Info Sehat

Jarang Diketahui! Ini 7 Cara Meningkatkan Daya Ingat secara Alami

May 28, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Memori atau ingatan akan berada dalam kondisi sempurna jika otak berfungsi dengan baik. Tentu kemampuan fungsi otak sangat bergantung dari kesehatan otak itu sendiri. Oleh karena itu, cara paling efektif meningkatkan daya ingat adalah dengan menjaga kesehatan otak.

Sayangnya, kebiasaan atau pola hidup yang buruk seringkali membuat kinerjanya menurun. Apa saja kebiasaan-kebiasaan itu? Lalu, bagaimana cara meningkatkan daya ingat yang mudah dilakukan?

Baca Juga: Bukan Cuma untuk Mata, Ternyata Ini Segundang Manfaat Wortel!

1. Cara meningkatkan daya ingat dengan olahraga

Berolahraga bukan hanya baik untuk tubuh, tapi juga untuk kesehatan otak. Ada banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa gerak tubuh yang rutin bisa memacu sekresi protein pelindung saraf dan meningkatkan perkembangan neuron.

Hasilnya, semua bagian otak akan berfungsi dengan baik, termasuk lobus temporal dan hipokampus yang berfungsi menjaga memori. Selain itu, olahraga yang teratur bisa menghindarkanmu dari risiko terkena demensia, gangguan otak berupa kesulitan berpikir dan penurunan daya ingat.

Tidak perlu olahraga berat, cukup lakukan exercise ringan seperti aerobik, berenang, bersepeda, atau sekadar jogging di sekitar rumah.

2. Kurangi asupan gula

Mengonsumsi makanan atau minuman dengan kadar gula yang tinggi sebaiknya dihindari, karena dapat membuat kemampuan kognitif pada otak menurun. Makanan atau minuman tinggi gula bisa memperburuk kinerja dan fungsi otak, terutama pada bagian yang menyimpan memori.

Baca juga: Diabetes: Yuk, Kenali Penyebabnya Sebelum Terlambat

3. Cara meningkatkan daya ingat dengan meditasi

Cara meningkatkan daya ingat selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan meditasi. Cara ini mungkin terdengar asing untuk sebagian masyarakat Indonesia. Tapi, teknik ini bisa membuatmu memiliki daya ingat lebih baik dan fokus dalam melakukan sesuatu.

Saat melakukan meditasi, pikiran akan terpusat di satu titik. Jika dilakukan secara rutin, ini bisa memacu terjadinya plastisitas otak, yaitu kondisi saat otak mudah untuk berpikir dan mengingat sesuatu.

4. Cara meningkatkan daya ingat dengan cokelat

Siapa sangka, ternyata makan cokelat hitam bisa membantumu dalam meningkatkan daya ingat. Berdasarkan penelitian dark chocolate mengandung flavonoid kakao, yaitu senyawa aktif yang bisa memperlancar aliran darah ke otak.

Dengan sirkulasi darah yang baik, otak akan mendapatkan fungsi terbaiknya, termasuk pada bagian yang berperan dalam mengendalikan daya ingat.

Tapi, tidak semua cokelat bisa memberikan manfaat menakjubkan ini. Pilih cokelat hitam yang mengandung setidaknya 72 persen kakao di dalamnya.

5. Jauhi alkohol

Alkohol adalah minuman yang dapat merusak segalanya, termasuk otak. Contoh kecilnya, saat sedang mabuk, seseorang akan sulit mengontrol tindakan dan ucapannya. Ini disebabkan adanya kerusakan sementara pada saraf otak.

Alkohol mampu memberikan efek neurotoksik, mampu merusak bagian hipokampus pada otak. Hipokampus sendiri merupakan bagian dari otak yang berfungsi mengendalikan daya ingat.

6. Perbanyak makan produk laut

Para pencinta ikan laut dipercaya memiliki daya ingat lebih menakjubkan daripada mereka yang menghindari seafood. Ikan laut mengandung omega-3 alami yang sangat bermanfaat untuk kesehatan otak.

Omega-3 ini terdiri dari asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA) yang bisa meningkatkan daya ingat. Itulah alasan mengapa para ibu hamil sangat disarankan sering mengonsumsi ikan laut, agar otak pada janin bisa berkembang secara optimal.

DHA dan EPA pada omega-3 dari ikan laut bekerja dengan mencegah terjadinya penurunan kemampuan kognitif.

Baca juga: Wajib Dicoba, Menu Diet Tanpa Nasi yang Mudah dan Bergizi

7. Tidur yang cukup

Menjaga kualitas dan kuantitas tidur merupakan salah satu cara meningkatkan daya otak yang paling mudah untuk dilakukan. Artinya, kamu perlu memerhatikan jam tidurmu agar otak bisa beristirahat dan mendapatkan kembali fungsi terbaiknya.

Pakar kesehatan merekomendasikan orang dewasa untuk tidur selama tujuh hingga sembilan jam dalam sehari. Saat kamu kurang tidur, saraf kognitif pada otak tidak akan bekerja dengan maksimal.

Kamu akan lebih sulit mengingat atau berkonsentrasi jika terbiasa tidur terlalu malam tapi bangun terlalu pagi.

Itulah tujuh cara meningkatkan daya ingat yang bisa kamu terapkan setiap hari. Yuk, hindari aktivitas atau kebiasaan yang bisa menurunkan fungsi otak!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

  1. Healthline, diakses 21 Mei 2020, 14 Natural Ways to Improve Your Memory.
  2. Medical News Today, diakses 21 Mei 2020, How to improve your memory: 8 techniques to try.

    register-docotr