Info Sehat

Tips Aman Begadang Nonton Bola agar Tetap Sehat Seharian

June 15, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Salah satu pergelaran olahraga sepak bola terbesar di dunia, Piala Euro 2021, akan berlangsung di bulan Juni tahun ini.

Meski kondisi pandemi membuat kompetisi ini harus terselenggara dengan berbagai keterbatasan. Bukan berarti itu mengurangi keseruan yang ada di dalamnya.

Apakah kamu termasuk salah satu penikmatnya? Jika iya, pastikan badanmu tetap bugar seharian, meski begadang untuk menonton pertandingan bola sampai larut malam.

Baca: Studi Terbaru: Kurang Tidur di Usia 50 tahun Meningkatkan Risiko Demensia

Tips bugar beraktivitas walau habis begadang nonton bola

Jangan sampai nonton pertandingan bola membuat kamu lesu sepanjang hari. Untuk itu, kamu bisa mencoba menerapkan beberapa tips berikut ini agar badan tetap fit beraktivitas.

1. Dapatkan cukup tidur sebelum begadang

Dilansir dari Very Well Health, begadang akan menjadi lebih mudah dilakukan jika kamu tidak memiliki ‘hutang tidur’. Jadi pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup sebelum mencoba begadang.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh hingga sembilan jam tidur untuk kembali fit. Sementara orang yang lebih muda mungkin membutuhkan lebih banyak dari itu.

Di luar jam tidur, kamu juga perlu memerhatikan kualitas tidur. Tidur yang buruk paling sering terjadi karena sleep apnea yang tidak diobati.

2. Istirahat di siang hari

Selain memperpanjang istirahat malam sebelumnya dengan tidur, kamu juga bisa ‘mengisi ulang baterai’ dengan tidur siang.

Setiap momen tidur yang diperoleh di waktu tersebut, meskipun singkat akan berkontribusi pada kemampuan tubuh untuk beraktivitas di sisa siang harinya.

Lama tidur siang dapat bervariasi, 20 hingga 30 menit mungkin membantu beberapa orang. Tetapi tidur siang yang berlangsung selama 1 hingga 2 jam diketahui memiliki manfaat yang lebih besar jika kamu begadang.

3. Hindari multitasking

Setelah melalui sebuah malam tanpa tidur, memori kerja otak akan terganggu. Itu berarti kamu tidak dapat menyimpan banyak hal dalam pikiran kamu pada satu waktu.

Dilansir dari Web MD, sebuah penelitian terhadap 40 orang dewasa muda yang mengalami kurang tidur selama 42 jam, setara dengan begadang semalaman, menunjukkan penurunan dalam kapasitas memori kerja otak sebanyak 38 persen.

Jadi apabila di malam hari kamu sudah begadang, usahakan untuk mengerjakan tugas harian satu per satu saja. Tujuannya agar tubuh tetap bugar dan tidak terlalu lelah di sepanjang hari.

Makanan dan minuman yang harus dihindari selama begadang

Begadang mengganggu siklus tidur-bangun alami tubuh, yang dapat memengaruhi fungsi mental dan tingkat energi seseorang pada hari berikutnya. Sering begadang dapat menyebabkan masalah tidur dan dapat memiliki efek jangka panjang pada kesehatan.

Namun, ketika harus begadang semalaman untuk bekerja, belajar, atau alasan lain, ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari untuk membantu kamu tetap waspada keesokan harinya…

1. Minum kopi terlalu banyak

Kafein dapat memicu kamu terjaga di malam hari, tetapi mungkin perlu dikonsumsi dengan hati-hati.

Kafein adalah stimulan alami yang ditemukan dalam kopi, teh, soda pop, minuman energi, cokelat, dan produk lainnya. Di otak, kafein memblokir reseptor adenosin, yang menumpulkan sinyal kantuk.

Jika kafein digunakan secara berlebihan, mungkin akan sulit untuk tertidur dan dapat menyebabkan insomnia.

2. Makanan berat

Meskipun beberapa orang akan makan camilan tengah malam sebelum tidur sebagai bagian dari rutinitas tidur mereka, penelitian menunjukkan bahwa pelepasan insulin berikutnya sebenarnya dapat memperpanjang durasi begadang.

Hindari makanan berat, tetapi makan camilan ringan dapat membantu kamu terjaga sedikit lebih lama.

Makan sayuran segar (wortel, batang seledri, brokoli, kembang kol, dan sejenisnya) bisa menjadi pilihan yang lebih sehat daripada camilan asin, manisan, atau makanan berkalori tinggi.

3. Minuman beralkohol

Alkohol adalah zat lain yang bisa memengaruhi kemampuan tubuh untuk tetap terjaga. Sayangnya, itu membuat kita lebih mungkin tertidur. Ganti konsumsi alkohol dengan air putih dan kamu mungkin akan merasa lebih mudah untuk tetap terjaga dan bangun di pagi hari.

Hal yang sama berlaku soal obat-obatan. Ada obat resep dan obat bebas lainnya yang juga dapat menyebabkan kantuk sebagai efek samping.

Obat penenang ini mungkin termasuk antihistamin (digunakan untuk alergi) dan benzodiazepin (untuk kecemasan, kejang, dan gangguan lainnya). Tinjau label obat kamu dan diskusikan perannya dengan apoteker atau dokter.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline diakses pada 14 Juni 2021

Very Well Health diakses pada 14 Juni 2021

Web MD diakses pada 14 Juni 2021

Medical News Today diakses pada 14 Juni 2021

 

    register-docotr