Diabetes: Yuk, Kenali Penyebabnya Sebelum Terlambat

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Ada banyak berbagai faktor yang menyebabkan orang terkena penyakit diabetes. Salah satunya adalah gaya hidup yang kurang sehat. Agar lebih jelas, mari kita pahami berbagai penyebab diabetes di bawah ini!

Apa penyebab diabetes?

Pada umumnya, diabetes dapat terjadi akibat pola hidup yang salah seperti mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Hal ini menyebabkan kadar gula darah di dalam tubuh menjadi tinggi. Berikut beberapa penyebab diabetes, antara lain:

Kelebihan berat badan

Obesitas merupakan suatu kondisi di mana tubuh memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi. Kadar lemak yang terlalu tinggi yang menjadi salah satu penyebab diabetes. 

Hal ini disebabkan karena pankreas hanya menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup untuk mempertahankan kadar glukosa.

Seseorang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki cadangan dan volume lemak yang besar sehingga menyebabkan resistensi insulin.

Akibatnya, gula tidak dapat mencapai sel-sel tubuh dan menetap di pembuluh darah.

Disfungsi pankreas

Kondisi ini terjadi ketika pankreas tidak mampu memproduksi insulin yang diperlukan untuk memecah makanan dan mengubahnya menjadi energi.

Jika pankreas tidak dapat menghasilkan insulin yang cukup atau bahkan tidak sama sekali memproduksi insulin, maka akan meningkatkan kadar gula darah tinggi yang menyebabkan diabetes.

Keturunan

Penyakit ini merupakan penyakit yang sifatnya turun temurun. Tapi bukan berarti jika ayah atau ibu terkena diabetes kamu pun akan mengalami hal serupa.

Kondisi tersebut hanya menunjukkan bahwa kamu memiliki peluang lebih besar terkena penyakit ini.

Pola makan tidak sehat

Tidak hanya orang tua saja, tetapi banyak anak muda yang rentan yang terkena penyakit ini. Kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat seperti junk food yang akan meningkatkan risiko terkena diabetes.

Stres berlebihan

Stres merupakan faktor penting pemicu diabetes. Banyak anak muda yang dilanda stres karena urusan pekerjaan, tugas sekolah atau kuliah yang menyebabkan stres.

Stres membuat anak muda mengonsumsi makanan manis untuk meredakan stres. Padahal hal tersebut dapat menyebabkan munculnya diabetes.

Kurang tidur

Kurang tidur akan membuat ritme sirkandian terganggu yang dapat memicu perubahan hormon di tubuh seperti insulin yang berperan untuk mengatur kadar gula dalam tubuh.

Kebiasaan merokok

Kebiasaan buruk menjadi penyebab anak muda berisiko tinggi terkena penyakit diabetes. Bahan utama rokok, yaitu tembakau yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan resistensi hormon insulin.

Makanan penyebab diabetes

Konsumsi makanan merupakan salah satu penyebab diabates. Berikut beberapa makanan penyebab diabetes:

Makanan karbohidrat tinggi

Makanan seperti nasi putih, tepung terigu, pasta, roti, dan kentang goreng merupakan makanan dengan karbohidrat tinggi dan rendah serat. Makanan tersebut lebih dominan dengan kalori yang memiliki kadar gula tinggi.

Kamu bisa mengonsumsi makanan karbohidrat lain seperti oatmeal, kacang-kacangan, ubi rebus, roti gandum tanpa gula, dan makanan yang berasal dari biji-bijian utuh seperti beras coklat.

Makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans

Lemak jenuh dan lemak trans tidak sehat bagi tubuh karena dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah sehingga dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.

Jenis lemak tersebut terdapat pada daging merah, daging olahan, mentega, selai kacang, krimmer, keju, susu tinggi lemak, makanan cepat saji, kripik kentang, dan kue.

Manisan buah kering

Meski bahan dasarnya adalah buah, tetapi buah yang dikeringkan memiliki kadar gula tinggi. Contohnya adalah kismis yang berasal dari buah anggur yang dikeringkan. 

Minuman bersoda

Minuman jenis ini merupakan minuman penyebab utama gula darah tinggi. Minuman ini mengandung tambahan gula sehingga dapat menyebabkan bertambahnya berat badan dan kerusakan pada gigi.

Minuman beralkohol

Alkohol merupakan penyebab gula darah menjadi tinggi. Jika penderita diabetes masih rutin mengonsumsi alkohol dapat memperparah kondisi dan dapat menyebabkan komplikasi diabetes.

Sebaiknya kamu harus memperbanyak minum air putih, membatasi penggunaan gula pada kopi, teh, jus, dan susu. 

Jagalah kesehatanmu dengan konsumsi makanan sehat secukupnya dan seimbangkan dengan olahraga agar kamu terhindar dari penyakit diabetes.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar penyakit diabetes? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

  1. healthline.com (2018) diakses 18 Mei 2020. Everything You Need to Know About Diabetes. 18 Mei 2020 puku; 18.30.
  2. diabetes.co.uk (2019) diakses 18 Mei 2020. Causes of Diabetes. 18 Mei 2020 pukul 18.45.
  3. healthline.com (2017) diakses 18 Mei 2020. 11 Foods to Avoid With Diabetes. 18 Mei 2020 pukul 19.00.
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin