Kehamilan

Wajib Tahu, Ini Tips Aman untuk Ibu Hamil Saat Naik Pesawat

May 25, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Meski sedang hamil, tuntutan pekerjaan seringkali membuat ibu hamil harus bepergian naik pesawat. Bagaimana ya tips aman untuk ibu hamil saat naik pesawat?

Menerapkan tips ini penting supaya selama penerbangan kamu tetap bisa merasa aman dan tidak mengesampingkan kesehatan janin.

Yuk, simak tips-tipsnya berikut ini!

Amankah ibu hamil naik pesawat?

Berpergian saat hamil menggunakan pesawat sebenarnya aman dan tidak membahayakan bayi jika kehamilannya dalam kondisi sehat.

Namun demikian, kebanyakan maskapai penerbangan tidak memperbolehkan ibu hamil bepergian jika kehamilannya sudah memasuki usia 37 minggu.

Khusus untuk kehamilan bayi kembar, usia yang tidak diperbolehkan rata-rata yakni 32 minggu.

Terbang menggunakan pesawat biasanya tidak diekomendasikan jika kamu memiliki komplikasi kehamilan, seperti preeklampsia, risiko ketuban pecah dini dan risiko persalinan prematur.

Baca juga: Pentingnya Mencukupi Zat Besi untuk Ibu Hamil Demi Kesehatan Janin

Tips aman ibu hamil naik pesawat

Saat ingin berpergian dengan menggunakan pesawat, terkadang dapat membuat stres karena kamu harus mempersiapkan banyak hal.

Namun tak perlu khawatir, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar kamu merasa nyaman dan aman saat melakukan perjalanan. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba lakukan:

Pilihlah waktu yang tepat

Memilih waktu yang tepat merupakan hal terpenting yang harus kamu prioritaskan sebelum melakukan perjalanan.

Jika kamu ingin berpergian dengan nyaman, manfaatkanlah waktu di trimester kedua (minggu ke 14-27). Pada waktu ini biasanya kamu sudah jarang mual dan sudah lebih berenergi.

Tapi apabila kamu masih sering mual, cobalah memesan penerbangan sesuai dengan waktu yang tepat. Misalnya jika kamu sering mual di pagi hari, pilih penerbangan di sore hari.

Atur tempat duduk di dekat lorong

Ibu hamil biasanya akan sangat sering ke kamar mandi, duduk di dekat lorong akan memudahkan kamu keluar ketika kamu ingin ke kamar mandi.

Jika memungkinkan, pesanlah tempat duduk di bangku paling depan agar proses boarding bisa lebih lancar.

Jaga hidrasi tubuh

Memenuhi asupan cairan tubuh sangat penting bagi ibu hamil, terutama jika kamu ingin melakukan perjalanan menggunakan pesawat.

Minumlah banyak air putih dan hindari mengonsumsi kafein yang dapat membuatmu dehidrasi.

Kamu juga bisa menyediakan teh mint atau teh jahe untuk membantu menenangkan perut.

Bawa camilan sehat

Saat berpergian, sebaiknya jangan mengandalkan camilan di pesawat, ya. Bawalah camilan sehat yang dapat kamu makan saat lapar melanda.

Adapun beberapa camilan sehat yang direkomendasikan seperti telur rebus, almond, sayuran, hummus, dan buah potong.

Baca juga: Ini Daftar Makanan Sehat untuk Kesehatan Ibu Hamil

Berpakaian dengan nyaman

Suhu tubuh biasanya akan berfluktuasi saat hamil. Oleh karena itu sangat disarankan untuk berpakaian dalam lapisan yang longgar.

Misalnya saja kamu dapat mengenakan maxi dress, jumpsuit, atau sweater panjang merupakan pilihan yang bagus.

Tekanan kabin juga memungkinkan akan membuat kaki menjadi bengkak, jadi sebaiknya gunakan sepatu yang nyaman dan mudah untuk dilepas, ya.

Upayakan tidak terlambat check-in

Sebaiknya pergilah ke bandara lebih awal dari waktu yang ditentukan agar kamu tidak terburu-buru. Ini juga menghindari kamu dari berlari-lari mengejar waktu check-in.

Membawa hand sanitizer

Menjaga kebersihan di dalam pesawat juga harus kamu perhatikan. Hand sanitizer merupakan suatu keharusan yang harus kamu bawa untuk membasmi kuman di tangan.

Ukurannya yang kecil sangat memudahkan untuk dibawa. Kamu juga dapat membawa tisu yang dapat digunakan untuk menyeka meja, nampan, serta sandaran lengan agar kebersihan tetap terjaga.

Tetap bergerak untuk menghindari pegal

Jagalah sirkulasi darah dengan bergerak sebanyak mungkin yang kamu bisa saat dalam penerbangan. Kamu dapat berjalan naik turun di lorong, jika hal tersebut tidak memungkinkan kamu dapat melakukan stretching di tempat dudukmu.

Tips ibu hamil naik pesawat tersebut dapat kamu aplikasikan jika kamu akan berpergian dalam waktu dekat dengan menggunakan pesawat.

Moms, bepergian menggunakan pesawat memang aman. Namun sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter kandungan kamu, ya.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 20 Mei 2020. Is It Safe to Fly When Pregnant? 

Honest (2017). Diakses pada 20 Mei 2020. 9 Tips for Flying While Pregnant 

NHS (2018). Diakses pada 20 Mei 2020. Is It Safe to Fly While Pregnant?

    register-docotr