Info Sehat

Jangan Sampai Tertukar, Yuk Pahami Perbedaan Tumor dan Kanker!

May 25, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Tumor dan kanker memang mirip, tetapi sebenarnya berbeda, lho. Kamu perlu tahu apa perbedaan tumor dan kanker supaya penanganan tepat bisa dilakukan.

Hindari membuat diagnosis sendiri, ya. Untuk memahami perbedaan keduanya, kamu perlu melakukan pemeriksaan ke dokter.

Kenali lebih lanjut tentang perbedaan tumor dan kanker berikut ini, yuk!

Apa itu tumor dan kanker?

National Cancer Institute mendefinisikan tumor sebagai massa atau benjolan jaringan yang mungkin muncul menyerupai pembengkakan pada tubuh.

Yang perlu kamu tahu, tidak semua tumor bersifat kanker. Namun demikian, pemeriksaan lebih lanjut tetap perlu dilakukan.

Di sisi lain, kanker sendiri dapat menyebabkan tumor, kerusakan pada sistem kekebalan tubuh, dan gangguan lain yang berakibat fatal.

Baca juga: Ketahui Bahaya Gagal Ginjal, Pilih Pengobatan dan Mulai Pencegahannya

Jenis-jenis tumor

Tumor berkembang ketika sel bereproduksi terlalu cepat sehingga ukurannya menjadi bervariasi dan dapat muncul hampir di bagian tubuh mana saja.

Nah, ada tiga jenis utama tumor yang perlu kamu ketahui, yakni:

Tumor jinak

Tumor jinak tidak termasuk kanker dan tidak akan menyebar karena tubuh dengan sangat lambat. Penanganan bersama dokter bisa dilakukan untuk menghilangkan tumor dan biasanya masalah ini tidak muncul kembali atau hilang total.

Premalignan

Pada jenis tumor ini, sel-sel belum menjadi kanker namun memiliki potensi untuk berubah ganas. Nah, karena itu penanganan bersama dokter harus segera dilakukan sebelum menyebabkan masalah serius.

Tumor ganas

Tumor ganas umumnya bersifat kanker karena sel-sel dapat tumbuh dan menyebar ke bagian tubuh lain. Untuk itu, cara terbaik untuk menghindari pertumbuhan yang semakin serius maka pemantauan bersama dokter ahli perlu dilakukan.

Perbedaan tumor dan kanker

Ada beberapa perbedaan tumor dan kanker yang perlu kamu pahami, di antaranya:

  • Pertumbuhan kanker lebih cepat jika dibandingkan dengan sel tumor
  • Kanker bisa menyebar ke bagian tubuh lain (metastasis). Namun sel tumor hanya tumbuh dan berdiam di satu bagian tubuh saja
  • Jika kambuh, sel tumor cenderung akan tumbuh di bagian tubuh yang sama. Sementara kanker kekambuhan bisa terjadi di bagian tubuh lain, tidak selalu sama dengan lokasi sebelumnya
  • Tumor jinak umumnya diatasi dengan cara operasi saja. Namun pada kanker, pengobatan bisa lebih dari satu. Misalnya kombinasi dari kemoterapi, radiasi dan bahkan operasi

Ya, kanker memiliki istilah luas, namun umumnya menggambarkan penyakit akibat adanya perubahan sel yang menyebabkan pertumbuhan dan pembelahan sel tidak terkendali.

Beberapa jenis kanker mengakibatkan pertumbuhan sel secara cepat, namun jenis lainnya tumbuh dan membelah pada tingkat yang lebih lambat.

Beberapa bentuk kanker tertentu menghasilkan pertumbuhan yang terlihat atau disebut juga dengan tumor. Sel kanker di dalam tubuh dapat membentuk tumor, merusak sistem kekebalan tubuh, dan menyebabkan perubahan lain yang mencegah tubuh berfungsi dengan semestinya. 

Tumor seringkali muncul tanpa disadari sehingga sulit untuk mendeteksinya. Namun, kamu perlu mengetahui penyebab umum tumor, seperti akibat paparan radiasi, faktor genetika, melakukan diet, mengalami trauma atau cedera lokal, serta peradangan atau infeksi.

Baca juga: Ini Lho Penyebab Umum Adanya Benjolan di Belakang Telinga

Pengobatan tumor dan kanker

Dalam beberapa kasus, tumor jinak tidak harus memerlukan perawatan namun bisa juga dilakukan untuk mencegah pertumbuhan sel menjadi lebih berbahaya. Dokter biasanya akan melakukan pengobatan jika sudah mulai muncul gejala yang mengganggu.

Salah satu cara menangani tumor jinak adalah pembedahan, yakni jenis perawatan dengan mengangkatnya tanpa merusak jaringan di sekitarnya. Jenis perawatan yang mungkin akan dilakukan adalah radiasi. 

Sementara itu, perawatan kanker dilakukan tergantung pada jenis kanker dan seberapa parah penyakitnya. Biasanya, perawatan terhadap penyakit kanker yang umum dilakukan oleh dokter berupa operasi, kemoterapi dan terapi radiasi.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Medical News Today (2020), diakses 20 Mei 2020. What to know about cancer
  2. Webmd, diakses 20 Mei 2020. Benign Tumors
  3. Healthline (2016), diakses 20 Mei 2020. What Do You Want to Know About Cancer?
  4. Medical News Today (2019), diakses 20 Mei 2020. What are the different types of tumor?
  5. National Cancer Institute, diakses 20 Mei 2020. Tumor
    register-docotr