Kulit & Perawatan Tubuh

Bisa Kencangkan Kulit, Ini 3 Manfaat Setrika Wajah yang Perlu Kamu Tahu!

September 26, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Selain produk skincare, perawatan kulit bisa dilakukan dengan prosedur khusus, misalnya setrika wajah. Ada beberapa manfaat setrika wajah yang bisa kamu dapatkan, salah satunya adalah kulit yang menjadi lebih kencang.

Seperti apa sih setrika wajah itu? Bagaimana cara kerjanya? Apakah aman untuk digunakan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Mengatasi Jerawat hingga Keriput, Ini Dia Segudang Manfaat Laser Wajah

Apa itu setrika wajah?

Setrika wajah, atau yang juga dikenal dengan radiofrequency skin tightening, adalah salah satu metode non-bedah untuk mengencangkan kulit. Dilansir dari Healthline, prosedur ini menggunakan gelombang energi khusus untuk memanaskan lapisan dalam kulit atau dermis.

Mengapa lapisan dalam kulit harus dipanaskan? Suhu tinggi pada dermis bisa merangsang produksi kolagen.

Seiring bertambahnya usia, sel lebih sedikit menghasilkan kolagen. Inilah alasan mengapa semakin tua, kulit akan mengendur dan muncul tanda-tanda seperti keriput dan garis halus di sekitar mata.

Cara kerja setrika wajah

Alat setrika wajah memancarkan gelombang elektromagnetik untuk memanaskan lapisan dalam kulit. Gelombang yang di gunakan adalah gelombang energi rendah.

Gelombang itu bekerja dengan cara meningkatkan suhu pada dermis antara 50 hingga 75° Celcius. Prosedur ini biasanya dilakukan kurang dari satu jam. Jangan khawatir, setrika wajah tidak akan menimbulkan rasa sakit.

Menurut sebuah studi, pancaran suhu di atas 46° Celcius selama tiga menit bisa membuat tubuh melepaskan protein heat-shock (HSP).

Protein tersebut kemudian merangsang produksi serat kolagen yang baru. Dari sini, kolagen baru akan membantu kulit dalam mempertahankan kekencangan dan elastisitasnya.

Manfaat setrika wajah

manfaat setrika wajah
Setrika wajah bisa mengencangkan kulit. Sumber foto: www.bestskincenter.com

Seperti yang telah dijelaskan, manfaat setrika wajah yang paling utama adalah untuk mengencangkan kulit dan menyamarkan atau menghilangkan tanda-tanda penuaan.

Tapi, masih ada beberapa manfaat setrika wajah lain yang perlu kamu tahu, di antaranya adalah:

1. Mengatasi kulit yang rusak

Setrika wajah bisa membantu mengatasi kerusakan kulit. Kerusakan kulit dapat dipicu oleh banyak hal, termasuk paparan sinar ultraviolet. Paparan sinar UV bisa merusak struktur serat kolagen.

Sebuah riset pada 2011 memaparkan, prosedur setrika wajah yang dilakukan selama tiga bulan bisa mengoptimalkan proses perbaikan secara klinis pada struktur kulit. Ini karena setrika wajah dapat menstimulasi produksi kolagen baru untuk mengembalikan elastisitas kulit.

2. Mencegah kulit keriput

Manfaat setrika wajah berikutnya adalah mencegah terjadinya keriput pada wajah. Keriput ditandai dengan munculnya lipatan pada kulit. Kondisi ini biasanya dimulai dengan adanya garis-garis halus pada wajah.

Kulit yang mengendur akan mudah melipat pada area-area yang terdapat garis halus tersebut.

Sebuah penelitian pada 2018 menjelaskan, perawatan rutin menggunakan setrika wajah selama enam minggu bisa mengurangi garis-garis halus di wajah penyebab lipatan kulit.

3. Meniruskan wajah

Manfaat setrika wajah yang terakhir adalah bisa membuat muka nampak lebih tirus. Menurut sebuah riset pada 2017, setrika wajah cukup efektif untuk memecah lemak di kulit. Dari penelitian yang sama, lebih dari 73 persen wanita puas dengan hasil yang didapatkan.

Efek samping setrika wajah

Meski terdapat banyak manfaat dari setrika wajah, prosedur ini juga mempunyai efek samping yang perlu kamu perhatikan, di antaranya adalah pembengkakan sementara, kram, kesemutan, hingga kulit kemerahan.

Mengutip Healthline, orang berkulit gelap memiliki risiko lebih tinggi untuk mendapatkan efek samping tersebut.

Baca juga: Tak Sekeder Miliki Segudang Manfaat, Yuk Ketahui Juga Mitos dari Face Roller!

Apakah boleh melakukannya sendiri di rumah?

Beberapa produsen setrika wajah menawarkan perangkat yang bisa digunakan di rumah. Cara pakainya juga relatif mudah, cukup tempelkan kepala alat setrika ke wajah dan gerakkan secara merata. Sebelum menggunakannya, periksa setelan waktu dan suhunya.

Pada beberapa produk, penggunaannya harus memakai krim tertentu untuk menghindari efek samping seperti kemerahan.

Meski relatif mudah, prosedur setrika wajah sebaiknya dilakukan oleh ahli atau pakar bedah bersertifikat. Sebab, jika dilakukan dengan tidak benar, ada bahaya besar yang bisa ditimbulkan, misalnya luka bakar.

Nah, itulah manfaat setrika wajah dan bagaimana cara kerjanya untuk mengencangkan kulit. Melakukan prosedur dengan bantuan ahli profesional bisa meminimalkan efek samping dan bahaya yang bisa ditimbulkan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 23 September 2020, What is Radiofrequency Skin Tightening?
  2. American Board of Cosmetic Surgery, diakses 23 September 2020, So, Are Radiofrequency Treatments Really Safe?
  3. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 23 September 2020, Home-use TriPollar RF device for facial skin tightening: Clinical study results.
  4. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 23 September 2020, Body Contouring and Skin Tightening Using a Unique Novel Multisource Radiofrequency Energy Delivery Method.
  5. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 23 September 2020, Radiofrequency facial rejuvenation: Evidence-based effect.
  6. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 23 September 2020, Usefulness of Monopolar Thermal Radiofrequency Treatment for Periorbital Wrinkles.
  7. Wiley Online Library, diakses 23 September 2020, Application for lower facial fat reduction and tightening by static type monopolar 1‐MHz radio frequency for body contouring.

    Berita Terkait
    register-docotr