Info Sehat

Mimpi Secara Sadar, Apa Sebenarnya yang Dimaksud dengan Lucid Dream?

June 20, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Apakah kamu pernah tiba-tiba menyadari bahwa kamu sedang bermimpi? Atau, pernahkah kamu berhasil mengendalikan jalan cerita mimpi yang kamu alami?

Jika jawaban untuk salah satu pertanyaan tersebut adalah “ya”, maka kamu telah mengalami apa yang disebut dengan lucid dream.

Mari kenali apa itu lucid dream, termasuk manfaat dan risikonya bagi kesehatan lewat artikel berikut.

Baca juga: Yum… Intip 7 Makanan untuk Meningkatkan Kinerja Otak Orang Dewasa

Apa itu lucid dream?

Ketika bermimpi, umumnya seseorang tidak akan tahu bahwa mimpi itu tidak nyata. Namun ternyata ada beberapa orang dapat memasuki mimpi dan sepenuhnya menyadari fakta bahwa mereka sedang bermimpi.

Dilansir dari Medical News Today, kondisi tersebut dinamakan dengan lucid dream. Ini diartikan sebagai sebuah mimpi di mana pemimpi, sadar bahwa mereka sedang bermimpi,

Dari Very Well Mind, penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kemampuan tinggi untuk memantau pikiran mereka sendiri, lebih mungkin mengalami lucid dream.

Cara mendapatkan lucid dream

Berikut adalah beberapa cara yang mungkin bisa kamu coba jika ingin merasakan sensasi lucid dream.

1. Dapatkan lebih banyak tidur REM

Karena lucid dream biasanya terjadi selama tidur REM (rapid eye movement), maka menghabiskan lebih banyak waktu di tahap ini akan meningkatkan peluang kamu mengalami mimpi yang satu ini.

Kamu dapat memperpanjang tidur REM dengan tidur secara cukup. Untuk mempraktikkan kebiasaan tidur yang baik kamu bisa melakukan:

  • Ikuti jadwal tidur
  • Berolahraga setiap hari
  • Hindari memainkan barang elektronik sebelum tidur
  • Ciptakan lingkungan tidur yang santai
  • Hindari kafein dan alkohol sebelum tidur.

Bahkan jika kamu tidak mengalami lucid dream, kebiasaan-kebiasaan di atas akan membantu kamu mendapatkan tidur yang nyenyak.

2. Buat jurnal mimpi

Banyak orang menggunakan buku harian, untuk membantu mencapai lucid dream. Caranya adalah dengan menuliskan isi mimpi, karena ini akan memaksa kamu untuk mengingatnya.

Hal tersebut dianggap bisa membantu otak untuk menjadi lebih sadar akan mimpi. Untuk membuat jurnal mimpi, simpan buku catatan dan pena di samping tempat tidur.

Selanjutnya, tuliskan mimpi segera setelah bangun dan baca jurnal tersebut secara teratur untuk membiasakan otak dengan mimpi-mimpimu.

Manfaat lucid dream

Meskipun ini adalah area di mana penelitian lebih lanjut diperlukan, lucid dream mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan meliputi:

1. Meningkatkan keterampilan motorik

Memvisualisasikan gerakan fisik dapat meningkatkan kemampuan motorik anggota tubuh di dunia nyata.

Ini karena jika kamu melakukan keterampilan motorik saat bermimpi, bagian otak yang mengontrol gerakan juga ikut aktif. Dalam hal ini, lucid dream dianggap dapat membantu proses rehabilitasi anggota tubuh bagi penyandang cacat fisik.

Ini juga dapat bermanfaat bagi orang-orang tanpa cacat fisik yang ingin meningkatkan kinerja olahraga dan keterampilan motorik lainnya.

2. Tingkatkan kreativitas

Biasanya, orang yang kreatif lebih cenderung mengalami lucid dream. Ini mungkin karena kemampuan mereka untuk mengingat mimpi dan memvisualisasikan peristiwa cukup kuat.

Meskipun hal ini belum dibuktikan secara ilmiah, namun banyak orang menggunakan lucid dream untuk mengasah kreativitas mereka.

3. Mengurangi kecemasan

Lucid dream juga mungkin berguna untuk mengurangi gejala kecemasan ataupun gangguan stres pasca-trauma (PTSD). Karena mimpi jenis ini memungkinkan kamu untuk mengeksplorasi situasi secara terkendali.

Dengan begitu kamu bisa berlatih melakukan hal-hal yang biasanya memicu kecemasan, atau belajar bersantai dalam situasi yang biasanya akan menyebabkan stres di dunia nyata.

Baca Juga: Sering Terjadi Saat Remaja, Ini Penyebab Mimpi Basah yang Perlu Diketahui!

Risiko kesehatan yang mungkin timbul akibat lucid dream

Satu kekhawatiran yang diungkapkan beberapa ahli tentang terlibat dalam lucid dreams, adalah pelakunya mungkin “terjebak” dalam mimpi dan merasa lebih sulit untuk bangun.

Kekhawatiran lain yang muncul adalah bahwa orang yang terlibat dalam lucid dream jadi tidak mendapatkan cukup istirahat karena kelelahan atau kualitas tidur menjadi lebih buruk.

Lucid dream juga rentan mengaburkan kenyataan dan mimpi, sehingga sulit untuk menentukan apa yang sebenarnya nyata terjadi. Tumpang tindih antara kenyataan dan mimpi juga dapat menyebabkan keterputusan dari lingkungan atau diri kamu sendiri.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Very Well Mind diakses pada 18 Juni 2021

Medical News Today diakses pada 18 Juni 2021

Healthline diakses pada 18 Juni 2021

    register-docotr