Kulit & Perawatan Tubuh

Jangan Keliru, Ini Perbedaan Hydrating dan Exfoliating Toner yang Perlu Kamu Pahami!

May 6, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Menggunakan toner jadi satu cara perawatan kulit yang cukup terkenal saat ini. Namun, agar hasil penggunaannya lebih maksimal, kamu harus tahu dulu perbedaan antara hydrating toner dan exfoliating toner.

Baca juga: Panduan Memilih Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori dengan Efektif

Apa fungsi toner?

Toner kaya akan bahan-bahan yang bisa membuat kulit menjadi terhidrasi. Pada toner yang biasa dipakai untuk produk kecantikan Korea, misalnya, kamu bisa menemukan ekstrak kelp, air mineral, asam amino, asam hyaluronic hingga minyak biji anggur.

Pakar kesehatan kulit Charlotte Cho menyebut toner sebagai bagian yang penting setelah kamu melakukan double cleansing. “Pasalnya, toner menyingkirkan kotoran yang tidak bisa dijangkau oleh cleanser,” kata dia. 

Toner juga mampu menyeimbangkan kadar keasaman (pH) kulit wajah. Pada dasarnya pH alami wajah adalah 5,5. Tapi polusi, produksi oli di wajah, make up dan alkohol dapat mengubahnya. Nah, penggunaan toner dapat mempertahankan keseimbangan pH, lho!

Hydrating toner dan exfoliating toner

Ada dua jenis toner, yaitu hydrating dan exfoliating. Berdasarkan jenis dan kebutuhan, kamu bisa memilih salah satu atau bergantian memakai kedua jenis toner ini dalam rutinitas skincare kamu.

Apa itu hydrating toner?

Sesuai namanya, toner jenis ini memiliki fungsi untuk menjaga tingkat hidrasi kulit. Selain itu, toner ini pun dapat memaksimalkan penyerapan dan keampuhan produk skincare lain yang kamu pakai seperti serum dan pelembap.

Karena itu, cobalah untuk memakai toner setelah kamu menggunakan serum dan pelembap wajah supaya hasil yang kamu inginkan di wajah dapat diserap secara maksimal.

Kulit akan terasa sedikit kering setelah dibersihkan, apalagi jika pada dasarnya kulit kamu jenisnya kering. Karena itu, untuk memperbaiki tingkat kelembapan kulit, diperlukan lapisan tipis hidrasi yang bisa dihasilkan dari penggunaan hydrating toner.

Jika kamu memiliki kulit sensitif, kering hingga kombinasi, kamu bisa mengembalikan kekenyalan kulit dengan menggunakan hydrating toner

Cara pakai hydrating toner

Kamu bisa menggunakan hydrating toner dengan mengoleskannya terlebih dahulu di kapas atau cotton pad atau langsung mengoleskannya ke wajah dengan tangan.

Kamu juga bisa memakai toner ini setiap hari di waktu kamu sedang melakukan rutinitas perawatan wajah di pagi atau malam hari.

Exfoliating toner

Sesuai namanya, exfoliating toner mengandung sejumlah besar substansi kimia untuk membantu proses eksfoliasi. Eksfoliasi sendiri merupakan proses pelepasan lapisan kulit luar.

Secara alami proses ini terjadi setiap 30 hari atau lebih, tapi kamu bisa mempercepatnya dengan menggunakan substansi kimia atau alat khusus. Nah, dalam exfoliating toner ini terdapat senyawa kimia yang membantu proses tersebut, yaitu:

  • AHA: Alpha hydroxy acid merupakan kelompok asam yang larut dalam air yang terdapat dalam buah-buah yang mengandung gula. Asam ini membantu kulit mengelupas supaya digantikan oleh kulit yang lebih berpigmen
  • BHA: Beta hydroxy acid merupakan asam yang larut dalam minyak. Asam ini mampu meresap ke dalam folikel rambut dan mengeringkan minyak berlebih serta melepas kulit mati supaya tidak menyumbat pori-pori
  • PHA: Poly hydroxy acid yang merupakan bagian terakhir dari keluarga asam hydroxy yang digunakan di banyak produk skincare. PHA mampu memecahkan ikatan antar sel untuk mempermudah proses eksfoliasi

Exfoliating toner secara spesifik efektif untuk kamu yang bergumul dengan kulit berlemak, jerawat yang kerap bermunculan, hiperpigmentasi dan garis-garis halus di wajah.

Cara memakai exfoliating toner

Khusus exfoliating toner, pemakaiannya harus menggunakan cotton pad untuk membantu menyingkirkan sel kulit mati. Kamu perlu meratakannya ke seluruh wajah untuk menghilangkan tumpukan sel kulit mati ini sehingga kulit menjadi lebih bercahaya dan sehat.

Cukup gunakan exfoliating toner ini selama 3-4 kali sepekan. Jangan terlalu sering menggunakan toner ini karena bisa berpotensi merusak kulit karena eksfoliasi yang berlebihan.

Demikianlah perbedaan hydrating toner dan exfoliating toner yang perlu kamu ketahui. Selalu jaga kesehatan kulit dan gunakan produk yang tepat, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr