Kulit & Perawatan Tubuh

5 Perawatan Wajah untuk Pria yang Mudah dan Praktis

September 29, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Bukan cuma wanita, pria juga perlu merawat wajah demi menjaga kesehatan kulit. Produk perawatan wajah pria memang tak sebanyak wanita. Tapi, bukan berarti pria harus mengabaikan kesehatan kulitnya.

Selain menjaga kesehatan kulit, perawatan wajah yang tepat juga bisa meningkatkan percaya diri pria. Apa saja perawatan wajah pria yang mudah dan praktis dilakukan? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Perawatan wajah pada pria

Berbeda dengan wanita, perawatan wajah pria pada umumnya tidak memerlukan banyak produk. Meski, ada juga pria yang melakukan perawatan intensif untuk mendapatkan hasil lebih baik. Nah, berikut perawatan wajah pria yang mudah dan praktis untuk dilakukan:

1. Kenali jenis kulit

Hal pertama yang harus diperhatikan oleh setiap pria sebelum membeli produk perawatan adalah mengenali jenis kulitnya sendiri. Menggunakan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit justru bisa berdampak buruk pada wajah.

Secara umum, kulit wajah pria dibedakan menjadi lima jenis, yaitu:

  • Kulit normal, memiliki kadar minyak seimbang, tidak kering, dan tidak ada pori-pori yang terlihat.
  • Kulit kering, ditandai dengan tekstur yang kasar. Kulit jenis ini rentan bersisik ketika terkena goresan.
  • Kulit berminyak, disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan.
  • Kulit sensitif, ditandai dengan rasa perih, panas, atau terbakar ketika menggunakan produk tertentu.
  • Kulit kombinasi, memiliki tekstur kering dan bersisik di satu sisi, tapi berminyak di sudut lainnya.

2. Perhatikan waktu mencuci wajah

Tak hanya wanita, pria juga harus menjaga kebersihan wajah, yaitu dengan mencucinya dua kali dalam sehari, yaitu pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur.

Tapi menurut Dr. William Kwan, ahli dermatologi di San Fransisco, untuk pria, cuci muka hanya pada malam hari dianggap sudah lebih dari cukup. Ini karena kebanyakan pria tidak menggunakan banyak produk kosmetik seperti wanita. Sehingga, tak perlu terlalu sering mencuci wajah.

Lalu, bagaimana jika mencuci wajah lebih dari dua kali dalam sehari? Hal tersebut tidak disarankan, karena bisa memengaruhi produksi minyak alami di kulit. Akibatnya, kulit bisa menjadi lebih kering.

Gunakan produk pembersih wajah yang memiliki busa ringan, lalu bilas dengan air dingin yang menyegarkan.

3. Gunakan pelembap

Pria juga membutuhkan moisturizer untuk menjaga kelembapan kulit. Kelembapan yang tidak dijaga bisa membuat kulit mudah rusak, kusam, hingga muncul kerutan atau garis halus.

Tak perlu sering menggunakan pelembap, cukup pakai ketika beraktivitas di luar ruangan. Jika memungkinkan, kamu bisa mencoba pelembap khusus yang mengandung tabir surya. Ini akan melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet dari matahari.

Baca juga: Bingung Pilih Pelembap untuk Kulit Berminyak? Yuk, Simak Tips Cari yang Tepat!

4. Perhatikan cara mencukur

perawatan wajah pria
Memilih krim cukur yang tidak tepat bisa sebabkan jerawat. Sumber foto: www.refinedshave.com

Bagi sebagian pria, tampil bersih tanpa menyisakan kumis, janggut, dan jambang bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri. Sayangnya, tak sedikit pria yang abai dengan cara dan alat cukur yang dipakai.

Gunakan alat cukur yang tajam dan higienis, mencukur searah dengan arah tumbuh rambut dan menggunakan cream moisturaizer khusus untuk mencukur.

Setelahnya bersihkan bagian wajah yang di cukur dan keringkan, usahakan jaga kebersihan agar tidak mincul jerawat setelah mencukur.

5. Selalu perhatikan kondisi wajah

Perawatan wajah pria tak hanya fokus pada produk yang digunakan, tapi juga kondisi kulit setelah memakainya. Artinya, jika muncul gejala gatal, bintik-bintik, dan ruam, bisa jadi kamu tidak cocok dengan produk tersebut.

Periksa kulitmu secara teratur untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Nah, itulah lima perawatan wajah pria yang mudah dan praktis untuk dilakukan. Dengan rutin menerapkan tips-tips di atas, kesehatan kulit tetap akan terjaga meski terus aktif beraktivitas.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 24 September 2020, The Effortless Man’s Guide to Basic Skin Care.
  2. American Academy of Dermatology Association, diakses 24 September 2020, Skin Care Tips For Men.

    register-docotr