cukup mahal. Namun, biasanya biaya ini tergantung pada klinik dan bahan DNA salmon yang digunakan sehingga bisa berbeda-beda. 

Dikutip dari CNN Indonesia, kisaran biaya untuk satu kali perawatan bisa mencapai 3 hingga 7 juta. Biasanya, perawatan dapat dilakukan satu kali dalam sebulan secara rutin selama 3 bulan. Setelah itu, perawatan bisa dilakukan dua bulan sekali dengan dikombinasikan terapi lainnya.

Baca juga: Viral: Influencer Rachmawati Kekeyi Putri Filler Hidung, Ketahui Begini Prosedur dan Efek Sampingnya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Handeulusal.com, diakses 9 Juni 2021. Salmon DNA treatment
  2. Beauticate.com, diakses 9 Juni 2021. WE INVESTIGATE ‘BABY SKIN’ SALMON SPERM INJECTIONS
  3. Todayonline.com (2018), diakses 9 Juni 2021. Revitalise your skin with salmon DNA
  4. Drrachelho.com (2020), diakses 9 Juni 2021. Rejuran Healer
  5. CNN Indonesia (2021), diakses 9 Juni 2021. Efek Samping dan Biaya Perawatan Wajah dengan DNA Salmon
    register-docotr