Info Sehat

4 Cara Ampuh Mengatasi Mulut Terasa Pahit yang Wajib Kamu Coba

September 26, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Salah satu fenomena yang umum terjadi saat sakit adalah mulut menjadi terasa pahit yang dapat merusak nafsu makan. Untuk itu, kamu harus tahu cara mengatasi mulut terasa pahit supaya asupan nutrisi pada saat sakit tetap terjaga.

Rasa pahit yang muncul di mulut bisa disebabkan oleh makanan juga, lho. Seperti saat kamu mengonsumsi makanan yang memang memiliki rasa pahit seperti kopi hitam atau cokelat.

Akan tetapi saat kamu sakit, tanpa kamu makan makanan pahit pun mulut akan terasa demikian. Kondisi ini tidak normal, sehingga kamu harus mengatasi mulut yang terasa pahit itu sebelum dia mengganggu nafsu makan.

Penyebab mulut terasa pahit

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan mulut terasa pahit adalah sebagai berikut:

  • Burning mouth syndrome: Seperti namanya, kondisi ini akan membuat mulut terasa terbakar dan bisa sangat terasa sakit. Kondisi ini dapat menyebabkan mulut kering dan terasa pahit
  • Masa kehamilan: Fluktuasi hormon estrogen di masa kehamilan dapat memicu rasa pahit di mulut
  • Mulut kering: Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai masalah kesehatan sehingga mulut kekurangan air liur dan menyebabkan munculnya rasa pahit
  • Naiknya asam lambung: kondisi yang bisa menyebabkan penyakit GERD ini bisa menyebabkan mulut pahit karena asam lambung atau makanan yang kembali ke kerongkongan mengandung asam dan enzim dari perut
  • Obat dan suplemen: Beberapa obat dan suplemen bisa sebabkan mulut pahit, seperti antibiotik tetracycline, lithium, obat jantung, vitamin dan mineral yang mengandung zat besi, kromium dan tembaga
  • Penyakit: Bukan cerita baru kalau saat sakit mulut menjadi pahit. Beberapa penyakit yang bisa memunculkan kondisi ini adalah pilek, infeksi di sinus atau penyakit lainnya.

Cara mengatasi mulut terasa pahit

Langkah paling baik untuk mengatasi mulut yang terasa pahit adalah dengan menghindari penyebabnya. Misalnya, kamu sedang sakit atau karena obat-obatan, maka itu adalah akar masalah yang harus kamu selesaikan terlebih dahulu.

Meskipun demikian, langkah-langkah berikut ini bisa kamu coba untuk mengatasi atau mencegah mulut terasa pahit:

1. Minum air putih

Kondisi mulut yang kering bisa menyebabkan rasa pahit. Untuk itu, salah satu cara mengatasi mulut yang terasa pahit ini adalah dengan perbanyak minum air putih.

Tujuannya, untuk menggantikan air liur yang produksinya sedang sedikit di mulut. Selain itu, jika kamu ingin meningkatkan produksi air liur, kamu bisa kunyah permen karet bebas gula untuk menstimulasinya.

2. Jaga kebersihan gigi

Menjaga kebersihan gigi bisa jadi salah satu cara untuk mengatasi mulut yang terasa pahit. Sikat gigi selama 2 menit dua kali sehari serta menggunakan benang gigi bisa kamu praktikkan untuk menjaga kebersihan gigi.

Jangan lupa juga untuk melakukan check up rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

3. Hindari naiknya asam lambung

Untuk mengatasi penyebab mulut terasa pahit yang satu ini, kamu harus hindari beberapa makanan yang dapat memicu asam lambung naik kembali ke esofagus. Beberapa jenis makanan ini adalah makanan pedas atau berlemak.

Kamu juga bisa mencegah mulut terasa pahit karena asam lambung ini dengan menurunkan berat badan, berhenti merokok, dan batasi konsumsi alkohol.

Mulailah untuk biasakan makan dalam jumlah yang sedikit tapi dengan frekuensi yang lebih sering ketimbang makan jarang tapi langsung dalam porsi yang besar. 

4. Mengatasi mulut terasa pahit secara medis

Untuk mengatasi kondisi ini, biasanya dokter akan melihat dulu jenis penyakit apa yang menyebabkan mulut kamu terasa pahit. Obat yang diberikan akan menyesuaikan dengan kondisi pemicunya.

Contohnya, jika mulut pahit ini disebabkan oleh naiknya asam lambung, kamu mungkin akan disarankan untuk mengonsumsi obat antasid yang bisa dibeli tanpa resep. Jika pemicunya adalah diabetes tipe 2, kemungkinan obat yang harus kamu konsumsi adalah metformin.

Jika rasa pahit ini disebabkan oleh obat, maka kemungkinan dokter akan meresepkan obat yang berbeda yang tidak menyebabkan rasa pahit di mulut. Beberapa obat yang dapat menyebabkan rasa pahit di mulut adalah:

  • Antibiotik
  • Obat jantung
  • Obat kemoterapi
  • Obat-obatan untuk masalah saraf
  • Obat psikotropika
  • Beberapa obat resep atau tanpa resep lain seperti obat tiroid, antihistamine, serta anti jamur

Demikianlah cara penyebab dan cara menangani mulut yang terasa pahit yang perlu kamu ketahui. Kenali dan atasi sebelum kondisi ini mengganggu nafsu makan kamu, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline diakses 24 September 2020. What Causes a Bitter Taste in the Mouth?
  2. MedicalNewsToday diakses 24 September 2020. Why do I have a bitter taste in my mouth?
  3. Verywellhealth diakses 24 September 2020. Causes of a Sour or Bitter Taste in the Mouth – Dygeusia
    register-docotr