Info Sehat

Kenapa Kepala Sering Terasa Sakit Jika Sedang Lapar?

February 16, 2021 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Pernahkah kamu merasakan sakit kepala saat perut lapar? Ternyata kedua hal ini berhubungan lho. Selain membuat perut keroncongan, rasa lapar di perut dapat memicu sakit kepala ringan bahkan hingga migrain parah. Cari tahu penyebab dan cara mengatasinya yuk! 

Gejala sakit kepala saat lapar 

Sakit kepala akibat lapar akan terasa nyeri dan kepala terasa berat. Kamu juga mungkin merasakan sakit dan tegang dari area kepala hingga dahi. Ketegangannya juga dapat dirasakan pada otot rangka di kulit kepala, leher, dan dahi.

Sakit kepala yang berhubungan dengan rasa lapar seringkali sangat mirip dengan gejala sakit kepala karena tegang. Gejalanya dapat meliputi hal lain seperti:

  • Pusing
  • Kelelahan
  • Sakit perut
  • Gemetaran

Namun biasanya dalam waktu 30 menit setelah makan, sakit kepala dan gejala lainnya bisa hilang. 

Hubungan sakit kepala dengan lapar

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa sebenarnya kaitan antara rasa lapar dengan sakit kepala yang muncul?

Dilansir dari Healthline, faktanya, membiarkan rasa lapar atau melewatkan jam makan dapat menyebabkan sakit kepala. 

Hal ini terjadi karena adanya penurunan gula darah yang dirasakan otak. Kadar gula darah ini dapat memengaruhi sakit di kepala. Ketika gula darah turun, tubuh akan melepaskan hormon tertentu sebagai respons yang kemudian memicu rasa sakit di kepala. 

Di samping itu, gula darah juga berfungsi sebagai penyedia energi bagi tubuh, bahkan otak. Jadi ketika sumber energi ini habis, tubuh bisa mulai merasa lesu, lelah dan dehidrasi. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan sakit kepala.

Meski bukan tergolong gangguan kesehatan yang parah, sakit kepala yang diakibatkan oleh rasa lapar tidak boleh sering terjadi.

Namun, pada orang yang sering mengalami sakit kepala atau migrain, telat makan atau membiarkan perut kosong dapat memicu sakit kepala dengan lebih mudah. 

Baca juga: Mandi Air Hangat dan Bagaimana Manfaatnya untuk Kesehatan

Penyebab sakit kepala saat lapar

Perut yang kosong tentu akan membuat tubuh merasa lapar dan kekurangan energi. Sebagai responsnya, tubuh kemudian melepaskan hormon yang memberi sinyal kepada otak bahwa tubuh sedang lapar.

Hormon yang sama ini dapat meningkatkan tekanan darah dan mengencangkan pembuluh darah di tubuh, sehingga memicu sakit kepala.

Rasa sakit kepala yang dialami selagi lapar tidak selalu dipicu oleh kurangnya makanan. Terkadang dehidrasi dan kekurangan kafein juga dapat memicu sakit kepala saat lapar. 

Ketika kurang minum atau mengalami dehidrasi, lapisan tipis jaringan di otak dapat mulai mengencang dan menekan reseptor rasa sakit. Sehingga kamu merasakan sakit kepala. 

Sementara itu bila kamu punya kebiasaan konsumsi kafein kemudian suatu hari kekurangan kafein, tubuh bisa mengalami pelebaran pembuluh yang kemudian meningkatkan aliran darah ke otak. Hal inilah yang bisa menyebabkan sakit kepala.

Baca juga: Buang Air Kecil Tidak Tuntas: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tips mengatasi sakit kepala akibat lapar

Biasanya sakit kepala akibat lapar bisa diredakan sendiri di rumah dengan cara makan dan minum air. Setelah itu, kamu perlu menunggu sekitar 15 hingga 30 menit karena tubuh butuh waktu untuk menyesuaikan dan membangun kembali simpanan gula darah.

Bila kamu memiliki riwayat hipoglikemia, kamu perlu makan sesuatu yang tinggi gula, seperti jus buah atau soda.

Namun di sisi lain, lapar juga bisa memicu sakit kepala yang lebih kronis. Misalnya, sakit kepala migrain yang menyebabkan rasa sakit parah. 

Ketika kamu mengalami migrain, akibat lapar kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri atau antiinflamasi nonsteroid (NSAID), misalnya ibuprofen atau naproxen. Obat acetaminophen (Tylenol) juga dapat membantu.

Namun jika sakit kepala tidak kunjung hilang, kamu mungkin butuh obat-obatan yang diresepkan khusus dari dokter. 

Pada dasarnya sakit kepala saat merasa lapar adalah hal yang wajar terjadi. Ini adalah bagian dari respons tubuh terhadap kurangnya kadar gula darah dalam tubuh. Membiasakan pola makan yang teratur akan membuat kamu terhindar dari rasa sakit ini. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!  

Reference
    Berita Terkait
    register-docotr