Info Sehat

Jangan Anggap Enteng, Kenali Penyebab Tekanan Darah Rendah di Sini

May 28, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Mengenal penyebab tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan salah satu cara mencegah efek yang ditimbulkan seperti pusing dan pening.

Bagi orang tua, tekanan darah rendah bahkan dapat membuat otak, jantung dan organ-organ vital yang lain kekurangan asupan darah dan oksigen yang dibawanya, lho.

Hipotensi sendiri merupakan situasi di mana tekanan darah kamu tercatat kurang dari 90/60. Sementara untuk tekanan darah optimal, angkanya kurang dari 120/80.

Tipe tekanan darah rendah

Penurunan tekanan darah yang tiba-tiba biasanya terjadi jika kamu berdiri dari posisi tidur atau pun duduk. Tipe tekanan darah ini dikenal sebagai hipotensi postural atau hipotensi ortostatik.

Tipe lainnya adalah jika kamu berdiri untuk waktu yang lama, ini dinamakan hipotensi mediasi neural.

Hipotensi postural merupakan kegagalan dari sistem kardiovaskular atau saraf untuk bereaksi dengan tepat terhadap perubahan yang tiba-tiba. Normalnya, ketika kamu berdiri, darah yang berada di bagian bawah tubuh akan menjadi sangat sedikit.

Tubuh akan mengakali hal ini dengan mengirimkan pesan ke jantung untuk berdetak lebih cepat dan juga pembuluh darah untuk mengerut. Apabila ini tidak terjadi atau terlalu lambat prosesnya, maka menyebabkan hipotensi postural dan bisa berujung pada pingsan.

Nah, untuk lebih mengenal lebih detail lagi apa saja penyebab tekanan darah rendah, kamu harus simak penjelasan yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini:

Kehamilan jadi penyebab tekanan darah rendah

Hipotensi normal terjadi selama masa kehamilan. Fluktuasi hormon dan perubahan di sirkulasi sering menyebabkan penurunan tekanan darah, terutama di trimester pertama dan kedua masa kehamilan.

Perubahan tekanan darah bergantung pada kadar energi, gaya hidup dan level stres dari ibu hamil tersebut. Tekanan darah juga bisa meninggi atau merendah di waktu-waktu tertentu.

Salah satu risiko terhadap perempuan yang memiliki darah rendah adalah jatuh pingsan. Dan jika sedang hamil, pingsan dapat membuat cedera ibu hamil dan membahayakan bayi yang sedang dikandung.

Tekanan darah rendah yang berat dapat membuat syok atau kerusakan organ. Hal ini dapat membuat darah sulit untuk menjangkau bayi dan berisiko bagi kesehatan bayi.

Baca juga: Ciri-ciri Hamil Muda Satu Minggu, Tanda dan Perhitungannya

Kurang darah sebabkan darah rendah

Berkurangnya volume darah dapat sebabkan penurunan tekanan darah. Pengurangan volume darah ini bisa disebabkan banyak hal, mulai dari cedera hingga kecelakaan yang membuat darah keluar dari tubuh.

Dehidrasi juga bisa menyebabkan tekanan darah berkurang, lho. Ketika kamu kurang minum, hal ini akan menyebabkan volume darahmu berkurang.

Konsumsi obat, penyebab tekanan darah rendah

Beberapa obat ini dapat menyebabkan darah menjadi rendah:

  • obat-obatan diuretik
  • obat untuk menangani tekanan darah tinggi
  • obat jantung yang termasuk beta blocker
  • obat untuk penyakit parkinson
  • antidepresan trisiklik
  • obat disfungsi ereksi terutama yang dikombinasikan dengan nitrogliserin
  • narkotika dan alkohol
  • obat-obatan lain yang bisa dibeli di apotek dan dikombinasikan dengan obat hipertensi

Penyakit jantung sebabkan darah rendah

Kondisi jantung yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah di antaranya adalah detak jantung lemah yang abnormal atau bradikardia, masalah pada katup jantung, serangan jantung dan gagal jantung.

Kondisi-kondisi tersebut akan membuat jantung kamu tidak sanggup untuk melakukan cukup sirkulasi darah untuk memenuhi kebutuhan dari tubuh.

Baca juga: Penyakit Jantung: Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya

Darah rendah karena masalah pada endokrin

Beberapa masalah seperti komplikasi dengan kelenjar penghasil hormon dalam sistem endokrin tubuh dapat sebabkan tekanan darah rendah.

Di antaranya adalah tiroid yang kurang aktif, penyakit paratiroid, ketidakcukupan adrenalin atau penyakit Addison, gula darah rendah dan beberapa kasus diabetes.

Septic shock, penyebab tekanan darah rendah

Kondisi ini terjadi ketika bakteri meninggalkan lokasi infeksi (biasanya terjadi di paru-paru, perut atau saluran kemih) dan memasuki aliran darah.

Bakteri ini dapat menghasilkan racun yang mengganggu pembuluh darah, lho.

Nantinya, kondisi itu akan menyebabkan penurunan tekanan darah yang mendalam dan membahayakan nyawa kamu.

Alergi berat jadi penyebab tekanan darah rendah

Kondisi anafilaksis adalah reaksi alergi yang terkadang fatal dan dapat terjadi jika kamu sangat sensitif terhadap obat-obatan seperti penisilin, juga kepada beberapa makanan seperti kacang atau sengatan lebah.

Ciri-ciri dari syok ini adalah akan adanya masalah pada pernapasan, gatal-gatal, pembengkakan kerongkongan serta penurunan tekanan darah yang tiba-tiba dan hebat.

Kekurangan nutrisi sebabkan darah rendah

Kekurangan vitamin B-12 dan asam folat dapat menyebabkan anemia, yang dapat berujung pada rendahnya tekanan darah.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Medicalnewstoday.com (2017) diakses 25 Mei 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320303
  2. Heart.org (2016) diakses 25 Mei 2020. https://www.heart.org/en/health-topics/high-blood-pressure/the-facts-about-high-blood-pressure/low-blood-pressure-when-blood-pressure-is-too-low
  3. Healthline.com (2019) diakses 25 Mei 2020. https://www.healthline.com/health/hypotension
  4. Webmd.com (2019) diakses 25 Mei 2020. https://www.webmd.com/heart/understanding-low-blood-pressure-basics#1

 

    Berita Terkait
    register-docotr