Info Sehat

Sering Tidak Nafsu Makan? Bisa Jadi Kondisi Ini Penyebabnya!

May 25, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Pada umumnya, kehilangan nafsu makan biasanya dialami orang yang sedang sakit. Namun faktanya tidak nafsu makan juga bisa disebabkan hal lain. Apa saja penyebab tidak nafsu makan yang perlu kamu tahu?

Ya, orang yang tidak sedang sakit juga bisa mengalami penurunan nafsu makan. Jika diabaikan, pemenuhan gizi harian bisa terganggu.

Yuk kenali beberapa penyebab tidak nafsu makan berikut ini:

Penyebab tidak nafsu makan yang umum terjadi

Mungkin setiap orang pernah mengalami tidak nafsu makan. Hal ini bisa dikarenakan karena beberapa hal. Penyebab tidak nafsu makan yang mungkin bisa terjadi, antara lain:

Mengonsumsi obat-obatan

Kamu dapat kehilangan nafsu makan dikarenakan sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Beberapa perawatan medis bisa jadi penyebab tidak nafsu makan seperti halnya pengobatan kanker.

Obat-obatan yang dapat menyebabkan kelelahan dan kehilangan nafsu makan seperti antibiotik, morfin, steroid anabolik, kodein, obat tidur, dan obat hipertensi serta darah rendah.

Mengalami infeksi akibat virus atau bakteri

Penyebab kehilangan nafsu makan dapat diakibatkan karena adanya bakteri atau virus seperti pilek, flu, infeksi pernapasan, gangguan pencernaan, asam lambung, alergi, keracunan makanan, sakit perut, hingga sembelit.

Tetapi kamu tidak usah khawatir dengan penurunan nafsu makan ini, karena umumnya dapat membaik kembali setelah sembuh dan menghilang.

Stres juga jadi penyebab tidak nafsu makan

Stres merupakan salah satu yang menjadi penyebab orang kehilangan nafsu makan. Pada beberapa kasus ada yang bersifat sementara, kamu akan kembali nafsu makan jika penyebab stres hilang.

Selain itu, tidak nafsu makan bisa disebabkan ketika kamu sedang merasa sedih, tertekan, berduka, cemas, bahkan mengalami gangguan makan seperti anoreksia.

Mengidap penyakit tertentu

Hal yang dapat berbahaya bagi tubuh kamu adalah ketika kamu tidak nafsu makan dikarenakan sedang mengidap penyakit berbahaya. Beberapa penyakit berbahaya seperti gagal jantung, diabetes, gagal ginjal, penyakit hati, bahkan kanker lambung.

Faktor usia

Biasanya orang yang sudah lanjut usia, nafsu makannya juga ikut menurun. Hal ini dikarenakan adanya perubahan pada fungsi kerja tubuh yang dapat memengaruhi sistem pencernaan, hormon, serta indra perasa dan penciuman.

Cara meningkatkan nafsu makan secara alami

Buat kamu yang sedang kesulitan untuk meningkatkan nafsu makan, berikut ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar nafsu makan kamu bertambah, seperti halnya:

Mengatur jadwal makan

Jika kamu memiliki jadwal makan yang teratur membuat tubuh kamu terbiasa mengonsumsi makanan pada waktu-waktu tertentu. 

Kamu bisa membiasakan diri untuk mengatur jadwal makan sendiri misalnya dengan membuat alarm untuk mengingatkan kamu saat waktu makan.

Makan lebih sering dalam porsi kecil

Kamu bisa menyiasatinya dengan memecah porsi makan yang biasanya normal menjadi porsi yang lebih kecil. 

Misalnya yang bisanya kamu makan sebanyak 3 kali sehari, kamu bisa memecahnya menjadi empat hingga lima kali dalam sehari dalam porsi yang lebih sedikit. 

Mengonsumsi makanan favorit

Hal ini adalah cara yang paling efektif untuk meningkatkan nafsu makan kamu. Melihat dan mengonsumsi makanan yang kamu suka dapat membuat kamu bersemangat untuk menyantapnya.

Tetapi harus diingat, jangan terlalu banyak makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji karena dapat membuat kamu terkena penyakit berbahya.

Olah makanan semenarik mungkin

Jika kamu bosan dan tidak selera dengan makanan yang itu-itu saja, kamu bisa membuat tampilan makanan kamu menjadi lebih menarik. Salah satu contohnya dengan memberikan sentuhan warna di makanan kamu.

Selain itu, kamu juga dapat mengubah tekstur makanan kamu menjadi lebih lunak dan kecil jika kamu sulit menelan atau mengunyahnya.

Hindari minum sebelum makan

Minum air sebelum makan dapat membuat kamu cepat kenyang dan mengurangi selera makan. Sebaiknya hindari minum 30 menit sebelum makan dan minumlah sedikit air saat sedang makan.

Olahraga

Olahraga mampu meningkatkan nafsu makan kamu, lho. Saat berolahraga, tubuh kamu akan membakar kalori yang dapat menambah selera makan untuk mengisi energi yang digunakan dan memicu perubahan hormon.

Tetapi efeknya tidak langsung bisa dirasakan. Kamu harus rutin melakukannya terlebih dahulu untuk merasakan manfaat dari olahraga terhadap perbaikan nafsu makan.

Tak perlu olahraga berat, ya. Kamu dapat melakukan olahraga sederhana seperti berjalan-jalan santai.

Meski kehilangan nafsu makan sering terjadi, sebaiknya kamu tetap waspada. Jangan sampai kamu terlambat mengetahui penyebabnya karena dapat bisa jadi berbahaya untuk kesehatan tubuh. Periksakan ke dokter jika tidak kunjung membaik!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
Berita Terkait
register-docotr