Info Sehat

Bukan Tanpa Alasan, Ini Sebabnya Mengapa Harus Puasa Sebelum Cek Kolesterol

July 25, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Dianjurkan untuk puasa sebelum cek kolesterol? Meskipun tidak terlalu dibutuhkan, tapi salah satu alasan kenapa cek kolesterol harus puasa dulu adalah karena para pakar di masa lampau percaya hasilnya akan lebih akurat. 

Diyakini low-density lipoproteins (LDL) yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat, dapat dipengaruhi oleh apapun yang belum lama ini kamu makan.

Selain itu, level trigliserida atau salah satu tipe lemak di dalam darah juga dapat dipengaruhi oleh apa yang kamu makan. 

Serba-serbi cek kolesterol

Pengecekan kolesterol bertujuan untuk menghitung jumlah kolesterol dan trigliserida di darah kamu. Kolesterol sendiri adalah material seperti lemak yang ada di setiap sel tubuh.

Tes kolesterol akan menghitung beberapa tipe kolesterol dalam darah, seperti:

  • High-density lipoprotein (HDL) cholesterol, atau kolesterol baik
  • Low-density lipoprotein (LDL) cholesterol, atau kolesterol jahat
  • Trigliserida, senyawa kimia tempat di mana banyak lemak berada

Hasil dari pemeriksaan ini akan dipakai untuk mengukur risiko terbentuknya penyakit jantung dan masalah kesehatan lain yang disebabkan oleh tingginya kolesterol.

Haruskah puasa sebelum cek kolesterol?

Untuk menjawab mengapa cek kolesterol harus puasa dulu adalah agar hasil yang didapatkan lebih tepat. American College of Cardiology mencatat jika pengukuran kolesterol ini dilakukan dengan persamaan Friedewald.

Persamaan yang dipublikasi pada tahun 1972 itu dipakai sebagai metode untuk menghitung kolesterol LDL pada pasien yang puasa dengan trigliserida kurang dari 400 mg/dL.

Jurnal tersebut mencatat puasa sebelum tes kolesterol akan sangat bermanfaat bagi kelompok-kelompok berisiko tinggi. 

Hal ini karena persamaan Friedewald yang dipakai untuk mengukur kadar kolesterol akan menunjukan hasil LDL dan trigliserida yang di bawah standar pada orang yang tidak puasa.

Durasi puasa sebelum cek kolesterol

Jika dokter merekomendasikan kamu untuk berpuasa, maka ikutilah anjuran itu. Pada anjuran puasa sebelum cek kolesterol, biasanya kamu akan diminta untuk menahan makan dan minum kecuali air putih selama 9-12 jam.

Protokol kenapa cek kolesterol harus puasa dulu ini akan berakhir pada saat kamu sudah selesai cek kolesterol. Itu sebabnya, cek kolesterol biasanya akan dijadwalkan untuk dilakukan pagi hari.

Hal itu bertujuan agar waktu berpuasa banyak dihabiskan saat tidur. Sehingga ketika selesai tes, kamu sudah bisa makan dan minum di pagi hari.

Hindari untuk meminum alkohol dalam 24 jam sebelum kamu cek kolesterol, sebab alkohol dapat memengaruhi pengukuran trigliserida dalam darah.

Penyebab anjuran puasa sebelum cek kolesterol

Puasa yang dilakukan selama 9-12 jam sebelum melakukan cek kolesterol bertujuan untuk memastikan tidak ada satupun asupan makanan yang memengaruhi hasil dari tes kamu. 

Itu sebabnya, sekalipun kamu memakan cheeseburger sebelum puasa, makanan itu tidak akan memiliki efek langsung terhadap hasil tes. Akan tetapi, kalau kamu rajin mengonsumsi makanan ini, dia bisa saja memengaruhi angka kolesterol kamu.

Hal ini karena level kolesterol dipengaruhi oleh apa saja yang kamu konsumsi setiap harinya. Makanan ini pun termasuk dalam makanan dengan lemak jenuh yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan level kolesterol kamu.

Oleh karena itu, perhatikan juga asupan makanan setiap hari, bukan hanya sebelum melakukan tes kolesterol. Ini karena hal tersebut akan memengaruhi nilai kolesterol secara keseluruhan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2019) diakses 21 Juli 2020. https://www.healthline.com/health/high-cholesterol/fast-before-cholesterol-test
  2. Medicalnewstoday.com (2018) diakses 21 Juli 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323452
  3. Health.harvard.edu (2019) diakses 21 Juli 2020. https://www.health.harvard.edu/heart-health/farewell-to-fasting-before-a-cholesterol-test
  4. Acc.org (2018) diakses 21 Juli 2020. https://www.acc.org/latest-in-cardiology/articles/2018/03/21/08/51/optimizing-non-fasting-lipid-analysis-in-the-era-of-precision-medicine
  5. Onlinejacc.org (2019) diakses 21 Juli 2020. https://www.onlinejacc.org/content/73/24/e285
  6. Oregon.providence.org, diakses 21 Juli 2020. https://oregon.providence.org/forms-and-information/a/ask-an-expert-can-a-cheeseburger-raise-my-cholesterol-test-results/
    Berita Terkait
    register-docotr