Info Sehat

Ragam Manfaat Minyak Kelapa untuk Eksim: Jaga Hidrasi Kulit hingga Mengurangi Peradangan!

April 27, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Selain pengobatan medis, terdapat beberapa pengobatan alami yang dikatakan dapat membantu mengurangi atau meredakan gejala, salah satunya adalah minyak kelapa untuk eksim.

Eksim (dermatitis atopik) adalah suatu kondisi yang bisa menyebabkan kulit menjadi kemerahan, gatal, kering, atau bersisik. Kondisi ini seringkali memengaruhi anak-anak dan gejalanya dapat kambuh atau mereda hingga dewasa.  

Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai minyak kelapa, yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga: Eksim Kering

Manfaat minyak kelapa untuk eksim

Penting diketahui bahwa minyak kelapa mengandung asam laurat, yakni asam lemak sehat yang juga ditemukan dalam air susu ibu (ASI). Asam laurat adalah bahan dalam pengobatan alami untuk masalah kesehatan tertentu, termasuk eksim.

Nah, berikut ini adalah manfaat minyak kelapa untuk eksim yang perlu kamu ketahui.

1. Menghidrasi kulit

Tak hanya bisa menyebabkan gejala tertentu, eksim juga bisa menurunkan kemampuan kulit untuk tetap mempertahankan hidrasinya.

Menurut sebuah studi yang diterbirkan dalam International Journal of Dermatology penggunaan minyak kelapa murni dapat meningkatkan hidrasi kulit pada anak-anak yang memiliki eksim.

2. Manfaat minyak kelapa untuk eksim yakni mengurangi bakteri

Selanjutnya, minyak kelapa untuk eksim juga dapat membantu mengurangi bakteri, jamur, atau virus pada kulit. Manfaat ini tidak lepas dari kandungan asam laurat yang terdapat dalam minyak kelapa. Hal ini juga dapat mengurangi risiko infeksi akibat menggaruk kulit yang gatal.

Menurut sebuah laporan dalam Journal of the American Oil Chemists’ Society, asam laurat memiliki sifat antimikroba, sehingga membuatnya efektif dalam mengurangi bakteri, jamur, ataupun virus.

Sebagai tambahan, asam laurat juga membuat minyak kelapa mudah terserap dalam kulit, sehingga meningkatkan manfaat kelembapannya.

3. Mengurangi tingkat peradangan pada kulit

Minyak kelapa memiliki sifat antiinflamasi, hal ini juga dapat membantu mengurangi gejala yang tidak nyaman akibat eksim.

4. Manfaat minyak kelapa untuk eksim yakni mengurangi stres oksidatif

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research menunjukkan bahwa antioksidan dapat bermanfaat dalam pengobatan dermatitis atopik.

Sementara itu, studi lain yang dipublikasikan dalam Food and Function menemukan bahwa sifat antioksidan dari minyak kelapa murni dapat membantu mengurangi stres oksidatif pada hewan. Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terhadap manusia.

Baca juga: Daftar Obat Eksim Kering dari yang Alami sampai Pengobatan Medis

Adakah efek samping yang dapat ditimbulkan?

Berdasarkan Healthline, penggunaan minyak kelapa umumnya dianggap aman. Meskipun demikian, sebelum menggunakan minyak kelapa untuk eksim sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter.

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua orang memiliki pemicu eksim yang sama. Minyak kelapa mungkin saja dapat membantu meredakan gejala eksim pada sebagian orang.

Namun sebagian lainnya mungkin tidak mendapatkan manfaat yang sama, misalnya saja pada seseorang yang memiliki alergi terhadap minyak kelapa. Jika kamu memiliki alergi terhadap kelapa, sebaiknya hindari penggunaan minyak kelapa.

Jika kamu ingin menggunakan minyak kelapa, sebaiknya pilih minyak kelapa berkualitas tinggi, organik, dan murni atau extra-virgin untuk memastikannya diekstraksi tanpa bahan kimia tambahan. Sebab, bahan kimia tertentu dapat mengiritasi kulit.

Penting juga diketahui bahwa minyak kelapa tidak menyembuhkan eksim, melainkan dapat membantu mengurangi gejala eksim dan menenangkan kulit, meredakan iritasi dan rasa gatal, serta mengurangi risiko infeksi.

Bagaimana cara menggunakan minyak kelapa untuk eksim?

Terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin menggunakan minyak kelapa untuk meredakan gejala dari kondisi ini. Jangan menghentikan perawatan medis yang tengah dijalani jika kamu ingin menggunakan minyak kelapa pada eksim.

Sebaiknya, bicarakan terlebih dahulu pada dokter, jika kamu ingin menggunakan minyak kelapa. Tak hanya itu, jangan langsung mengoleskan minyak kelapa dalam jumlah besar.

Sebaiknya, oleskan sedikit minyak kelapa pada kulit yang tidak terkena eksim terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk melihat apakah terdapat reaksi alergi atau tidak. Jika tidak terdapat reaksi alergi, kamu dapat mengoleskan minyak kelapa pada kulit sebanyak 2 kali sehari.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaat minyak kelapa untuk eksim. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar manfaat lainnya dari minyak kelapa, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2020). Diakses pada 19 April 2021. Coconut Oil for Eczema: Does It Work?

Mayo Clinic (2020). Diakses pada 19 April 2021. Atopic dermatitis (eczema) 

Medical News Today (2018). Diakses pada 19 April 2021. How to use coconut oil for eczema 

National Eczema Association (2018). Diakses pada 19 April 2021. Get the Facts: Coconut Oil 

NCBI (2013). Diakses pada 19 April 2021. Role of Reactive Oxygen Species and Antioxidants in Atopic Dermatitis 

NIH (2013). Diakses pada 19 April 2021. Effect of virgin coconut oil enriched diet on the antioxidant status and paraoxonase 1 activity in ameliorating the oxidative stress in rats – a comparative study 

NIH (2013). Diakses pada 19 April 2021. The effect of topical virgin coconut oil on SCORAD index, transepidermal water loss, and skin capacitance in mild to moderate pediatric atopic dermatitis: a randomized, double-blind, clinical trial 

Journal of the American Oil Chemists’ Society (2014). Diakses pada 19 April 2021. The Properties of Lauric Acid and Their Significance in Coconut Oil 

    register-docotr