Info Sehat

Efektif Hilangkan Stres, Inilah Manfaat Mandi Air Panas untuk Kesehatan Tubuh

February 14, 2021 | Felicia Elfriestha | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Mandi bukan hanya sekadar kegiatan rutin untuk membersihkan diri. Ada beberapa manfaat mandi, terutama dengan air hangat bagi kesehatan kamu, lho!

Pada dasarnya mandi bisa mengurangi beberapa gejala dari beberapa penyakit. Bahkan ada istilah khusus, balneotherapy atau perawatan terhadap satu penyakit dengan cara mandi, yang disebut situs kesehatan WebMD.

Lalu bagaimana dengan mandi air hangat?

Dermatologist dari Minneapolis, Amerika Serikat, Bailey Lee, MD, dalam laman WebMD menyebut suhu yang ideal untuk orang mandi adalah yang hangat, tidak terlalu panas. 

Jika memungkinkan, berendam hingga sebatas leher selama 10-15 menit dan jangan biarkan air masuk ke mata. Setelah mengeringkan diri, aplikasikan pelembap dengan aditif dan pengharum yang minim.

Dalam laman yang sama, Bailey menyebut tiga cara mandi air hangat yang memberikan efek penyembuhan, yaitu:

Mandi air hangat untuk kulit kering dan gatal

Untuk memperoleh efek ini, gunakanlah colloidal oatmeal, oat yang sudah dihancurkan jadi bentuk bubuk. Bailey menyebut oat ini sudah lama dipakai berabad-abad untuk membersihkan, melindungi dan meringankan kulit yang kering dan iritasi.

Cara mempraktikkannya cukup mudah, kamu tinggal menambahkan sebungkus colloidal oatmeal dengan air hangat lalu berrendamlah seperti yang sudah disebutkan di atas, 10-15 menit.

Bailey mengingatkan agar kamu jangan tergoda untuk menambahkan pewangi ke bak mandi. “Oatmeal digunakan untuk kulit yang kering dan gatal-gatal yang sensitif terhadap minyak dan pewangi berlebih,” kata dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, sangat penting agar kamu tetap menggunakan oatmeal dan air hangat saja secara sederhana.

Air hangat untuk melawan eksim

Untuk memperoleh manfaat ini, Bailey menyebut kamu bisa menggunakan pemutih yang dicampurkan dengan air hangat. “Mandi dengan pemutih bisa mengurangi jumlah bakteri yang menyebabkan kulit rusak pada pasien dengan dermatitis atopik,” ucap dia.

Pemutih dipercaya dapat membunuh bakteri di kulit, mengurangi gatal-gatal, kemerahan dan mampu membersihkan kerak di kulit. 

Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa menambahkan setengah gelas pemutih ke bak mandi yang penuh. Lakukan ini satu hingga dua kali seminggu saat eksim sedang kambuh. Namun, cobalah berkonsultasi dulu dengan dokter, ya!

Mandi air hangat untuk meningkatkan mood

Air hangat yang dicampur dengan minyak lavender dikatakan Bailey sebagai salah satu cara untuk meningkatkan mood. “Minyak lavender banyak digunakan untuk mandi dengan air hangat untuk penyembuhan pascaepistomi, fisura ani atau robekan di anus dan hemorrhoid,” kata dia.

Selain kekuatannya untuk penyembuhan masalah di kulit itu, lavender juga disebut memiliki efek anti-anxiety dan mengurangi gejala emosi pramenstruasi. Karena itu, tidak heran mulai banyak temuan manfaat minyak esensial ini untuk meningkatkan kewaspadaan, birahi hingga mood.

Untuk menggunakannya, kamu bisa menambahkan minyak lavender dengan emulsifier sebelum mencampurkannya dengan air di bak. Cobalah campurkan 6 tetes minyak lavender dengan susu murni, krim atau madu lalu tambahkan ke bak mandi.

Manfaat lain mandi air hangat

Kalau kamu memiliki masalah sulit tidur, kamu bisa mandi air hangat untuk menghilangkan stres yang bertumpuk sepanjang hari. Mandi air hangat bisa membuat otot lebih rileks karena sistem saraf parasympathetic yang menyebabkan kamu lelah akan aktif karena air hangat.

Selain itu, berikut ini adalah beberapa manfaat dari mandi air hangat yang perlu kamu pahami:

Melegakan gejala pilek atau masalah pernapasan lain

Berdiri di bawah air hangat dengan uap yang mengelilingi kamu merupakan satu pengobatan alami yang banyak dipakai untuk mengurangi gejala batuk dan pilek. 

Kehangatan yang ditimbulkan air ini akan membuka saluran udara, mengencerkan dahak dan membersihkan saluran hidung.

Menghilangkan noda di kulit

Air hangat dapat membuka pori-pori di kulit yang membuat kamu lebih mudah untuk membersihkan debu dan minyak yang terperangkap di sana.

Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Sebuah kajian yang diterbitkan dalam North American Journal of Medical Sciences mencatat bagaimana mandi dengan air hangat mampu meningkatkan aliran darah pada penderita gagal jantung kronis. Karena pada dasarnya pembuluh darah akan melebar ketika terpapar panas.

Penelitian lainnya yang diterbitkan dalam European Journal of Applied Physiology menyebut merendam kaki di air hangat selama 30 menit menurunkan tingkat kekakuan arteri. 

Arteri yang kaku ini sendiri sangat berpengaruh terhadap aterosklerosis, masalah kardiovaskular yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Meningkatkan kesehatan otot dan sendi

Mandi air hangat dapat meningkatkan aliran darah, maka manfaat seperti kekakuan sendi dan otot yang lemah. 

Sebuah penelitian dalam Journal of Clinical Nursing menyebut mandi air hangat atau air dingin dapat meringankan masalah osteoarthritis. Peneliti mengaplikasikan kedua jenis air ini pada selama dua kali sehari dalam 3 pekan.

Lalu bagaimana dengan mandi air panas?

Selain air hangat, mandi dengan air panas pun bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini adalah manfaat mandi air panas untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui, antara lain:

Menurunkan tekanan darah

Manfaat mandi air panas untuk kesehatan tubuh yakni menurunkan tekanan darah. Mandi air panas dapat membuat peredaran darah menjadi lancar. 

Namun sebaiknya, sebelum mandi atau berendam dengan air hangat, kamu yang memiliki masalah jantung berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena bisa meningkatkan denyut jantung.

Menghilangkan stres

Manfaat kedua untuk kesehatan lainnya adalah menghilangkan stres. Hal ini disebabkan dengan menggunakan air panas dapat membantu merangsang otak untuk memproduksi hormon oksitosin.

Hormon ini bertugas membuat perasaan kamu lebih senang dan positif. Kamu bisa berendam atau mandi dengan air hangat setelah selesai melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, mandi dengan air hangat juga dapat melenturkan otot-otot tubuh yang kaku.

Baca juga: Sering Merasakan Stres? Bisa Jadi Kamu Kekurangan Vitamin D, Lho!

Mengatasi flu dan sakit kepala

Jika kamu mandi dengan air panas dapat membantu kamu meredakan flu dan sakit kepala. Dengan mandi air hangat, memungkinkan kamu untuk menghirup uap air sebagai dekongestan alami. Selain itu, mandi air hangat juga akan membantu melancarkan sirkulasi darah menuju otak.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, kamu bisa menambahkan beberapa minyak esensial seperti minyak kayu putih atau peppermint untuk membuat efek yang lebih kuat lagi. 

Mengatasi susah tidur

Bagi kamu yang sedang mengalami sulit tidur, kamu bisa lakukan cara ini. Dengan mandi air hangat dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks.

Hal inilah yang akan membuat kamu menjadi lebih cepat mengantuk dan cepat tertidur.

Melembapkan kulit

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan mandi menggunakan air panas adalah melembapkan kulit. Ketika mandi dengan air panas, pori-pori kamu akan terbuka dan membantu membersihkan semua kotoran dan minyak yang menempel pada tubuh.

Tidak hanya itu, air panas juga dapat melembapkan kulit kamu dan membuat kulit menjadi lebih lembut dan kenyal.

Menurunkan berat badan

Mandi dengan air panas secara teratur dapat menurunkan kadar gula darah dan glukosa secara efektif pada penderita diabetes. Hal ini bisa menjadi salah satu bukti bahwa mandi dengan air hangat ampuh membantu menurunkan berat badan.

Kamu bisa lakukan cara ini dengan berendam di air panas selama 20 hingga 30 menit setiap harinya. Namun, kamu juga harus menata pola hidup sehat agar mendapatkan hasil maksimal.

Mengurangi sakit kepala

Secara umum, sakit kepala disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di kepala. Manfaat dari air panas ini kita dapat digunakan untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah dan menyembuhkan sakit kepala kita.

Melepaskan racun

Dengan mandi air hangat dapat membantu meningkatkan sistem getah bening dalam tubuh yang menyebabkan kamu berkeringat. Keringat yang keluar dari tubuh itu akan membawa racun dan bakteri dari dalam tubuh.

Melindungi tulang, otot, dan sendi

Mandi air panas juga menghasilkan manfaat baik bagi persendian, otot, dan bahkan tulang. Faktanya, suhu air hangat membantu meredakan efek kondisi seperti osteoarthritis, tanpa menyebabkan eksaserbasi gejala atau efek merugikan lainnya.

Meningkatkan kecerdasan otak

Air panas juga dapat membantu menenangkan sistem saraf, sekaligus mengurangi peradangan dan rasa sakit. Tingkat stres dan kecemasan juga dapat berkurang secara signifikan, yang kemudian bisa memperbaiki suasana hati.

Selain itu, suhu dan juga tekanan air dapat meringankan tulang belakang dari setiap ketidaknyamanan atau rasa sakit, dan telah ditemukan untuk meringankan gejala penyakit parkinson.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

register-docotr