Puasa

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental Saat Menjalani Puasa di Musim Pandemi

April 21, 2020 | Arianti Khairina
feature image

Ramadhan di tengah maraknya COVID-19 tentu akan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini kamu akan lebih sering berada di rumah dan membatasi diri untuk berinteraksi dengan orang banyak. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mental di bulan puasa saat pandemi?

Berkumpul bersama keluarga atau sahabat

Kamu sering kali lupa bahwa meluangkan waktu berkumpul bersama keluarga atau sahabat itu sangat penting.

Jika dilihat sisi baiknya, momen ini bisa kamu gunakan untuk kumpul keluarga maupun sahabat saat berbuka puasa dan sahur. Tanpa disadari hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental di bulan puasa, lho.

Perasaan bahagia akan timbul ketika kamu dikelilingi oleh orang-orang tersayang yang berada di sekitarmu. Tak hanya membuat lebih bahagia, kesehatan mental kamu di bulan puasa juga akan tetap stabil.

Mengingat salah satu cara untuk memutus rantai virus Covid-19 dengan social distancing, tentunya akan sangat sulit untuk bertatap muka dengan para sahabat. Tak perlu khawatir kamu tetap bisa berkomunikasi dan melepas rindu melalui video call.

Hindari bacaan yang dapat mengganggu kesehatan mental di bulan puasa

Dilansir dari Liputan6.com, menurut penjelasan Psikolog Intan Erlita, M.Psi, kecemasaan sebenarnya seuatu yang alami atau normal yang dirasakan seseorang. Asalkan cara penanganannya tepat.

Melalui jaringan ini banyak sekali berita negatif seperti update korban virus corona, negara akan lockdown, dan bagaimana nasib warga negaranya? Tentu hal tersebut sangat memicu stres berlebihan.

Buat kamu yang aktif memakai media sosial saat masa karantina di rumah, sebaiknya lebih berhati-hati dengan kebenaran berita yang kamu baca. Ada baiknya jika kamu menyortir akun-akun mana saja yang baik sebagai sarana informasi.

Selain itu, tujuan pemerintah memberikan anjuran untuk tetap di rumah aja salah satunya agar kamu bisa terhindar dari penularan virus Covid-19 dan tetap menjaga imun tubuh tetap stabil. Namun sering kali kamu lupa bahwa stres berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan mental dan membuat imun tubuh menurun.

Istirahat yang cukup dan hindari begadang

Jam tidur malam adalah hal penting yang harus kamu perhatikan selama menjaga tubuh tetap sehat di bulan puasa.

Hal tersebut juga berpengaruh pada aktivitas produktif yang kamu lakukan di siang hari, agar saat malam dan sudah merasa lelah kamu bisa tidur dengan nyenyak.

Jangan lupa berjemur

Siapa sih yang tidak mau tetap bahagia selama puasa di tengah pandemi Covid-19? Cobalah untuk membiarkan tubuh kamu terkena paparan sinar matahari pagi setiap harinya, termasuk hari libur. Jangan malas untuk bangun pagi meski kamu sedang berpuasa.

Kamu perlu tahu bahwa sinar matahari pagi tak hanya baik untuk kulit karena merupakan sumber vitamin D alami. Aktivitas ini juga ternyata membantu mengurangi stres dan depresi yang sedang kamu alami.

Tetap aktif bergerak meski sedang puasa

Selanjutnya kamu juga dapat melakukan olahraga ringan, seperti lari-lari kecil di dalam rumah atau melakukan peregangan badan. Kamu bisa melakukan olahraga pada pagi hari saat berjemur atau bisa berolahraga saat sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa loh.

Yakin kamu masih mau jadi tim rebahan saja saat berada di rumah?

Kegiatan produktif lainnya juga bisa kamu lakukan untuk menunggu berbuka puasa, seperti bersih-bersih rumah. Tentunya kita tahu bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.

Kamu bisa mulai dengan membersihkan kamar, mulai rapikan rak-rak yang sudah berantakan, menyortir barang yang sudah tidak diperlukan. Tak perlu dilakukan secara bersamaan, kamu bisa mencicil untuk membersihkan setiap harinya.

Isi hari dengan hobi dan aktivitas positif

Selain itu, saat kamu menjalankan ibadah puasa, nafsu makan dalam diri tentu meningkat. Hal ini mendorong kamu ingin mencoba berbagai macam jenis makanan. Tak ada salahnya jika kamu memulai hobi baru dengan belajar masak dari beberapa resep makanan, lho.

Untuk mengusir rasa bosan saat puasa di tengah pandemi Covid-19 ini kamu bisa mencoba kegiatan rohani untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan.

Ternyata ada banyak cara untuk menjaga kesehatan mental di bulan puasa saat sedang maraknya pandemi COVID-19, lho. Selamat mencoba, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Liputan6.com (2020) diakses 21 April 2020. Cara Menjaga Kesehatan Mental Tengah Pandemi Corona COVID-19
  2. WHO (2020) diakses 21 April 2020. Mental health and psychosocial considerations during the COVID-19 outbreak
  3. VOX (2020) diakses 21 April 2020. Coronavirus is causing a mental health crisis. Here’s how to fight it.

 

    register-docotr