Info Sehat

Manfaat Kacang Kenari untuk Tubuh, Jaga Kesehatan Jantung hingga Dukung Fungsi Otak

January 2, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Manfaat kacang kenari untuk kesehatan tubuh cukup banyak karena mengandung berbagai macam nutrisi di dalamnya. Kenari merupakan jenis kacang dengan sumber lemak, protein, dan serat yang sehat.

Kacang kenari tersedia mentah atau dipanggang, dan diasinkan atau tidak diasinkan. Nah, untuk mengetahui manfaat kacang kenari untuk kesehatan lebih lengkap yuk simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Penggunaan Microwave Bisa Picu Kanker? Ini Fakta Penting yang Perlu Diketahui!

Kandungan nutrisi dalam kacang kenari

Dilansir dari Medical News Today, kenari juga terkandung sumber baik seperti mangan, tembaga, magnesium, fosfor, vitamin B6, dan besi.

Dalam 1 cangkir kenari organik tanpa merek atau 30 gram mengandung energi 200 kalori, karbohidrat 3,89 gram, gula 1 gram, serat 2 gram, protein 5 gram, lemak 20 gram, hingga kalsium 20 mg.

Kacang jenis ini memiliki reputasi sebagai makanan berkalori dan berlemak tinggi. Namun, kenari juga padat nutrisi dan menyediakan lemak yang menyehatkan untuk jantung.

Apa saja manfaat kacang kenari untuk kesehatan?

Beberapa manfaat kacang kenari yang mungkin akan didapatkan, antara lain sebagai berikut:

Menjaga kesehatan jantung

Asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang ditemukan dalam kenari telah terbukti dapat menurunkan kadar LDL kolesterol dan trigliserida. Hal ini yang pada faktanya mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, stroke, dan serangan jantung. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa risiko penyakit jantung koroner 37 persen lebih rendah jika mengonsumsi kacang secara teratur.

Hasil meta analisis yang diterbitkan pada 2009 menunjukkan bahwa diet tinggi kenari dikaitkan dengan peningkatan profil lipid dan kolesterol.

Para peneliti juga menyimpulkan bahwa kenari dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan peradangan. Pada 2003, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS atau FDA menyetujui jika makan 1,5 ons kacang kenari per hari bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Manfaat kacang kenari termasuk membantu menurunkan berat badan

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, konsumsi kacang secara rutin dikaitkan dengan tingkat penggunaan energi yang lebih tinggi saat istirahat.

Pada sebuah uji coba, diet kacang-kacangan dalam jumlah sedang menunjukkan penurunan berat badan yang lebih besar. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa wanita yang jarang makan kacang memiliki insiden kenaikan berat badan lebih besar, Terlebih lagi, makan kenari bahkan dapat membantu mengontrol nafsu makan. 

Dalam studi terkontrol pada 10 orang gemuk, minum smoothie yang dibuat dengan sekitar 1,75 ons atau 48 gram kenari sekali sehari dalam lima hari dapat menurunkan nafsu makan.

Selain itu, manfaat lain yang mungkin didapat adalah meningkatkan aktivasi di wilayah otak sehingga membantu menahan isyarat untuk makan.

Memperbaiki kesehatan tulang

Manfaat kacang kenari salah satunya adalah memperbaiki kesehatan tulang karena merupakan sumber mineral tembaga yang baik. Perlu diketahui, kekurangan tembaga yang parah dikaitkan dengan kepadatan tulang rendah di mana dapat meningkatkan risiko osteoporosis.

Osteoporosis merupakan suatu kondisi di mana tulang menjadi lebih tipis dan kurang padat sehingga lebih mudah patah. Selain osteoporosis, kekurangan tembaga dapat menyebabkan tubuh sulit menggantikan jaringan ikat yang rusak.

Kondisi ini bisa mengakibatkan berbagai masalah, termasuk disfungsi sendi. Kacang kenari mengandung mangan dalam jumlah tinggi yang telah terbukti dapat mencegah osteoporosis.

Magnesium dan mineral lain di kacang kenari penting untuk pembentukan tulang karena membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang.

Menurunkan tekanan darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan kenari dapat membantu menurunkan tekanan darah, termasuk pada orang dengan tekanan darah tinggi dan orang sehat yang sedang stres.

Pada akhir penelitian, orang-orang yang menjalani diet kacang mengalami penurunan tekanan darah diastolik 0,65 mmHg lebih besar.

Hal ini menunjukkan bahwa kacang-kacangan dapat sedikit meningkatkan manfaat tekanan darah dari diet jantung sehat. Kondisi tersebut sangat penting karena perbedaan kecil dalam tekanan darah dianggap berdampak besar pada risiko kematian akibat penyakit jantung. 

Manfaat kacang kenari yakni mendukung fungsi otak 

Manfaat kacang kenari lainnya yang perlu diketahui adalah dapat mendukung fungsi otak.

Studi pada hewan dan tabung reaksi menemukan bahwa nutrisi dalam kenari, termasuk lemak tak jenuh ganda, polifenol, dan vitamin E mampu membantu mengurangi kerusakan oksidatif dan pembengkakan otak.

Studi observasi pada orang dewasa yang lebih tua telah mengaitkan makan kenari dengan fungsi otak lebih baik. Beberapa fungsinya, yakni kecepatan pemrosesan yang lebih cepat, lebih banyak fleksibilitas mental, dan memori lebih baik. 

Baca juga: Manfaat Tanaman Lobelia Bisa Atasi Depresi? Yuk Simak Fakta Medisnya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Webmd (2019), diakses 21 Desember 2020. Health Benefits of Walnuts
  2. Medical News Today (2018), diakses 21 Desember 2020. What are the health benefits of walnuts?
  3. Healthline (2018), diakses 21 Desember 2020. 13 Proven Health Benefits of Walnuts
  4. NCBI (2014), diakses 21 Desember 2020. Role of walnuts in maintaining brain health with age
    Berita Terkait
    register-docotr