Kulit & Perawatan Tubuh

Ingin Punya Kulit Sehat dan Cerah saat Berpuasa? Simak Tipsnya Yuk!

April 23, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Memiliki kulit yang sehat dan cerah merupakan dambaan hampir seluruh wanita. Tak heran banyak wanita yang menggunakan berbagai cara agar kulit terlihat sehat dan cerah. Apalagi saat berpuasa seperti ini, mungkin sebagian wanita bertanya bagaimana cara menjaga kulit sehat saat puasa?

Kami punya tips menarik nih!

Baca Juga: Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental Saat Menjalani Puasa di Musim Pandemi

Bagaimana cara menjaga kulit sehat saat puasa?

Sebagaimana kita ketahui, menjaga kesehatan kulit adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh wanita. Meski banyak wanita yang rela membayar mahal untuk ke dokter kulit, ternyata ada berbagai cara untuk menjaga kulit tetap sehat saat puasa, simak ulasannya di bawah ini.

Minum air putih yang cukup

Agar kulit kamu tetap sehat saat puasa, usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan dari waktu berbuka puasa hingga sahur. Kamu bisa minum 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam, dan 2 gelas saat sahur. Hal ini sangat dianjurkan agar kulit kamu tetap lembab dan cantic\k meski berpuasa.

Dikarenakan ketika kamu berpuasa pasti kulit tubuh kamu cenderung terasa lebih kering daripada biasanya. Hal ini dikarenakan tubuh kamu tidak mendapatkan asupan mineral yang cukup. Tidak hanya merasa lebih cepat lelah, kulit pun akan mengalami dehidrasi.

Perbanyak makan buah dan sayuran agar kulit sehat saat puasa

Kamu disarankan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, terutama vitamin C, vitamin E, kolagen, dan anti oksidan yang sangat baik untuk membantu proses regenerasi kulit. Beberapa buah yang memiliki vitramin C yang tinggi seperti jeruk, papaya, mangga dan jambu biji.

Pastikan kulit kamu tetap bersih

Kamu harus tetap menjaga kebersihan kulit dengan cara mencuci muka dua kali sehari dan jangan terlalu berlebihan karena dapat merusak kulit. Jangan lupa untuk memilih sabun pembersih wajah yang sesuai dengan kulit kamu. Pilihlah rutinitas dan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Gunakan pelembab dan tabir surya (sunscreen)

Sebagaimana kita ketahui, paparan radiasi sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan warna kulit tidak merata. Apalagi ketika kita berpuasa, kita diharuskan untuk menggunakan pelembab dan tabir surya yang mengandung minimal SPF 15 ketika kita keluar rumah.

Istirahat yang cukup

Ketika berpuasa tubuh akan terasa cepat lelah karena energi kita terbuang dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Agar kulit tetap sehat saat puasa, kamu dianjurkan untuk tidak tidak terlalu larut malam. Tidur yang cukup akan sangat membantu kamu mendapatkan kulit tetap sehat meski berpuasa,

Baca Juga: Padangan Sering Buram? Hati-hati, Bisa Jadi Gejala Katarak

Apa saja buah-buahan yang sangat bermanfaat agar kulit sehat saat puasa?

Kebiasaan merawat tubuh agar kulit tetap sehat selama puasa memang sangat dianjurkan saat berpuasa. Selain hal tersebut, buah-buahan ini sangat penting agar kulit kita tetap sehat tidak hanya dari luar tetapi dari dalam juga loh.

  1. Timun Suri

Buah ini menjadi andalan bagi setiap orang saat berbuka puasa, nyatanya banyak toko buah yang menjual buah ini selama bulan puasa. Buah ini mengandung antioksidan, vitamin C, serat, dan air yang sangat baik untuk kulit. Dengan memakan buah ini, kulit kamu akan terasa lebih lembab.

  • Kelapa

Siapa yang tak suka dengan buah yang menyegarkan ini apalagi saat berbuka puasa. Kelapa memiliki beribu manfaat bagi kesehatan kulit, antara lain menghindari penuaan dini, melembabkan kulit, dan membuat kulit lebih cerah. Buah yang kaya akan cairan isotonik ini sangat baik untuk kulit kamu.

  • Semangka

Salah satu buah yang mengandung banyak kandungan air di dalam dan sangat baik untuk kesehatan kulit. Karena saat berpuasa, kita dianjurkan tetap menjaga cairan tubuh agar cukup, semangka ini akan mengembalikan energi kita tanpa harus mengonsumsi hidangan manis yang berlebihan.

  • Pepaya

Buah pepaya mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang dibutuhkan oleh kulit kita. Meski bagi sebagaian orang papaya memiliki bau yang kurang enak, tetapi buah ini sangat dianjurkan bagi tubuh kita untuk memenuhi kadar cairan dalam tubuh dan kesehatan kulit.

Sekarang kamu sudah tak perlu khawatir lagi bagaimana cara menjaga kulit kamu tetep sehat dan cerah selama bulan puasa. Semoga tips yang kami berikan bermanfaat untuk kamu ya, selamat menunaikan ibadah puasa! 

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr