Kulit & Perawatan Tubuh

Cegah Penuaan Dini, Ini 5 Langkah Mudah Merawat Kulit di Sekitar Mata!

May 4, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Merawat kulit wajah memang penting untuk dilakukan, namun kamu juga tidak boleh melewatkan perawatan kulit di sekitar mata. Sebab, area tersebut merupakan bagian tubuh yang pertama kali menunjukkan tanda-tanda penuaan, seperti garis halus.

Sebuah penelitian tahun 2015 mencatat bahwa kulit di area mata tidak memiliki kelenjar minyak dan kolagen sebanyak bagian wajah dan tubuh lainnya, sehingga ini membuatnya rentan mengalami kekeringan, timbulnya garis halus dan kerutan. Seperti dikutip dari Everyday Health.

Lalu, bagaimana cara merawat kulit di sekitar mata? Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Baca juga: Cara Membuat Scrub Wajah dari Bahan-bahan Alami, Yuk Dicoba!

Panduan perawatan kulit di sekitar mata

Penting untuk diketahui bahwa kulit di sekitar mata adalah salah satu kulit yang tipis dan paling sensitif. Maka dari itu perawatan kulit di sekitar mata itu harus dilakukan secara tepat dan hati-hati. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah perawatan kulit di sekitar mata yang wajib kamu ketahui.

1. Menjaga kelembapan

Menjaga kelembapan kulit di sekitar mata menjadi langkah penting yang tidak boleh kamu lewatkan. Sebab, menjaga kelembapan kulit dapat membantu mencegah atau mengurangi munculnya garis halus dan kerutan.

Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan pelembap wajah untuk kulit di sekitar mata. Dengan catatan, selama tidak mengiritasi mata dan pada kemasannya pelembap tersebut bisa digunakan pada area kulit di sekitar mata.

Namun yang perlu diingat adalah karena kulit di sekitar mata tipis, kulit mungkin saja sensitif terhadap pelembap wajah biasa.

Jika kamu merasakan sensasi menyengat, mata berair serta memerah, atau timbul reaksi negatif lainnya, hentikan pemakaian dan sebaiknya gunakan krim khusus untuk mata.

Sesuai dengan namanya, krim mata diformulasikan khusus untuk mata dan mengandung bahan yang dapat membantu mengurangi kerutan maupun garis halus.

2. Jika kamu memilih menggunakan krim mata, perhatikan kandungannya

Ketika kamu memutuskan untuk membeli krim mata, penting untuk mengetahui bahan yang harus dicari berdasarkan kebutuhanmu. Nah, berikut ini adalah beberapa kandungan atau bahan yang disarankan berdasarkan masalah pada area kulit di sekitar mata.

Garis halus

Selain mencari krim mata yang bisa menjaga kelembapan kulit, kamu juga bisa mencari krim mata yang memberikan efek membuat kulit menjadi lebih kenyal.

Untuk alasan tersebut, kamu bisa memilih bahan yang dapat menstimulasi produksi kolagen, seperti retinol (turunan vitamin A) atau peptida.

Lingkaran hitam

Untuk menangani hiperpigmentasi (lingkaran hitam) akibat paparan sinar ultraviolet (UV) berlebih, kamu bisa memerhatikan bahan-bahan seperti vitamin C, arbutin, hingga niaciamide (vitamin B3).

Puffy eyes

Pada dasarnya, puffy eyes  dapat ditangani dengan beristirahat yang cukup atau menenuhi asupan cairan dalam tubuh. Namun, jika menyangkut bahan perawatan kulit, krim mata yang mengandung dipeptide-2 dapat membantu menangani kondisi ini.

3. Perawatan kulit di sekitar mata harus dilakukan secara perlahan

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kulit di sekitar mata sangat halus dan tipis. Maka dari itu, ketika kamu melakukan langkah-langkah perawatan kulit di sekitar mata, atau ketika menghapus make up kamu harus melakukannya secara hati-hati dan perlahan.

Dikutip dari Healthline, berikut ini adalah langkah penting yang harus kamu perhatikan ketika menghapus make up atau mengaplikasikan produk perawatan kulit di sekitar mata.

Menghapus make up

  • Tuangkan make up remover pada kapas
  • Kemudian, aplikasikan pada kulit di sekiar mata dengan lembut
  • Gosok secara perlahan dengan gerakan seperti mengangkat

Mengoleskan produk perawatan

  • Tuangkan produk pada jari kelingking, kemudian oleskan pada area kulit di sekitar mata atau kamu juga bisa menepuk area kulit dengan lembut
  • Pastikan produk sudah terserap sepenuhnya dalam kulit

4. Jangan lupa gunakan sunscreen

Perawatan kulit di sekitar mata juga melibatkan perlindungan pada paparan sinar matahari secara langsung. Sebab, paparan sinar matahari berlebih dapat menyebabkan kulit di bawah mata menjadi lebih gelap.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa menggunakan broad-spectrum sunscreen sebelum keluar rumah. Penting juga untuk mengoleskan sunscreen pada kelopak mata atas.

Di sisi lain, kamu juga bisa menggunakan kacamata hitam yang menawarkan pelindungan dari UV. Tak hanya dapat melindungi mata saja, penggunaan kacamata tersebut juga bisa membantu melindungi kulit di sekitar mata.

Baca juga: 5 Do’s and Don’ts Pemakaian Sunscreen yang Wajib Kamu Ketahui

5. Pijat area kulit di bawah mata secara perlahan

Jika kamu memerhatikan bahwa puffy eyes terlihat jelas ketika kamu kelelahan atau kurang beristirahat, memijat area di bawah mata dengan lembut dapat membantu.

Memberikan pijatan di bawah mata juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di sekitar area tersebut. Tekanan dari pijatan dapat membantu mengurangi kelebihan cairan dan mengurangi pembengkakan di area bawah mata.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai panduan perawatan kulit di sekitar mata. Untuk merawat kulit di sekitar mata jangan lupa juga beristirahat yang cukup dan mengadopsi pola makan sehat, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Doctor NDTV (2020). Diakses pada 27 April 2021. Skincare Tips: 7 Ways To Take Care Of The Delicate Skin Around Your Eyes 

Everyday Health (2020). Diakses pada 27 April 2021. A Specific Guide to Caring for the Skin Around Your Eyes 

Healthline (2019). Diakses pada 27 April 2021. 7 Ways to Care for the Skin Around Your Eyes

    register-docotr