Kulit & Perawatan Tubuh

Ingin Tampil Cantik saat Lebaran? Ini Tips Perawatan Kulit dan Tubuh yang Tepat!

May 6, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Menjadi momen yang spesial, membuat para wanita ingin tampil semaksimal mungkin pada saat Hari Raya. Tak perlu khawatir, karena kamu bisa menyimak beberapa tips cantik saat Lebaran yang bisa dilakukan mulai dari sekarang, yuk simak!

Baca juga: Cegah Penuaan Dini, Ini 5 Langkah Mudah Merawat Kulit di Sekitar Mata!

Tips cantik saat Lebaran

Tampil cantik saat Lebaran tentu saja bisa menambah kepercayaan diri pada wanita. Untuk mewujudkannya pun caranya mudah dilakukan, lho.

Misalnya saja kamu perlu mengonsumsi makanan bergizi. Ini penting karena makanan bergizi juga bisa membantu menjaga kesehatan kulitmu.

Tak hanya itu, kamu pun juga bisa melakukan perawatan kulit mulai dari sekarang. Nah, berikut ini adalah perawatan kulit wajah dan tubuh yang bisa dilakukan:

1. Jaga asupan cairan dalam tubuh

Mencukupi asupan cairan dalam tubuh pada saat sahur ataupun berbuka bisa membantu mencegah dehidrasi. Dehidrasi sendiri merupakan kondisi yang juga dapat memengaruhi kulit.

Untuk menjaga asupan cairan dalam tubuh, usahakanlah untuk minum setidaknya 8 gelas cairan per harinya. Air putih merupakan pilihan yang terbaik.

Sebaiknya, hindarilah konsumsi minuman berkafein, seperti kopi atau teh. Sebab, minuman tersebut memiliki efek diuretik dan meningkatkan risiko kehilangan cairan dalam tubuh.  

2. Menerapkan pola makan sehat

Pola makan sehat dapat meningkatkan kesehatan kulit. Maka dari itu, jika kamu ingin mendapatkan kulit sehat dan cantik, mulailah dengan memerhatikan makanan yang kamu konsumsi.

Dikutip dari laman Medical News Today, ada beberapa makanan yang dapat membantu menyehatkan kulit, di antaranya adalah:

  • Mangga
  • Tomat
  • Kale
  • Omega-3 yang ditemukan dalam ikan berlemak
  • Sayuran berdaun hijau

Tak hanya itu, sebaiknya hindarilah atau batasilah makanan dengan kandungan lemak dan gula yang tinggi, ya.

Akan lebih baik jika kamu mengonsumsi makanan dari semua kelompok makanan utama, termasuk buah dan sayuran. Tak hanya bisa menjaga kesehatan kulit, makanan tersebut juga bisa menyehatkan tubuhmu.

3. Jaga kelembapan kulit

Menggunakan pelembap kulit dapat membantu menjaga lapisan lapisan atas sel kulit tetap terhidrasi dengan cara mengunci kelembapan kulit. Kamu dapat mengoleskan pelembap dua kali dalam sehari, yakni di pagi dan malam hari.

Tak hanya itu, untuk menjaga kelembapan kulit, sebaiknya hindarilah penggunaan sabun dengan kandungan keras.

4. Jangan lakukan eksfoliasi kulit secara berlebihan

Eksfoliasi memang dapat mengangkat sel kulit mati dari wajah. Sel kulit mati sendiri bisa menyebabkan wajah terlihat kusam.

Namun yang perlu diingat adalah eksfoliasi tidak boleh dilakukan setiap hari. sebaiknya, hanya lakukan eksfoliasi beberapa kali dalam seminggu.

5. Jangan lupakan tahapan skincare routine lainnya

Selain menggunakan pelembap, untuk mendapatkan kulit glowing pada saat lebaran kamu juga tidak boleh melupakan tahapan skincare lainnya, seperti menggunakan sunscreen.

Pada dasarnya, sunscreen harus digunakan setiap hari, terlepas dari apakah kamu akan berada di dalam ruangan atau luar ruangan. Ini dilakukan untuk mencegah risiko penuaan kulit.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mencuci wajah sebelum tidur. Sebab, paparan polusi serta sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan dapat merusak kulit.

Kamu juga bisa menggunakan produk skincare lainnya yang biasa kamu gunakan, misalnya saja seperti serum ataupun krim pagi atau malam.

6. Berisitrahat dengan cukup

Sebelum hari raya tiba, sebaiknya pastikanlah kamu berisitirahat dengan cukup. Perlu diketahui bahwa kualitas tidur yang baik dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Kebiasaan ini juga dapat memperbaiki tampilan warna kulitmu, sehingga kamu dapat tampil secara maksimal saat Lebaran.

Selama tahap tidur nyenyak, tubuh memasuki mode perbaikan dan regenerasi kulit, otot, serta sel otak. Tanpa tidur yang cukup, ini bisa membuat produksi kolagen baru tidak terjadi. Kolagen sendiri dapat membantu mencegah kulit mengendur.

Waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa yakni 7-9 jam per hari. Kurang tidur tak hanya berdampak pada kulit saja, melainkan juga kesehatan tubuh.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai tips cantik saat Lebaran. Selain dapat dilakukan dari sekarang, tips tersebut juga mudah dilakukan, lho.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

HealthXchange.sg (2021). Diakses pada 05 Mei 2021. ​Healthy Ramadan Fasting 

Medical News Today (2017). Diakses pada 05 Mei 2021. Five life hacks for healthy skin 

The Health Site (2016). Diakses pada 05 Mei 2021. Eid-ul-Fitr — 5 tips to have a healthy Eid this year 

    register-docotr