Begini Lho Cara Tepat Turunkan Kolesterol Setelah Lebaran

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Lebaran biasanya identik dengan konsumsi makanan khas seperti opor, sambal goreng ati, rendang dan kue-kue kering lainnya. Sayangnya makanan tersebut dapat memicu kolesterol dan membahayakan kesehatan. Lalu adakah cara menurunkan kolesterol setelah lebaran?

Selama lebaran konsumsi santan dan makanan berminyak tentu meningkat. Faktanya, meski makanan khas lebaran sungguh memanjakan lidah, ada bahaya kesehatan yang mengintai di balik kenikmatan tersebut.

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh tentu akan membuatmu merasakan berbagai gejala. Mulai dari nyeri dada, sakit kepala, hingga susah bernafas dan sering kesemutan.

Eits, tapi jangan khawatir karena kondisi ini tentunya bisa diatasi. Kadar kolesterol atau lemak jahat pada tubuh tentunya bisa diturunkan kembali agar kondisi tubuh tetap fit selepas lebaran. Untuk itu, kamu bisa melakukan hal berikut sebagai cara menurunkan kolesterol setelah lebaran.

Cara menurunkan kolesterol setelah lebaran

1. Menjaga porsi makanan

Momen lebaran memang menyuguhkan banyak makanan enak. Tapi, jangan sampai kamu jadikan ajang balas dendam dengan makan sepuasnya, ya.

Tetap jaga porsi makanan kamu dengan mengonsumsi makanan secukupnya. Terlalu banyak mengonsumsi makanan saat lebaran hanya akan membuat kadar kolesterol kamu naik.

Kamu harus tetap mengonsumsi makanan dengan asupan gizi yang tepat. Dengan menjaga porsi makanan, kamu bisa mencegah kenaikan berat badan. Hal ini tentu baik karena kenaikan berat badan juga berkontribusi terhadap kadar kolesterol yang tinggi, lho.

2. Kurangi konsumsi lemak trans dan lemak jenuh

Kue kering seringkali menjadi makanan wajib selama lebaran. Ada banyak jenis dan pilihan kue kering yang biasanya hadir saat lebaran. Kue kering memang nikmat dan tepat menjadi camilan, tetapi jika dikonsumsi berlebih dapat menyebabkan kolesterol.

Penyebab utamanya adalah kandungan lemak trans yang berasal dari margarin. Menurut American Heart Association (AHA), mengonsumsi lemak trans dapat berdampak negatif terhadap kesehatan.

Lemak trans dapat menurunkan kadar kolesterol baik serta menaikkan kadar kolesterol jahat di tubuh kamu.

Begitu juga untuk rendang, makanan khas lebaran yang menjadi kegemaran semua orang ini nyatanya memang kurang baik untuk tubuh. Kadar lemak jenuh yang terkandung dalam rendang dapat memicu kolesterol.

Tingginya kadar lemak jenuh di dalam darah dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Tumpukan kolesterol jahat yang berlebih kemudian akan membentuk endapan keras di arteri. Endapan di arteri dapat menyebabkan kondisi yang disebut aterosklerosis.

3. Konsumsi makanan kaya gizi

Berbanding terbalik dengan lemak jenuh dan lemak trans, lemak tak jenuh justru memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan lemak tak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi kadar kolesterol jahat. 

Dengan mengonsumsi alpukat, kacang almond, dan kacang mede, kamu bisa mendapatkan kebaikan lemak tak jenuh.Tidak hanya lemak tak jenuh, kamu juga dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. 

Asam lemak omega 3 dapat meningkatkan kolesterol baik bagi tubuh. Salmon, mackerel dan tuna adalah sumber omega 3 yang dapat kamu konsumsi.

Selain omega 3, memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat juga baik bagi kesehatan. Serat dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darahmu lho. 

Serat bisa ditemukan dalam makanan seperti oatmeal, kacang merah, kubis, apel dan pir.

4. Lakukan olahraga secara teratur

Setelah selesai bersantai bersama keluarga di Hari Raya Idul Fitri, jangan lupa untuk tetap berolahraga. Kamu bisa mulai dengan bersepeda, jogging, atau sekadar jalan pagi. 

Olahraga tidak hanya meningkatkan kebugaran fisikmu saja. Aktivitas fisik yang kamu lakukan dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Di samping itu, olahraga yang teratur  juga baik bagi kesehatan jantung.

5. Berhenti merokok

Tips terakhir untuk mengurangi kolesterol jahat adalah berhenti merokok. Dengan berhenti merokok, kolesterol baik di tubuh kamu dapat meningkat. Adanya kolesterol baik juga membantu menghilangkan kolesterol jahat dari arteri.

Sering merokok dapat mengganggu sistem imun kamu dan memicu penyumbatan arteri. Apabila penanganan kolesterol di tubuh kamu sudah terganggu, penyakit jantung adalah salah satu risiko yang bisa terjadi.

Demikan tips-tips yang dapat kamu terapkan. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dengan tidak mengonsumsi makanan yang dapat memicu kolesterol, ya.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kolesterol? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin