Waspada! Gangguan Kesehatan Ini Bisa Muncul Saat Puasa Jika Kamu Tidak Bijak

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Bagaikan dua sisi koin, di balik segala manfaat yang dirasakan tubuhmu saat puasa, ada juga gangguan kesehatan yang bisa saja terjadi saat puasa.

Gangguan kesehatan ini beragam, ada yang ringan dan bisa menunggu hingga waktu berbuka untuk mengatasinya. Namun tidak jarang ada juga gangguan kesehatan yang perlu segera ditangani.

Nah, supaya kamu lebih waspada, maka kami sampaikan informasi yang kami rangkum dari berbagai sumber tentang beberapa gangguan kesehatan yang bisa terjadi saat puasa berikut ini:

Gangguan kesehatan saat puasa paling sering terjadi

Orang yang berpuasa umumnya mengalami dehidrasi. Hal ini lumrah karena tubuhmu tidak mendapatkan asupan cairan.

Jika didiamkan, dehidrasi bisa membawamu pada masalah kesehatan lain. Diantaranya adalah meningkatnya rasa lelah, terganggunya fungsi mental seperti daya ingat hingga konsentrasi tubuhmu.

Beberapa masalah lain dari dehidrasi adalah rendahnya tekanan darah, keletihan, hingga yang paling parah kamu bisa saja pingsan.

Oleh karena itu, selama Ramadhan kamu harus banyak-banyak minum. Hal ini penting untuk membuat kandungan air dalam tubuhmu tetap terjaga.

Bahaya produksi urine berkurang

Setelah kita tahu ada risiko dehidrasi, maka masalah lain yang perlu kamu ketahui adalah berkurangnya produksi urine atau yang biasa disebut Oliguria pada saat puasa.

Oliguria bisa diartikan sebagai pengeluaran urine yang kurang dari 500 mL per hari. Kamu harus waspada dan perlu memperhatikan lebih lanjut masalah ini karena bisa saja ini tanda awal dari gagal ginjal.

Selain gagal ginjal, jika pengeluaran urine tidak kunjung membaik, beberapa penyakit lain seperti darah tinggi, gagal jantung, anemia serta masalah pencernaan bisa datang.

Oleh karena itu, pastikan kebutuhan 3 liter atau 13 gelas air per harinya kamu penuhi. Dan minumlah sedikit demi sedikit agar tidak langsung dibuang menjadi urine.

Sakit kepala: gangguan kesehatan yang bikin tak fokus

Gangguan kesehatan lain yang bisa kamu dapatkan adalah sakit kepala. Umumnya ini terjadi karena kamu dehidrasi, lapar hingga kurang tidur dalam masa puasa kamu.

Kamu harus waspada terhadap sakit kepala, ya! Karena penyakit ini juga memiliki beragam komplikasi. Jika sakit kepala terlalu sering terjadi, maka aktivitasmu akan sangat terganggu.

Jika sudah begini, maka kualitas hidupmu akan rendah dan kamu tidak bisa lagi untuk beraktivitas dengan normal. Puncaknya, sakit kepala bisa berujung pada sakit struk.

Karena itu, pastikan asupan makananmu dan waktu istirahatmu saat puasa, ya! Dan yang paling penting, jangan lupa untuk segera berkonsultasi ke dokter apabila kamu merasakan sakit lebih lanjut.

Hati-hati dengan risiko heartburn

Heartburn adalah suatu situasi di mana kamu merasakan sensasi terbakar di dadamu, tepat di belakang tulang dada. Sensasi ini biasanya muncul dan memburuk setelah makan, malam hari, atau pada saat kamu berbaring.

Heartburn diakibatkan oleh asam lambung yang naik ke rongga yang biasa dilalui makanan dari mulut ke perut (esophagus). Asam lambung ini sebetulnya merupakan sesuatu yang penting untuk mencerna makanan dan memunuh bakteri.

Faktanya,saat kita tidak makan atau kurang asupan makanan, produksi asam lambung pun cenderung berkurang.

Akan tetapi dengan hanya mencium datau bahkan kita menghayal soal makanan saja saat puasa, hal ini akan memicu otak untuk memberi tahu lambung untuk memproduksi asam, dan ujungnya, kamu akan merasakan heartburn.

Keletihan pun bisa jadi gangguan kesehatan saat puasa

Puasa membutuhkan banyak energi. Oleh karena itu kamu harus pandai dalam mengakali asupan makananmu. Jika tidak,risikonya adalah tubuhmu akan merasa sangat letih.

Rasa letih tentu akan sangat mengganggu aktivitas yang kamu jalani selama berpuasa. Jika kamu adalah seorang pekerja, maka performamu bukan tidak mungkin akan kurang optimal.

Yang paling mungkin terjadi adalah kamu akan kurang fokus dalam pekerjaanmu dan reaksi tubuhmu pun akan jadi lambat.

Keletihan ini juga bisa disebabkan oleh kurangnya waktu istirahat. Jadi, bijaklah dalam mengorganisir waktumu, terutama jika harus sahur terlebih dahulu pada waktu subuh.

Jangan ragu untuk berkonsultasi seputar kesehatan kamu dengan dokter di Good Doctor! Buka aplikasi Grab dan pilih fitur Kesehatan, atau bisa langsung klik di sini.

  1. Nutrition.org.uk (2014) diakses 24 April 2020. https://www.nutrition.org.uk/nutritionscience/life/dehydrationelderly.html
  2. Healthgrades.com (2019) diakses 24 April 2020. https://www.healthgrades.com/right-care/migraine-and-headache/headache
  3. Medicalnewstoday.com (2015) diakses 24 April 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/295914
  4. Tc.gc.ca (2011) diakses 24 April 2020. https://www.tc.gc.ca/eng/civilaviation/publications/page-6121.htm
  5. Healthengine.com.au (2005) diakses 24 April 2020. https://healthengine.com.au/info/oliguria-decreased-urine-production
  6. Healthline.com (2019) diakses 24 April 2020. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/dry-fasting#side-effects
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin